Mudik ‘e’xplorer

Mudik

Akhirnya liburan mudik 2009 telah usai !

Mudik dengan berbagai suka-citanya  mampu menjadi refreshing dari kesibukan dari aktifitas harian berupa dering telpon, tenggat deadline, e-mail, training, meeting, relationship dengan vendor, dan berbagai kegiatan yang mungkin saja meningkatkan stres.

Berikut ini adalah catatan dari beberapa tempat yang saya kunjungi ketika mudik di beberapa kota di Jawa Timur, yaitu Malang, Pasuruan, Surabaya (dan Madura). Tiga kota menjadi bagian dari eksplorasi Mudik  pada liburan Iedul Fitri 1430 H. Saya menyebutnya “Mudik ‘e’xplorer” yang berisi wisata kuliner, silaturahmi keluarga dan jalan-jalan.  Here they are…


1. Kupang Lontong  dan Sate Kerang khas Kraton, Pasuruan

Kupang

Silaturahmi keluarga di Pasuruan, tidak akan dilewatkan begitu saja tanpa mampir ke salah satu tempat yang saya anggap wajib saya kunjungi di kota ini. Rawon Saminah, Kupang Kraton dan Roti Matahari. Tahun ini, waktu liburan tidaklah terlalu panjang, sehingga hanya satu dari tiga tempat ini yang sempat saya sambangi.

Kupang Lontong Bu Ning terletak pinggir jalan besar Surabaya – Pasuruan, tepatnya di Karangketug, Kraton. Jika datang dari arah Surabaya, letaknya ada di sebelah kiri jalan, dan sudah dekat dengan jantung Pasuruan kota. Sebaliknya kalau datang dari arah Malang, kita harus melewati daerah pengrajin kayu MBukir, arah kiri dari perempatan Kebonagung.

kerang

Harga ? Relatif terjangkau pastinya. Satu porsi Kupang Lontong dibanderol Rp. 7000; Sate kerang  -yang mengolahnya dengan cara dikukus ini- hanya dihargai Rp. 800 per tusuknya. Murah kan ? Soal rasa…pastinya lebih maknyus dari gambarnya .

Jangan lupa juga merasakan ‘Lento’, gorengan yang terbuat dari singkong parut, kacang tolo dan kelapa parut sebagai pelengkap, serta Es Degan sebagai penutup.

2. Selecta, Batu-Malang

Selecta

Ruyter de Wildt ketika mendirikan Taman Wisata Selecta di Desa Tulungrejo, Kota Batu , mungkin tidak  pernah menyangka bahwa lokasi wisata yang didirikannya tahun 1930 tetap berdiri sampai abad ke 21 ini.  Berasal kata dari “selectie” yang artinya pilihan, saat ini Selecta tidak hanya menjadi pilihan meneermeneer dari Belanda ‘tempoe doeloe’ saja, tapi saya sebagai orang pribumi asli Indonesia dapat merasakan keindahan alam Wisata Selecta ini.

Ticket masuknya perorang ketika saya melihat di-list sebesar Rp.10.100, tapi kalau anda pemegang saham wisata Selecta ini,  dapat melenggang masuk dengan gratis hanya dengan menunjukkan kartu keanggotaan.

3. BNS : Batu Night Spectacular, Batu-Malang

STMJ Ganesha

Dari Selecta menuju BNS, tidak afdol rasanya kalau tidak  mampir ke pasar malam Alun-alun Batu, Malang. Salah satu unggulan kuliner di Alun-alun yang selalu ramai adalah STMJ (Susu Telur Madu Jahe) ala Ganesha. Murah meriah dan dan menghangatkan badan sebelum berlelah-lelah menuju BNS.

BNS

Berbeda dengan Selecta yang didirikan sejak jaman kolonial Belanda, BNS baru dibuka bulan Nopember 2008.  BNS beroperasi sejak sore jam 15.00 sampai dengan jam 24.00 malam hari.

4. Jembatan Suramadu, Surabaya – Madura

Setelah menghadiri undangan halal-bihalal keluarga besar di Gedung Dolog Surabaya, yang sukses dihadiri oleh tidak kurang dari 500 orang , bis pariwisata yang kami tumpangi mampir ke jembatan yang baru saja diresmikan yaitu Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura.

suramadu

Jembatan yang panjangnya sekitar 5,4 km ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009 dengan memakan dana 4,5 Triliun Rupiah. Saya berkesempatan merasakan kemudahan mencapai pulau Madura untuk pertamakalinya dengan melalui jembatan yang komponen terakhirnya baru saja  selesai dipasang pada tanggal 1 April 2009.

Madura…, Here I am…

5. Surabi, Magelang

surabi

Kota ini sebernarnya  bukanlah kota tujuan wisata mudik, namun karena berjajarnya pedagang surabi antara Ambarawa – Magelang sangat mengundang rasa penasaran saya, maka akhirnya berhentilah kami di salah satu pedagang surabi.

Satu tangkap surabi yang disuguhkan dengan kuah manis yang menggugah selera ini, dihargai Rp. 2000 saja. Rasanya?  yang pasti nggak rugi mampir meluangkan waktu perjalanan pulang untuk sejenak waktu.

Surabi Magelang lah yang menjadi wisata kuliner terakhir (yang tidak direncanakan) yang mengakhiri Mudik ‘e’xplorer tahun ini.

Advertisements

29 Responses to “Mudik ‘e’xplorer”

  1. Hmm… memang kurang lengkap rasanya jika mudik belum mencicipi makanan khas daerahnya. Apalagi jika di tambah dengan berwisata mengelilingi tempat wisata daerah. Serasa hilang kepenatan dari rutinas biasanya. Seperti yang disajikan di blog adelay ini mudik sambil berwisata dan berkuliner. Ternyata cukup banyak makanan khas Jawa Timur. Indonesia banget dech.. Hehe.. Makin lengkap juga dengan tempat wisata yang asiikkk, tak perlu jauh-jauh ke Jakarta dech…

  2. Mas saya pernah makan lontong kupang di pantai Kenjeran Surabaya … enaaak …. sama gak rasanya dengan yang di Pasuruan itu ?

  3. Waah… puas banget mudik kemaren ya? 😀

  4. wahhhhh duhhh bener-bener deh mudik yang menyenangkan, selain silatuohim, kuliner, wisata… yaaa ampun bener-bener deh.

    Sayang aq ga bisa seperti itu…. walo aq juga jalan darat….
    tak terpikirkan seperti mas…..

    apalagi saat qta ketemu di Halal Bi Halal BANI TAUN ternyata qta masih saudara… masyaallah..

    bagus…bagus… artikelnya….
    wahhhh smga ke depannya tambah bagus dan berisi yaaaa…..

    • Kenapa nggak bisa mbak.. pulang pergi buru-buru nyampe ya.. ?
      Thanks Mbak Ita, sering-sering mampir, mudah-mudahan kedepan tambah bagus dan berisi.
      Doakan ya.. 😉

  5. I like this blog… makes me want to go there as well 🙂 the pictures are nice… u shud add more picturessss biar penasaran mau ksana hehe

  6. Thanks KemBaYaU,
    Too many pictures I wanna put here, but I think other pictures are good for the next posting , hehehe….

  7. pulang mudik naik brp kilo mas?? kok oleh2ny gak nyampe sini seh….hehehehe…:p
    btw, di BNS ad apa seh? kok d pic.ny ‘berlampu2 ria’ gt…(penasaran.com)

    • BNS adalah Batu Night Spectacular, semacam dufan di Jakarta dengan skala yang lebih kecil.
      Saat posting ini ditulis, ada 26 wahana di BNS antara lain Wildmouse permainan semacam jetcoaster,
      Wahana 4D, wahana Lampion dengan lampu-lampu lampion berwarna warni yang menarik.

      Next time saya coba posting tentang BNS deh. Mudah2an foto2nya cukup menarik untuk ditampilkan di blog ini.

  8. Siti Fatimah Ahmad Reply October 8, 2009 at 4:54 pm

    Assalaamu’alaikum

    Membaca kembara mudik Adelays, sungguh membuat hati ini mengingati kampung halaman. Melalui pancaran silau flash yang cukup sempurna dengan kepakaran sang pemetiknya, membuatkan semua paparan sungguh cantik mengikut sudut-sudut yang menjadi cita rasa.

    Saya amat tertarik dengan fenomena alam semulajadi yang indah dan diubahsuai dengan begitu sekali. Banyak tempat yang boleh dijadikan kawasan persinggahan menarik bagi pelancungan di Indonesia. Insya Allah, ada keluangan masa, saya akan ke sana untuk menikmati keindahan alam dan prasarana yang mengkagumkan.

    Dua photo yang cukup menggamit hati dan perasaan saya adalah Taman Wisata Selekta yang berwarna warni seakan pelangi… Sememangnya saya sukakan warna warni dalam kehidupan. Indah mata memandang. Pasti yang melihatnya juga merasa riang.

    Photo keduanya adalah pandangan ke langit tinggi di Jembatan Tol SURAMADU (pasti sakit lehernya ya.. Adelays, saat mengambil posisi ini…he..he..) yang memaparkan begitu indahnya langit dipancari sinar biru air laut lalu dihiasi pula oleh keajaiban tangan manusia yang mampu mencipta besi-besi kukuh di laman dada lautnya yang utuh dan beralun segar. Di langit itu…. yang pastinya kita melihat langit yang sama setiap hari kan! Itulah kebesaran Allah swt yang Maha Adil memberi banyak perkara yang sama untuk dikongsikan oleh hamba-hamba-Nya.

    Terima kasih Adelays kerana menggambarkan kecantikan alam dan tempat yang menarik di Indonesia. Salam mesra selalu, walau jauh di sana namun dekat dihati.

    SERAUT SIRIH SEUMBAI PINANG SELAUT KASIH SEPANTAI SAYANG… saya permisi dulu buat beberapa waktu untuk detik-detik penting menuju kejayaan. 😀

    • Mbak Siti,
      terima kasih atas komentarnya yang sangat mendetil disaat kesibukan mbak sangat banyak.
      Mungkin saja saat ini Mbak Siti sedang akan diuji thesisnya, dan banyak yang akan dilakukan.
      Saya mendoakan semoga pengujiannya berakhir dengan sukses.

      Suatu saat jika Mbak Siti sudah sukses dengan sekolahnya, bolehlah berkunjung ke berbagai tempat yang saya rekomendasikan.
      Banyak tempat di Indonesia yang layak untuk dijadikan tempat wisata mancanegara, insya allah tidak akan menyesal.

    • Mbak Siti,
      terima kasih atas komentarnya yang sangat mendetil disaat kesibukan mbak sangat banyak.
      Mungkin saja saat ini Mbak Siti sedang akan diuji thesisnya, dan banyak yang akan dilakukan.
      Saya mendoakan semoga pengujiannya berakhir dengan sukses.

      Suatu saat jika Mbak Siti sudah sukses dengan sekolahnya, bolehlah berkunjung ke berbagai tempat yang saya rekomendasikan.
      Banyak tempat di Indonesia yang layak untuk dijadikan tempat wisata mancanegara, insya allah tidak akan menyesal.

  9. lho mudiknya kok kemana-mana…banyak banget. yang asli kampung halamannya mana to mas? 😀

    tapi kalo jalan-jalan sambil icip-icip gitu memang sangat ueennnaaakkk tennnannnn!!!

  10. walahhh mudikmu oke banget!!!
    sayang sekali aku ndak mudik 😦

    ngiri!!!

    oleh2 mudiknya tolong kirim ke riau ya…hehehehe

  11. selamat deh mas.., mudik,tentunya ada berkah tersendiri. be happy

  12. Wahh mudiknya benar2 sekaligus nostalgia ya…

  13. Salam kakak 🙂 lama tdk brkunjung..trnyata baru mudik tho..:) hm…smp lupa..mohon maaf lahir bathin ya kalo bnyk salah 🙂

  14. saya suka dengan foto “selecta”, “bns”, dan “jembatan suramadu”: berwarna, komposisi yang menarik, dan garis repetisi yang indah.

    • Iya mas, Alam yang indah menyebabkan mudah sekali untuk diambil gambarnya dengan indah.
      tinggal sedikit angel yang tepat dan memainkan warna , tampilnya lebih manis.

  15. Semuanya menjadi terasa menarik, benar-benar membalik rutinitas. Foto Selecta … warna yang terbagi tanpa mengganggu bentuk yang menyatu.

    Foto paling atas … terasa terbuai halimun dan cerita dongeng yang hidup.

  16. jadi laper pak, hehe..
    Bpk,sekali2 ntar mampir ke Pontianak ya pak, mana tau makanan2 khas disini jadi terlihat lezat lewat sentuhan kameranya bpk, mayan biar turis banyak yg dateng, nambah devisa negara, hehe.. 4 jempol lagi buat bpk.. 😀

    • Doain saya mampir disana ya bu pipiew..
      Nanti saya bawa kuliner Pontianak ke blog ini.

      Wah.. kalo 4 jempol, dua jempolnya jempol kaki dunks… hehehe

      Makasih Bu Pipiew.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: