Sejenak di Hot Spring Tirta Sanita

Melalui ajakan teman atas manfaat besar mandi air panas belerang,  hari Minggu 22 Nopember 2009 yang lalu, kami meluncur menuju lokasi yang digadang-gadang sebagai tempat pemandian air panas yang bermanfaat bagi kesehatan kulit itu.

Lokasinya bukanlah disuatu tempat yang jauh dan ditempuh melalui perjalanan berpuluh atau bahkan beratus-ratus kilometer dari tempat tinggal. Tidak pula merupakan tempat yang akan dicapai dengan menginap disuatu tempat seperti ketika akan mencapai puncak Gunung Bromo .

Melalui perjalanan kurang dari satu jam saja, Pukul 7 pagi kami bertiga sudah berada di depan jalan lokasi masuk ke taman wisata air panas ‘Tirta Sanita”, sebuah tempat wisata yang murmer alias murah meriah yang diresmikan pada 12 September 1992 oleh Bupati  Eddie Yoso Martadipura di desa Cogreg, Kecamatan Parung,  Ciseeng, Kabupaten Bogor.

Sebelum memasuki pintu parkir resmi di lokasi yang kirakira berjarak 50 M dari mulut jalan, kami diminta membayar Sumbangan yang ditentukan. Atas pembayaran itu diberikan tanda terima sumbangan yang  nominalnya tertulis Rp. 2000 ‘diurek-urek’ dengan spidol  yang  “katanya” berdasarkan Perda Kabupaten Bogor no. 6 tahun 2005. Hm….  ok lah….

Dengan membayar HTM sebesar Rp. 7000 / orang dewasa (Rp. 5000 untuk anak-anak) tarif weekend , kami memilih untuk memasuki ‘wahana’ pemandian belerang “VIP” yang harganya hanya Rp. 10.000 saja, murah kan ? Beruntung, kalau masih sepi bisa langsung berendam dikolam / bathub yang sudah dipersiapkan air panasnya. Kalau keduluan orang, ya paling-paling mengantri dengan sabar, karena durasinya sudah ditentukan penyelenggara, paling lama 20 menit.

Hanya orang tua / manula-lah yang boleh berada satu kamar mandi menikmati hangatnya air belerang didalam kamar mandi ini. Tidak pula orang-orang yang berstatus sebagai pasutri alias pasangan suami istri yang sah, begitulah aturannya.

Sebagai obyek wisata air panas, rupanya penyelenggara tidak ingin obyek wisatanya sepi tanpa opsi. Ada outbound, ada permainan anak anak yang di Tirta Sanita disebut dengan “Bom-bom Card” (bukan bom-bom Car), ada bola air, sepeda air, ATV, pesawat,  dan Monorail.

Untuk orang-orang yang sudah mandi dan ingin berjalan-jalan di sekitar, boleh menikmati udara segar sambil berjalan-jalan dibawah rindangnya pohon besar menuju puncak bukit kapur yang menjadi pusat penyaluran air panas belerang. Disamping kanan kiriya banyak terdapat pedagang makanan untuk mengganjal perut yang mulai lapar karena belum sarapan.

Tahu kuning atau lontong yang 10 biji-nya hanya dibanderol Rp. 6000 saja, menjadi pilihan kami sebelum mendaki bukit kapur. Puncak bukit kapur walaupun cukup mudah untuk didaki  cukup membuat kami yang belum sarapan ini untuk akhirnya berlabuh disebuah restoran dan memilih nasi goreng sebagai pilihan utama.

Jam 9.30 pagi menjadi akhir dari perjalanan kami ditempat ini. Waktu yang masih pagi ini sebenarnya belum menjadi waktu yang tepat untuk pulang, karena masih banyak orang berdatangan ke lokasi ini. Kami melihat rombongan dengan bis dari Mabes TNI dan rombongan dari ormas tertentu yang baru datang memadati lokasi wisata ini.

Ah.. gantian deh… Kalian datang, giliran kami yang pulang….. Selamat berendam air belerang….

Atas permintaan rekan-rekan, berikut ini saya sertakan maps lokasi pemandian air panas “Tirta Sanita”.

Advertisements

47 Responses to “Sejenak di Hot Spring Tirta Sanita”

  1. cantik nieh! the surrounding environment looks nice.. and murmer hehe will make a mental note on this place 🙂 definitely a place worth visiting if I go with frens

    I find foto 20 menit penantian funny hehe yeah I can tell the fingers seperti tidak sabar menanti..(is that you?)

  2. Assalaamu’alaikum Adelays

    Pemandangan kawasannya cukup indah untuk menikmati kedamaian. Dengan berbantukan rakaman foto Adelays, turut merasakan kita berada di sana juga.

    Tahniah dan Syabas dengan sudut lokasi yang menarik untuk dipamerkan di ruang blog ini. Sememangnya hot spring ini menjadi kunjungan ramai atas inisiatif memulihkan tenaga dan kesihatan. Mudahan kesegaran selepas mandi akan memberi manfaat untuk kecergasan tubuh, kecerdasan minda dan keelokan kulit.

    Tahu kuning itu memang menyelerakan. Foto pertama dan teratas sekali… sungguh menarik dan indah kerana latar langit yang cerah dan berawan, kerana diambil dari sudut fish eye lens .

    Salam mesra dari Bangi, Malaysia.

  3. kerennnnn … jadi fresh lagi ya sekarang setelah wisata dan berendam di air panas, ditempat saya untuk mencapai lokasi air panas harus melewati ratusan km,

    • Ya.. untung nggak jauh jauh. Inipun informasi dari seorang teman. Kalau tidak, mungkin baru akan ke pemandian air panas ke daerah Bandung dan sekitarnya.

  4. Wow, Bogor banyak banget ya tempat wisata yang adem kayak gitu.
    Kayak di Tawangmangu kalo di sini he.

    • Salam Kenal Mas Triuntoro,
      Thanks telah berkunjung. Giliran saya yang belum ke Tawangmangu. Mudah-mudahan lain kali saya berkesempatan mengunjungi Wisata Tamanmangu.

  5. waw indah bgt….
    jadi refresh lagi deh…

    tx kunjungannya yah..
    btw jangan panggil mba….OK

  6. wuih… foto2nya mantap2! apalagi yang luasan bidang langitnya cukup besar itu. setiap kali melihat yang langit luas selalu saja saya merasa kecil; dan anda telah “menentramkan” saya lewat foto2 ini. trims.

  7. Wah.. seru tuh bola air. Mudah2an suatu saat bisa kesana 😀

  8. Wuah ud di duluin pdhl dr dulu pengen ke situ, hmm…ad yg kurang mas adelay ‘maps’ ny kok gak ad, ituw klo dr arah jakarta keluar tol mana? Bogor? Btw, fotony maqn keren aj neh, aplg pemandangan yg ke atas langit ituw..humm two thumbs up d pkknya 🙂

  9. Wow…mantab sekali pengambilan poto-potonya bro.Selamat hari Idul Adha ya.Take care.

  10. wah seru… jadi ingin ke sana…
    saya sering mandi air panas, tp pakai pemanas hihi… 😀

  11. keSAnA ga PEngUMUMan dulu ScEeH,,,
    FhoT0’Y baguZ.

    lamZ keNAl.

  12. foto2nya bagus…
    sedikit ketularan rileks setelah menimati foto2nya…

    salam kenal

  13. mantap-mantap…..
    saya yang saat ini ngerasa kurang rekreasi.

    salam hangat

  14. jadi terasa lama nggak ke Bogor … paling tidak sudah terasa dengan melihat foto-foto di atas

  15. masyaAllah…bagus bener de’, apalagi lontong n tahu kuning dipadu ma cabe rawit…enak bgt deh keknya… makasih dah sharing info jalan2 ini…^^

    • Sesuai dengan janji saya.. ke Sunflo, untuk share tentang sesuatu yang bernuansa pemandangan.
      Selamat kembali setelah menunaikan Ibadah Haji, Sunflo. Semoga menjadi Haji yang Mabrur.
      Amin…

  16. Siti Fatimah Ahmad Reply December 7, 2009 at 12:26 am

    Assalaamu’alaikum

    Sahabat dirai dan dijemput ke Laman Menulis Gaya Sendiri untuk menerima AWARD PERSAHABATAN – YOU’RE A GREAT BLOGGER sempena ULANG TAHUN PERTAMA laman saya. Salam mesra dari Port Dickson, Negeri Sembilan, Malaysia.

    SITI FATIMAH AHMAD

  17. Waalaikumussalam, Mbak .
    Terima kasih atas Award Persahabatan yang diberikan.

    Adalah merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan mendapatkan penghargaan ini bersama dengan rekan-rekan lain pengunjung Blog : http://websitifatimah.wordpress.com.

    Semoga persahabatan antar blogger yang terjalin selama ini tetap langgeng.

    Amiien.. ya robbal Alamin..

  18. Tq yah maps nya…hmmm, lgsg arrange time utk pergi kesana :), btw adakah hotel or penginapan yg msh di 1 area? 🙂

    • Purpleholic,
      Penginapan didaerah situ ada, dan didalam lokasi Tirta Sanita itu sendiri. Sekilas saya sempat ngobrol-ngobrol dengan penjaganya, kalau tidak salah ratenya sekitar 120 ribu-an.

  19. haaaaiii mas adelays.. pakabar? kangennnn *hug hug hug*

    huaaaa kerennn euy poto2nya… kapan2 hunting poto bareng ama sayah ya, tapi sayah jadi modelnya ajah ^^.
    sayah suka poto yang pertama euyyyy… 😀
    poto bayangannya juga okeeeeeyyyy.

  20. hi …
    blog-nya bagus. foto2nya sy suka.
    nanti kalau lepiQu dah ok, sy akan berkunjung lagi.

    o’ya artikel ini menambah info buat sy.
    salamku.

  21. huwa….mupeng… 😀

  22. Bagus sekali informasinya mas ada foto-fotonya lagi. bagi teman-teman yang perlu informasi lebih lanjut objek wisata diatas nih ada link websitenya http://www.tirtasanitahotspring.com mog bermanfaat.

  23. bagus banget iuh

  24. hahahaha,,,,,,deket ma tempat tinggal saya tuh masss,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: