Blitzmegaplex VS Cinema XXI

Ticket

Memanjakan penonton melalui theater bioskop selama bertahun-tahun “Twenty One” group  (21 Cineplex, Cinema XXI dan Premiere XXI) , sudah  menjadi brand yang tidak dapat dipisahkan dari dunia cinema di tanah air (terutama di kota-kota besar).  Kalau mau nonton, pasti ya ke “Twenty One”. Ini sebelum ada Blitzmegaplex.

Blitzmegaplex pertama kali dibuka tanggal 16 Oktober 2006 di Paris Van Java Bandung, dan memasuki Jakarta pada 21 Maret 2007 di Grand Indonesia. Setelah beberapa tahun berdiri, saya baru merasakan auditorium Blitzmegaplex pada 08-08-2009 yang lalu, menyaksikan “GI JOE: The Rise of Cobra” di TerasKota , BSD City.

blitzmegaplex

Menjadi pelanggan setia “Twenty One” selama bertahun-tahun, menjadikan saya membandingkannya. Blitzmegaplex  dan Cinema XXI, relatif sekelas dan harga tiketnya juga sama. Saya tidak membandingkan jenis film atau kualitas suara bioskop, karena saya anggap  Dolby System, THX system , dapat saja diadopsi oleh masing-masing provider tayangan film ini.

Sedikitnya, lima poin komparasi antara Blitz Megaplex VS Cinema XXI yang saya bandingkan. Tentu saja, ini hanyalah perbandingan awam saya. Anggaplah ini  Voice of Customer. Lima komparasi ini saya pilih, karena saya anggap cukup mewakili keingintahuan saya .Cinema XXI

1.Staffing

Staf Blitz Megaplex terlihat lebih casual dan fleksibel dibandingkan Cinema XXI. Mereka menggunakan T-Shirt dan tanda pengenal yang digantungkan di leher. Sementara XXI kelihatan lebih formil dengan pakaian serba hitam dengan name tag yang disematkan di dada. Sejauh pengamatan saya, staf penjual tiket Cinema XXI selalu wanita, sedangkan Blitz ada pria dan juga wanita. Selain itu staf Blitzmegaplex sangat helpfull, tak jarang saya perhatikan staf Blitzmegaflex sangat perduli terhadap penonton yang membutuhkan bantuan.

Untuk urusan staffing ini, saya menyukai pelayanan Blitz.

Skor : 1 – 0 untuk Blitzmegaplex .

2. Tiket

Tiket Blitz Megaplex berupa lembaran kertas tipis, seperti struk kertas thermal ATM. Berbeda dengan XXI, berupa kertas yang lebih keras, sehingga mudah untuk dikenali. Hampir sempat tertukar dengan karcis parkir ketika hendak menunjukkan tiket tersebut kepada petugas, saya lebih memilih tiket XXI memiliki keunggulan dibandingkan competitornya Blitz Megaplex.

Skor: 1 – 1

3. Sekuriti

Untuk memasuki area Blitz, sebenarnya  saya bisa memahami  security Blitz megaplex yang sangat protected dengan memeriksa tas  setiap pengunjung seperti ketika hendak memasuki Mall. Namun, kebalikan dari Staffing diatas, saya lebih menyukai fleksiblity security Cinema XXI.

Skor : 2-1 untuk XXI

4. Posisi duduk penonton

Ruang kaki duduk penonton di Blitz Megaplex yang lapang, menyebabkan kaki penonton bisa lebih santai. Selain itu, jajaran kursi tempat duduk yang semi melingkar, membuat penonton yang duduk disamping kiri dan kanan tidak perlu merasa pegal karena selalu mengarahkan kepala mereka ke layar yang merupakan pusat perhatian penonton.

Skor : 2-2

5. Kursi Penonton

Kursi penonton XXI ternyata lebih empuk dan lebar, sehingga menonton disini jauh lebih nyaman dan tahan lama jika dibandingkan dengan Blitz yang kursinya agak keras. Duduk berlama-lama menyaksikan film di kursi yang agak keras menjadikan saya kurang nyaman di Blitzmegaplex

Skor:  3-2 untuk XXI

Setiap orang, tentu boleh punya pendapat yang berbeda. Betul kan…?

Advertisements

13 Responses to “Blitzmegaplex VS Cinema XXI”

  1. Vote for XXI ajah, scr t4ny cozy..tiketny ud merata murmer nya (tq 4 Blitz shg 21 tak lg mendominasi)

    • Sebenarnya ada tambahan lagi untuk mendukung vote XXI, yaitu harga makanan di XXI relatif lebih terjangkau.

      Blitzmegaplex telah memberikan sesuatu yang berbeda dari XXI yang sudah kita kenal.

  2. hahaha… good observation 🙂 ternyata adelay pengunjung setia bioskop ya? that can mean one of two things…. u like watching movies… atau… u got nothing better to do… heheh for me, I like cinemas with nice comfy chairs.. biar bisa tidur jika movienya ternyata boring hahaha…

    • Actually I got many things to do, but I also like watching movies. And one thing : I also like comfort chairs, coz If I don’t like the movie I can comfortly sleeping in the cinema, hehehehe…

  3. btw, I recommend watching The Proposal.. nice brilliant comedy… it made me laugh and cringe the entire time… 🙂

  4. wahhh aku juga lebih seneng ke XXI tuh…ntah kenapa mungkin juga lebih familiar. kalau blitz kayaknya gimana gitu 😀

  5. wah…klo bandingin Blitz TerasKota sama BSD XXI mah jauh lebih menang blitz…kecuali bandingin blitz sama Serpong XXI…baru XXI yang menang…

  6. sebenernya tergantung ke sitenya bukan blitz atau XXInya

  7. aku pernah tuh ke blitz PP,,udah mahal, kursinya tegak banget, film nya pas aku nonton nggak jelas dan baru dimulai jam 10 malam…walhasil tertidur pulas sampai film berakhir..
    Tetep 21 di hati lah pokokny heheh…

  8. wah menurut aku XXI lebih bagus dri blitzmegaplex.. perhatiin deh, klo untuk di BSD plaza dgn Blitzmegaplex Teko, waduh jauh BSD plaza yg bagus. 1. ruangan bioskopnya, XXI emg ga terkalahkan., klo Blitz di Teko, waduh dari jarak kursi ke layar deket banget,, bikin sakit mata. 2. klo soalnya comfortnya, ya XXI ga ada matinya.. dri Kursi, ruangannya..

    klo Blitz sih lebih ke gaya modern, klo XXI kayaknya eksklusiv gitu..

    Blitz bagus klo untuk di jakarta, klo di Teko, bener deh .. sakit mata nontonnya ..

    ni cuma sekedar penilaian aja ya.. mungkin penilaian kalian berbeda dgn saya .. 🙂

  9. Menurut gw, Blitz lebih asyik klo tuk berduaan ma pasangan, coz pembatas kursi yg buat tatakan minuman bisa diangkat, sehingga bisa lebih nyaman klo nonton ma pasangan, n pemilihan tipe room di blitz lebih banyak, ada tipe yg bisa tuk makan, atau privat party,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: