An Amazing Spectacle of Oriental Circus IndonesiaA

Oriental Circus Indonesia

Enam puluh Sembilan tahun di tahun 2009, bukanlah waktu yang sebentar untuk tetap exist mempertahankan sebuah atraksi sirkus seperti yang dilakukan oleh “Oriental Circus Indonesia”. Nama Besar Oriental Circus seakan menggema kembali, manakala mereka menggelar ‘hajatan’ di suatu tempat.

Kehadiran mereka di BSD City Tangsel sejak 20 September, -yang diprakarsai oleh Pusat Koperasi TNI Angkatan Udara (PUSKOPAU) dan bekerja sama dengan Taman Safari Indonesia- berakhir pada tanggal 14 Oktober 2009  yang lalu merupakan bagian dari salah-satu tour mereka mengelilingi Nusantara.

acrobatik2

Untuk mengantisipasi penonton yang datang, pihak penyelenggara menyediakan tempat duduk yang mampu menampung sekitar 1400 penonton dan ini adalah satu-satunya atraksi sirkus terbesar di Indonesia dengan fasilitas Full AC, ungkap Edi Effendi Kabag Oriental Circus Indonesia seperti dilansir situs Tangerangnews.com.

Harga tiket termurah yang relatif terjangkau dapat diperoleh dengan  Rp. 25.000 saja untuk kelas III. Berturut-turut Rp. 35.000 untuk kelas II, Rp. 50.000 untuk kelas I, Rp. 75.000 untuk kelas Utama.  Sedangkan kelas VIP dapat diperoleh dengan Rp.100.000 dan VVIP Rp. 150.000. Lokasinya tidak jauh, tepatnya di area Cluster “Green Cove” atau di depan Sinarmas International Academy.

Jungkit

Sepanjang pelaksanaan atraksi di BSD City, atraksi yang menurut schedule diselenggarakan dua kali untuk hari Senin sampai Jum’at, dipadatkan hanya dilaksanakan satu kali saja , yaitu malam pukul 7.30pm. Sementara schedule untuk weekend hari Sabtu tiga kali pertunjukan jam 10.00, 18.20 dan 20.15

Atraksi sirkus yang disuguhkan “Oriental Circus Indonesia”  mampu menjadi hiburan tidak hanya bagi segmen tertentu saja. Mulai anak-anak hingga dewasa, muda hingga tua, laki-laki dan perempuan, karena berbagai atraksi menarik ditampilkan yang meliputi atraksi manusia dan juga atraksi satwa.

1. Atraksi Trapize Akrobatik udara

AkrobatikUdara

2. Atraksi Badut-badut yang lucu

Badut-badut yang mengenakan baju warna warni ini hadir dengan tingkah polah mereka yang mengundang gelak tawa, tidak saja anak-anak dan remaja. Orang tua pun mereka buat terpingkal-pingkal dengan penampilan mereka.

3. Atraksi  Anjing Pudel London

Pudel BerbarisMelalui arahan pelatihnya, anjing pudel yang lucu-lucu ini menurut saja ketika diarahkan untuk berbaris satu sama lainnya. Hanya saja, satu pudel yang berwarna hitam, entah karana warnanya berbeda sendiri dibandingkan dengan teman-temannya ,’ngeloyor’ begitu saja tak menghiraukan rekan-rekannya yang sudah rapi berbaris.

4. Atraksi Gajah

AtraksiGajah

Melalui aksi teatrikal antara gajah dan manusia, hewan terlatih asal Lampung ini memukau penonton melalui drama pemburu ceroboh yang sedang mencari hewan untuk ditembak. Hewan raksasa yang berjumlah 2 ekor masuk ke tengah arena tanpa pengamanan yang berlebihan disekitar arena. Mungkin hal itu tidak dimungkinkan karena kekuatan gajah akan percuma saja jika ditutupi dengan besi, toh mereka dapat saja merusaknya jika mereka mau. Drama yang dibawakan secara humor itu ditutup dengan atraksi melangkahi tiga orang penonton sebagai sukarelawan.

5.Atraksi Burung Kakak Tua

Sebagaimana pendahulunya Anjing-anjing pudel yang lucu, beberapa ekor burung kakaktua muncul dengan kelebihan tersendiri. Kakaktua jambul kuning tampil mengesankan karena dapat melakukan komunikasi dengan manusia. Bahkan dia dapat menyebutkan namanya ketika memperkenalkan diri.

Kakaktua2

Tidak saja pandai bicara, ia juga mampu menghitung. Dengan melakukan instruksi dari manusia, kakatua dapat menunjukkan jumlah hitungan angka 5 sampai dengan 15.dengan membunykan bell. Tidak itu saja. kecepatan kakaktua melihat dadu dalam keadaan diacak juga merupakan kebolehan yang mena’jubkan untuk seekor hewan sekecil kakaktua.Atraksi Burung Kakaktua

6.Atraksi Manusia Lentur

ManusiaPlastik

Seorang wanita yang sangat terlatih memperagakan kemampuannya yang luar biasa dalam berlenggak lenggok diatas panggung dengan kelenturan badannya yang luar biasa. Tidak saja melipat bagian tubuhnya yang elastis seperti karet / plastik ia masih pula melakukan atraksi dengan mengangkat kumpulan lilin-lilin yang sedan menyala di kedua tangannya. Tidak hanya itu, iapun juga meletakkan rak lilin yang besar diatas kepalanya. Luar biasa kelenturan tubuh yang diperagakannya.

7. Atraksi Harimau Benggala

harimau

Atraksi ini memerlukan pengamanan khusus berupa jala-jala yang mengelilingi area pertunjukan sebagai pengaman agar 6 ekor harimau yang tampil tidak mencederai penonton. Persiapan dilakukan dengan mematikan lampu, menaikkan tonggak untuk memperkuat backbone atas jala-jala yang mengelilingi arena pertunjukan. Persiapan atraksi ini adalah persiapan dengan waktu terlama dibandingkan dengan atraksi lain.

Dibawah kendali satu orang pawang, salah seekor Harimau melakukan gerakan lompat yang disebut “Lompat Harimau”. Gerakan lompat yang biasa dilakukan manusia kali ini, benar-benar dilakukan oleh Harimau asli. Kalau kita mengerti bahasa mereka mungkin saja dunia harimau balas dendam menyebutnya dengan “Lompat Manusia”. (nggak deng.. becanda)

8.Atraksi Simpanse Afrika

Simpanse

Sebagai hewan yang paling cerdas didunia, simpanse dapat dilatih untuk mengendarai kendaraan. Simpanse Afrika yang sangat bersahabat ini, sangat komunikatif dengan para penontonnya, manakala setiap pertunjukan yang disajikannya telah usai, ia selalu meminta penontonnya untuk bertepuk tangan dengan memberi kode tepuk tangan kepada penonton.

Selain mengendarai sepeda, Simpanse ini juga mahir mengendarai kendaraan bermotor bahkan mengenakan helm. Apa bedanya manusia dengan simpanse ini kalau sudah mengendarai motor ?? Tentu saja, ia tidak punya license alias Surat Izin Mengemudi atau SIM.

9. Atraksi Sepeda

Sepeda

Atraksi 14 orang yang menaiki sepeda, adalah pertunjukan pamungkas (akhir) yang menutup perjumpaan Oriental Circus Indonesia.

Advertisements

30 Responses to “An Amazing Spectacle of Oriental Circus IndonesiaA”

  1. Siti Fatimah Ahmad Reply October 19, 2009 at 2:33 am

    Assalaamu’alaikum

    Alhamdulillah. Postingan Adelays kali ini cukup memikat dan menghiburkan hati. Gambar-gambarnya penuh makna tersirat dan berwarna warni, ditampilkan dengan begitu bersungguh dan minat yang mendalam. Tahniah sahabat… Adelays mengkagumkan saya dengan talent yang ada. Malah sempat juga menghadirkan rasa ngeri di hati saya saat melihat gajah melangkah tiga sukarelawan itu.

    Sebelum meneruskan komen, seperti biasa tentu sekali saya akan memilih gambar yang paaaling menghambat hati saya… Saya kan juri kepada photo guru saya… jadi saya harus melakukan tugas juri itu deh… betulkan…? he..he..

    Pertamanya.. photo teratas sekali atau muka depannya.. saya kagum melihat cara Adelays merakamnya… pasti klik-klak itu banyak kali dan untung pakai kamera digital… kerana aksi pelakunya tentu dibuat pantas dan Adelays sempat merakam gaya yang paling baik, menurut pendapat saya.

    Yang lebih menarik perhatian saya adalah persamaan yang hampir kepada warna latar belakang dan sifat warna suram kecoklatan yang dipakai oleh lelaki dan warna tubuh semulajadinya, juga alat yang dipegang. Walau nampak kelam tetapi kredit paling tinggi adalah pada gambar ini. Bagi saya photo itu ada daya estetikanya tersendiri. Saya kagum. Melihatnya pada pandangan pertama, saya sudah jatuh cinta pada photo ini. he..he.. dahsyat kayak gini kalau juri ini beri komennya..

    Gambar kedua adalah aksi trapize akrobatik udara. Ia satu acara yang boleh meragut nyawa manusia yang melakukannya, malah bagi yang melihatnya juga boleh turut hilang nyawa kalau tidak sihat (sakit jantung) masa itu.. Jujurnya saya sangat ngeri dengan aksi tinggi. Fobia dengan tempat tinggi ni.he..he.. Bukan kerana aksi pelakunya yang mahu saya ulaskan di sini ya..

    Kredit terbaik dan kedua ini, saya tampilkan kerana watak warna yang digunakan… Ah.. saya selalu kalah kalau bermain dengan warna warni ini… Adelays selalu begitu… kalau mahu saya bagi kredit pada photonya… tampilan berwarna pasti ada… itulah kelemahan saya sebagai juri… he..he..

    Photo yang diambil dari bawah ke atas dan dari jarak jauh cukup menarik.. saya suka teknik pengambilan gambar gaya begini. Ia memberi ruang lebih luas untuk kita memaparkan fenomena yang jarang dilakukan oleh jurufoto amatur. Pemikiran kreatif dan kritis harus berlaku serentak dan pantas dalam pengambilan foto sebegini.. itulah kehebatan jurufoto profsional. Saya kagum.

    Malah dalam situasi yang ramai penonton dan terhad kedudukannya…. bagi saya Adelays sudah berjaya merakam yang terbaik untuk aksi dan foto tersebut. CUMA…. kerana adanya pantulan cahaya dari banyak sudut menjadikan foto itu “blur” sedikit… Sedikit aja tau… bukan banyak…hmmm.. tahniah sekali lagi…

    Dan kredit ketiga adalah photo atraksi ketangkasan manusia. Pasti aksi ini cukup mencabar Adelays untuk merakam foto tersebut. Namanya sahaja sudah tangkas.. tentu pantas juga kan..merakamnya. Berbekalkan warna asal (hitam putih) sudah cukup menampakkan adanya unsur tradisional dalam gambar ini. Saya pasti Adelays sudah memikirkan apa yang patut dipersembahkan melalui photo tersebut.

    Ia mengingatkan saya kepada photo-photo lama yang kian dilupakan oleh generasi kini. Begitu juga tampilan gambar pada atraksi speda dengan latar belakang gelap. ia berbeza dengan latar belakang atraksi tangkas manusia.Cukup menarik sudut yang difokuskan.

    Foto-foto lain… bagi saya boleh tahan juga dan perlu ada peningkatan persembahannya kerana menurut saya sebagai juri… fokusnya biasa saja kerana diambil secara berhadapan dan tentu sekali tetap menarik kerana guru foto saya yang mengambilnya.. heh..

    Untuk yang lain-lain…bukan tidak mahu komen ya Adelays…..cuma…merinding sih bulu romaku untuk memberi komennya… biar komen dalam hati aja ya Adelays…. he..he… TAHNIAH DAN SYABAS… Saya cukup bangga dengan penampilan foto-foto dan cara penulisan Adelays dalam menerangkan situasi acara tersebut juga semakin mantap dan saya boleh memahaminya walau ada juga yang kurang difahami. Nanti saya tanya Adelays ya….

    Ampuuun… panjangnya komen juri kali ini… he..he.. Salam mesra dan bahagia selalu buat sahabat baik saya di Jakarta.. 😀

    “SELAUT SIRIH SEUMBAI PINANG, SELAUT KASIH SEPANTAI SAYANG.’

    • Waalaikumsalam mbak Siti,
      Terima kasih.. atas komentarnya yang detil dan sangat deskriptif.
      Senang mendapat evaluasi dari seorang peminat fotografi.
      Semoga apa yang mbak koreksi atas foto-foto itu dapat menjadi bahan perbaikan saya kedepannya.

  2. wuihhh keren bangettt siukkkk!!! I love these kind of circus as well… are they all indonesians? hebat… and love the pictures.. the men… (see foto atas) body beautiful six pack waahhh lol

    kamu fotonya dari seat vip yah? 🙂

  3. sayangnya… aq dah ga tlalu tertarik nonton sirkus… 😦
    liat badutnya udah ga geli lagi… 😦
    pernah di acara pembukaan sebuah toko, ada para badut yg dipajang di sana, aq ga niat perhatiin tuh badut… cuma mataku seolah tertuju ke badut2 itu, ketika nyadar, salah seorang badut melambaikan tangan padaku… langsung dech…
    kabuuuuuuuuuuuuuuurrr…. =)
    dari pics ade’ ini, yg qsuka cuma 1, yaitu… si monk, he…he… lucunya si monk kagak ada matinya…

  4. Terakhir nonton langsung sirkus waktu masih SD. Gambar terakhir, penyiksaan terhadap motor tuh. Bagus2 gambarnya 🙂

  5. wow … foto2nya keren, sangat membantu membayangkan suasana di sana.

    Foto paling atas … seperti objek yang diatur oleh yang memfotonya. Begitu juga dengan foto paling bawah, yang segaris dengan kerangka tiang lampu sorot.

    Nah, simpanse sedang mengendarai motor … apa yang bedanya dengan manusia? Jika … tentang SIM, kan banyak juga manusia yang gak punya SIM (hahahaha).

    Oh ya … hari Minggu, ada hasil foto2 dari Conon yang dilombakan di kota tua pada Koran Kompas.

    • Foto pertama pas banget dapat angel dan moment yang pas.
      Hehehe.. mengenai simpanse yang nggak punya SIM , bisa juga diartikan sebagai sindirian halus.
      Wah mas Benyamine, kebetulan saya tidak membeli koran Kompas hari Minggu.
      Banyakkah gambar2 nya ?

  6. Saya belum pernah nonton sirkus, mentoknya nonton di TV, hehe…

    Salut buat foto pertama keren abis
    Dan saya suka juga foto orang naik gajah dan burung kakak tua 5+…= Keduanya tampak ada nyawanya dalam aktifitas di foto tersebut, sedangkan foto lainnya lebih ke arah poster yang cocok untuk promosi. Siipp…..

  7. wowwww .. kerennn, tp deg² juga walaupun cuma liat fotonya he he .. apalagi kalau nonton langsung yaaaaa

  8. wow…so cute bro.Paling betah saya kalau nonton sirkus,tapi di TV heheh

  9. sirkus, sulap, dan atraksi-atraksi lainnya dulu hanya milik orang-orang luar sana, tapi sekarang Indonesia juga sudah tidak kalah lagi, telah banyak tukang sirkus, sulap, dan atraksi… tapi aku belum pernah nonton langsung loh.. 😀

    • Betul, saat ini tidak hanya bangsa lain yang punya atraksi menarik dari arena sirkus. Generasi muda kita sudah sanggup menampilkan atraksi yang menawan.

  10. wow…
    foto pembukanya dasyat…
    3 jempol untuk foto ini
    komposisi dan pencahayaannya mantabh…
    moment nya juga asik banget…
    keren … !!!

  11. Thanks Ie,
    Inspiring picture untuk photo2 lainnya.

  12. wow.. wow..
    the amazing pictures..
    kereeennn…
    membuat pesona setiap mata yang melihat.. hehe
    boleh dunk ajarin utk bisa menghasilkan foto spt mas adelay ini ??? 😀

  13. Heheh…, tq mbak eve.
    Boleh.. kapan-kapan bisa hunting bareng ya…

  14. beruntung kasih foto… jadi serasa menonton di acara

  15. gagal pertamax……hehe.

  16. tiga foto yang menarik bagi saya, adalah:
    1. gambar ketiga (atraksi akrobatik perempuan mengangkat temannya dengan kakinya); ini adalah contoh balance formal yang menurut istilah cezanne “abadi”, nampak konstruktif dan kokoh. tapi kepala penonton yang terlihat sangat mengganggu, sebaiknya diedit (hapus) saja kan–sebatas tulisan nama anda.
    2. aksi anjing pudel; saya suka dengan ruang kosong yang luas di samping si perempuan, 2:3 yang “berhasil”–menurut saya.
    3. gambar terakhir (atraksi sepeda); warnanya yang monokromatik membuatnya “beda”, tapi sekali lagi kepala penonton itu terasa sangat mengganggu–andai bisa dipindahkan lebih ke kanan.

  17. saya juga ndak tertarik, lihat kostum ceweknya kurang pas di etika ketimuran

  18. Saya adalah salah satu penggemar dari Oriental Ciscus Indonesia ( OCI ).. Saya sangat terkesima ketika melihat pertunjukkan OCI.. Bahkan saya sudah lebih dari 1oo kali menonton pertunjukkan ini dan tidak pernah merasa Jenuh.. dan setiap kota yang di hampiri OCI saya selalu hadir untuk melihat atraksi mereka, Dan bukan hanya itu saya sudah mengenal setiap pemain ataupun Crew dari OCI kami sudah seperti saudara..ketika saya membuka blog anda saya sangat terkesima karna di kemas begitu akurat, padat dan berimbang… sukses selalu untuk setiap berita atu karya yang anda muat… GBU…

  19. Saya adalah salah satu penggemar dari Oriental Ciscus Indonesia ( OCI ).. Saya sangat terkesima ketika melihat pertunjukkan OCI.. Bahkan saya sudah lebih dari 1oo kali menonton pertunjukkan ini dan tidak pernah merasa Jenuh.. dan setiap kota yang di hampiri OCI saya selalu hadir untuk melihat atraksi mereka, Dan bukan hanya itu saya sudah mengenal setiap pemain ataupun Crew dari OCI kami sudah seperti saudara..ketika saya membuka blog anda saya sangat terkesima karna di kemas begitu akurat, padat dan berimbang… sukses selalu untuk setiap berita atu karya yang anda muat.. karna setiap masyarakat harus tau bahwa ada karya anak bangsa yang harus selalu di dukung… GBU..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: