Safari Jum’at

Masjid Alatief

Hiruk pikuk sebagai pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, membuat saya bertanya kepada orang disekitar lingkungan Blok-M Jakarta, “Dimana masjidnya?”  Sedikitnya ada tiga tempat yang dapat saya rekomendasi untuk melakukan sholat. Terutama Sholat Jum’at, ibadah yang WAJIB bagi seorang Muslim.

1. Masjid ALatieF

Masjid yang terletak di Gedung “A” kompleks pertokoan Pasaraya Grande,ini hanya dibuka pada jam-jam tertentu antara Dzuhur – Isya. Menuju masjid yang berada di lantai 5 ini, umumnya dilakukan melalui escalator selain lift.

Lebih dari 25 shaf terhampar diatas karpet merah. Shaf terpanjangnya dapat menampung kurang lebih 50 orang jama’ah. Bentuknya menyesuaikan area gedung , tidak fixed persegi panjang atau bujur sangkar.

Beberapa kali mengikuti Jum’atan di ALatieF, khotibnya berasal dari  Dinas kerohanian TNI. Jum’at menjelang Ramadhan lalu, diisi oleh DR. M. Kemalsyah (TNI AU),  seorang prajurit berseragam, berpangkat Letnan Kolonel. Ia nampak berkhutbah dihadapan Abdul Latif (pemilik Alatief Corp) dan para jama’ah lainnya.

Di masjid yang ber-AC ini, selalu dihimbau agar tidak tidur-atau tidur-tiduran  setelah sholat, karena pada jam-jam tertentu Masjid ini ditutup untuk sementara. Berikut waktu operasional masjid ini:

  • Dzuhur: 11.30 – 13.30
  • Ashar: 14.30-16.30
  • Maghrib-Isya: 17.30-20.00

Saat bulan Ramadhan ini, tentunya masjid ini juga menyelenggarakan sholat tarawih berjamaah.

Masjid Nurul Iman, Blok M SquareMasjid Nurul Iman, Blok M , Jakarta

2. Masjid Nurul Iman

Suara Adzan dan khutbah dari masjid ini, memecah keramaian suasana Pasar BlokM. Baru saya ketahui asal suara itu, setelah menanyakannya kepada juru parkir, tepat di depan Ramayana Dept. Store.Lokasinya, ada di lantai 7 Blok M Square, pusat pertokoan baru, yang menggantikan peran pasar tradisional dan Aldiron Plaza dimasa lalu.

Ke masjid Nurul Iman dalam keadaan ramai, saya sarankan melalui escalator saja, karena lift menuju lantai 7 cukup sibuk dengan mobilitas orang. Ketika itu, saya harus tiga kali bersabar menunggu lift yang padat. Memang, escalator lebih jauh dicapai, tapi kalau nggak terburu-buru, bolehlah memakai fasilitas ini. Bedanya,  dengan escalator, kita harus melalui satu tingkat tangga lagi untuk sholat di Masjid Nurul Iman ini.

Tempat wudhu yang tersedia juga cukup memadai, tapi sayangnya kurang didukung oleh sirkulasi udara yang baik, sehingga terasa sumpek kalau sedang padat-padatnya jama’ah yang hendak berwudhu.

Berbeda dengan ALatieF, Nurul Iman berada dilokasi Parkir lantai 7 berbentuk semi terbuka dengan dukungan kipas angin yang menggantung dari besi-besi atap yang kokoh. Nuansa yang terbentuk juga berbeda karena beralaskan hamparan karpet hijau.

3. Masjid Falatehan

Lokasi Masjid Falatehan

Masjid ini sedikit berada diluar lingkungan Blok M, tepatnya di jalan Palatehan. Kalau kita datang dengan Bus Transjakarta, maka pintu keluar yang dituju adalah yang sebelah kiri. dibandingkan dengan dua masjid yang saya sebutkan diatas, umur Masjid Falatehan lebih tua dan nampak lebih tradisional.

Nah, itulah tiga masjid rekomendasi saya ketika berada di Blok M. Mungkin saja ada  beberapa lokasi lain di sekitar Blok M yang menjadi alternatif ketika kita berada disana, mari kita Share informasi.

Advertisements

13 Responses to “Safari Jum’at”

  1. when did u take these fotos adelay? bagus sangat informatif 🙂 maksudnya masjid nurul iman di atas parkir? karpetnya dibuka waktu solat saja?

  2. I took the photos not on Friday. Yep.., Masjid Nurul Iman diatas area parkir. Karpet masjid ALatieF selalu dibuka , lain dengan Nurul Iman, disesuaikan dengan kondisi. Jum’at, Nurul Iman karpet hijaunya dibuka semua.

    Blok M adalah daerah pusat perbelanjaan terbesar di Jakarta Selatan.

  3. Adelay, Great blog and great photos. Very professional.

  4. Siti Fatimah Ahmad Reply August 26, 2009 at 9:53 am

    Assalaamu’alaikum

    Cantik photo-photonya…maksud saya bukan sekadar photo masjid iru sahaja, seluruh photonya. Aduuh, berapa kali mahu dipuji kecantikan photo tersebut. Indahnya suasana Islam diamalkan sedemikian.

    Namun demikian, terima kasih atas bantuan sebentar tadi. Ternyata amat membantu dan saya gembira untuk kesekian kalinya atas kejayaan tersebut, Adelay guru yang baik dan sabar. Salam mesra dan salam Ramadhan. 😀

  5. Assalamu ‘alaikum WR, WB
    Alhamdulillah! Kita semua masih bisa bertemu Ramadhan 1430 H Tahun ini, Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga kita semua diberi kekuatan dan kemudahan dalam menjalankan segala perintahNnya, Amiin.
    Sahabat! 2 minggu lagi sebuah kontes seo RZSV yang saya ikuti akan berahir. Ada mimpi untuk memiliki sebuah komputer dengan berharap bisa memenangkan kontest tersebut. Saya tahu kontes ini berseberangan dengan idealisme blogger yang seharusnya, namun niatan tulus hanya untuk belajar seo. Jika berkenan sudilah kiranya menempatkan nama Rusli Zainal Sang Visioner di bagian sidebar atau blogroll blog sahabat, dengan link ke blog utama bukan pada Artikel. Seditaknya sampai kontes seo ini berahir, yaitu sampai 12 september saja,Setelah kontes berakhir, sahabat bisa menghapusnya. Bantulah saya mewujudkan impian saya, bantuan backlink dari sahabat sangatlah berarti bagi saya. tiada yang bisa saya berikan sebagai balasan atas bantuan dari sahabat kecuali ungkapan terima kasih yang sebesar-besarnya serta link back sebagaimana tradisi bertukar link.
    Wassalamu ‘alaikum WR. WB

    • Mas Mus, terima kasih telah berkunjung.
      Salam kenal. Saya telah mendaftarkan link blognya ke dalam Blogroll saya.
      Semoga Mas Mus berhasil.
      Wassalam.

  6. iyaa poto alatiefnya keren banget…
    jarang2 di mol punya mesjid sebagus itu 🙂

    • Iya tuh, justru karena masjidnya keren gitu, terinspirasi untuk motret.
      Boleh tuh mbak Quinie, tarawehan disana.
      Aq sendiri (kalau untuk terawehan) belum pernah ngerasain
      Pokoke recommended lah untuk dicoba.

  7. Annyeong ^.^

    wah padahal baru liat liputannya masjid ALatief di TV. wah perlu di coba nie. Mantep infonya.

    Gomawoyo ^^

  8. mas adelayyyy, pakabar???

    btw, sayah udah nyobain di mesjid nurul iman. Ya ampyunnnn, susahnya kesana. kudu keluar masuk tempat parkir & ganti lift dulu :(.

    udah gitu, jarak dari tempat wudhu wanita ke tempat sholat lumayan jauuuuuhhh :((

    btw, kapan2 kitah kopdar ya. lagi di jakarta atau udah beredar lagih? xixixi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: