Kuliner: Episode Cirebon

CirebonS

Saat-saat jeda dalam bertugas, atau ketika selesai menjalankan tugas manakala berdinas disuatu daerah, adalah hal yang menyenangkan. Waktu luang tersebut dapat saya manfaatkan untuk mengenal profil  tentang sesuatu yang menarik.

Sebut saja budaya, bangunan atau makanannya yang merupakan ciri khas yang belum tentu dapat ditemui ditempat lainnya. Kota yang saya telusuri kali ini adalah sebuah kota di pantai utara (pantura) pulau Jawa, kotanya salah seorang satu dari Sembilan Wali (Wali Songo), kota pelabuhan,  yaitu kota Cirebon.

Para pemudik lebaran tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur di pulau Jawa pasti akrab sekali dengan kota ini. Karena kota ini merupakan gerbang kota terakhir di pantura yang merupakan garis akhir wilayah Jawa Barat sebelum memasuki kota Brebes Jawa Tengah.

Bila rute yang saya lalui adalah pantura, kota ini selalu saya lewati. Namun melewati bukanlah berarti menjelajahi daerah ini secara intensif, akan tetapi hanya lewat saja. Kalaupun berhenti itupun sebatas mengisi bahan bakar di pompa bensin setempat.

Berbeda dengan ‘motivasi’ ketika mudik, wisata kuliner agaknya menjadi favorit saya kali ini untuk membawanya ke media posting wordpress bulan Nopember 2009.

1. Pondok Seafood H. Moel.

SopKepiting

Merintis usahanya dari warung tenda kecil yang memiliki 3 orang karwayan saja pada tahun 1984, usaha Mulyono yang kemudian disebut dengan H. Moel setelah menunaikan ibadah haji, berkembang pesat. Kini  H. Moel memiliki beberapa cabang di tahun 2009 dengan 50 orang karyawan.

‘Markas’ utama restoran H. Moel yang buka pk. 11 – 24.00 ini terletak di Jalan Kalibaru Selatan No. 39 sejak tahun 2002. Salah satu menu unggulan yang direkomendasikan ,  adalah Sup Kepiting, aneka olahan kepiting seperti kepiting saus padang, kepiting, kepiting saus mentega dan lain lain.

oleh-oleh

Wuih.. walaupun serba kepiting, namun tidak lantas cuma menu kepiting saja yang enak disantap, kalau penasaran boleh coba menu lainnya yang nggak kalah lezatnya.

2. Mangga Gedong Gincu

Mangga Gedong Gincu

Mangga unggulan kota Indramayu ini banyak sekali diminati di Cirebon. Bahkan di tempat2 perdagangan oleh-oleh mangga jenis ini dijual perpaket 5 kiloan seharga -ketika itu- 50.000 rupiah yang dikemas dalam satu kotak kardus dengan ‘packing’an dari merek tertentu.

3. Empal Gentong dan Empal Asem

Empal Gentong

Kata ‘Empal Gentong’ bagi sebagian masyarakat yang belum pernah tahu jenis makanan dimaksud , seringkali diartikan sebagai potongan daging tebal sebagai ‘teman’ lauk pauk dari suatu sajian makanan, misalnya Rawon. Namun setelah menyaksikan dengan mata kepala sendiri dan mencicipinya langsung di kota Cirebon , bayangan itu sirna sudah, tak berbekas.

Empal Gentong ini adalah semacam soto daging dengan santan yang berisi daging, hati, limpa dengan bumbu-bumbu merica, garam, kemiri, kunyit, bawang merah dan putih yang direbus dalam sebuah gentong. Itulah yang menyebabkan namanya menjadi Empal Gentong.

warungamarta

Berbeda sedikit dengan saudara kandung empal gentong, yaitu empal asem, kuahnya bening. Empal asem dimasak tanpa santan. Bahan bakunya sama saja.  Kalau empal gentong kuahnya putih karena santan, empal asem berkuah bening.

4.Hidangan Seafood restoran di Kuningan

5. Aneka Oleh-oleh

oleh-oleh

Sirup Tjampolay, ikan asin jambal roti,  tape ketan, abon ebi, rengginang , dan banyak lagi yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh dari kota yang mendapat julukan sebagai “Kota Udang” ini.  Wisata kuliner dikota dengan perpaduan kultur dua propinsi yaitu Jawa Barat dan Jawa Tengah ini, sangat menarik untuk diikuti. Masih banyak kuliner lain yang harus dicoba dari kota yang memiliki lima kecamatan dan  22 kelurahan ini.

Cirebon masih punya nasi jamblang, nasi lengko, docang, tahu gejrot, krupuk mlarat, mie koclok, ketoprak , bubur  dan banyak lagi yang lainnya untuk ditelusuri. Itu baru wisata kulinernya, belum lagi hal-hal lainnya yang merupakah kekayaan budayanya, arsitektur bangunan dan lain sebagainya. Sungguh, “Gemah ripah Lohjinawi”.

Advertisements

26 Responses to “Kuliner: Episode Cirebon”

  1. pertamanya….

    mantap foto yang paling atas itu!

  2. Assalaamu’alaikum Adelays..

    Hadir ini untuk singgah sebentar setelah penat menguliti diri dengan buku. Waduhh… membaca pengalaman makan Adelays di Ceribon membayangkan seperti Adelays itu seorang Chef pula… bukannya photographer. Segalanya dijelaskan dengan begitu mantap dan menyeluruh sehingga ramuannya pun ditulis satu persatu… Hmmm.. (tengah senyum nih + ketawa = ternyata Adelays juga lucu)… Terima kasih kerana membuat tengah hari saya, hari ini ceria dengan kisah pengalaman makan Adelays di atas.

    Sup kepiting itu…iya sama dengan sup urat keting di Malaysia, cuma saya lihat ia dicincang halus, tetapi di Malaysia, tidak demikian ia hanya di kerat-kerat mengikut besar uratnya.

    Kalau melihat kepada empal asem, mengingatkan saya kepada sup ekor lembu dan sup gearbox yang baru saya nikmati semalam ketika makan malam di sebuah restoran terkenal gearbox di Bangi iaitu Gearbox Warung Desa. Cuma bezanya kuah sup tersebut seperti kuah sup empal gentong (tidak bersantan , mungkin kerana kepekatan kuahnya yang direbus begitu lama) ahh… menyelerakan sekali.

    Kalau Adelays ke Malaysia, Alangkah baiknya saya dapat membawa ke tempat ini untuk menikmati menu yang menyegarkan di restoran tersebut. Alhamdulillah… senang dapat mengenali makanan dan budaya di Indonesia. Insya Allah saya akan ke sana suatu hari nanti.

    Ok, Adelays… terima kasih kerana kembali ber”kongsi” dan bergabung dalam dunia photo dan makanan yang enak. Jumpa lagi. Mahu sambung belajar lagi nih.. Salam manis dan mesra selalu dari saya di Malaysia buat Adelays di Jakarta. 😀

    SERAUT SIRIH SEUMBAI PINANG.
    SELAUT KASIH SEPANTAI SAYANG.

  3. wah…ade lagi di cirebon wkt itu yaa?? aq juga tinggal di crb… jadi kangen neh sama kejaksan.. aq belum pernah nyuba sop kepiting itu…ntar kalo nyampe lagi dsono, bisa dicicipi neehh…
    hmmm…jauh banget batembat, kirain hunting di kotanya… nice… makasih infonya, really…jadi kangen ma cirebon nih…

  4. Hmm, tampak begitu menggoda gambar-gambarnya mas…Ternyata Cirebon kaya akan kuliner juga yah. Dulu waktu saya ke Cirebon yang paling asyik tuh berkunjung ke Linggarjati (tempat bersejarah perjanjian Linggarjati), dan ke taman rekreasi (saya lupa namanya)…

  5. wah….pastinya enak tuh!!!
    tapi aku vegetarian…jadi nggak makan daging…

    huups….

  6. ASSALAAMU’ALAIKUM..

    KEPADA SAHABATKU… SAMBUTLAH UCAPAN DARIKU. SERANGKAI KATA PENGGANTI DIRI. UNTUK MENYAMBUT HARI PERTEMUAN YANG BESAR. JARI SEPULUH KU SUSUN JUGA. AGAR KESALAHAN DIAMPUN SEMUA. TANDA IKHLAS PERSAHABATAN KITA.

    SALAM DUNIA, SALAM SEMUA, SALAM HARI RAYA EIDUL ADHA DAN SALAM PERPISAHAN “BERJARAK” DARI SAYA DI BANGI, MALAYSIA.

    -SITI FATIMAH AHMAD-

  7. wow.. sup kepiting is crab soup right? looks nice! u know wat, looking at the pics.. makes me want to eat too… *feeling hungry now* how much do u spend for a dish there? *cant waittt for my trip* hehe

  8. Yup.., Kota Cirebon.., kota yang sangat akrab utk di lewati ketika mudik dan sebaliknya. Sayangnya, hanya sekedar lewat saja. Ternyata banyak juga yah utk dijadikan tempat berwisata kuliner. Btw, tempat2 kuliner itu letaknya sudah masuk ke dalam kotanya yah ???

  9. hmmm…. bener2 menggoda selera..
    kapan2 kalo mudik lewat cirebon perlu dicoba juga kayaknya..

  10. numpang komen nih….
    kesan yang pertama ketika gw mudik lewat cirebon yaitu banyak penjual empal gentong.gw penasaran, eh ternyata empalgentong benar2 maknyuss….enak tiada tara!

  11. foto stasiunnya… kereen 😉

  12. foto paling atas … keren, terasa berwisata kuliner lihat foto-foto di atas.

    • Bagaimana kalo langsung meluncur ke lokasi ??
      tidak hanya merasakan dengan indera pengelihatan , tapi juga langsung merasakan dengan indera perasa. hehehehe..

  13. Wah tega.
    gw lg kelaparan, buka halaman ini, makin kelaparan nih. 😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: