Social Media for Everyone

“Zaman Beralih, Musim Bertukar”. Menjadi salah satu kalimat yang tepat untuk mendeskripsikan keadaan, ketika era informasi bergerak demikian cepat. Dahulu, orang perlu waktu yang cukup lama untuk membentuk opini publik, tapi sekarang hanya dalam hitungan detik saja image seseorang / perusahaan dapat berbalik dari baik menjadi buruk atau sebaliknya.

Facebook, Email, dan Twitter menjadi tiga besar peringkat teratas  senjata utama penyebaran informasi melampaui media konvensional seperti surat kabar, serta media elektronik.  Itulah yang disampaikan oleh Nukman Luthfie dalam sebuah seminar yang berdurasi empat jam bertajuk “How to Become Brand Ambassador in Social Media” di Jakarta tanggal 10 Desember 2009.

Nukman menyampaikan, betapa pengguna social media “Facebook” di  Indonesia yang saat ini lebih dari 13,7  juta users, rata-rata setengahnya melakukan login secara harian adalah potensi yang besar dalam membentuk opini. Ini merupakan hal yang positif. Memang ada juga hal negatifnya, yakni pengguna social media produktifitasnya relatif menurun.

Sebuah perusahaan yang ingin berhasil, tetap perlu melakukan branding ke berbagai media. Namun itu saja tidaklah cukup, karena perusahaan tidaklah bisa ber “sosial media”, yang bisa adalah orang-orangnya. “Corporate Site Alone is Never Enough for Conversation“.

Dell dan Sun Microsystem adalah contoh yang baik dalam mengimplementasikan Social Media ini. Dell bahkan tidak peduli terhadap berapa besar budget yang dianggarkan, dan hasil dari terlibatnya seluruh karyawan Dell akan social media ini  telah berhasil meningkatkan  pendapatannya 10 juta US.

Social media seperti Facebook dan Twitter, boleh jadi merupakan anugerah, tapi bisa jadi menuai bencana. Di Indonesia, salah satu contoh kasus yang bisa diangkat adalah kasus Evan Brimob, yang mem-publish opini : “Polri tidak butuh masyarakat, tapi masyarakatlah yang butuh Polri”. Sontak saja masyarakat berkomentar negatif terhadap Facebook Evan. Tidak hanya dari kasus ini kita dapat menarik benang merah bahwa :  Sebuah text jika sudah launch, penafsiran adalah bukan lagi milik launcher nya, melainkan sudah milik publik, dan memiliki penafirannya sendiri.

Penanganan terhadap krisis management semacam ini, memerlukan  monitoring yang serius untuk memulihkan citra yang sedang terpuruk, agar tidak menjadi bertambah keruh ke arah reputasi. Nukman mengambil contoh kasus Domino’s Pizza yang mengalami krisis setelah dua orang pegawainya memperagakan hal yang kurang senonoh terhadap produk pizzanya yang beredar di Youtube. Sejak kejadian itu Domino’s Pizza terkena  “Million dollar Lost”.  PR nya segera bertidak  dan menyampaikan empati yang dalam kepada customer, untuk memulihkan krisis yang terjadi. Pelakunya sendiri sudah diproses di pengadilan.

Social media sangat baik untuk :

1. Brand Awareness

2. Sales

3. Customer Relationship Management.

Sedikitnya Nukman menyampaikan 10 Social Media Standard Policy yakni :

  1. Transparan.  Jangan lah menggunakan nama palsu.
  2. Jika harus menulis hal yang kurang berkenan / buruk, seyogyanya hal-hal tersebut adalah fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Post Meaningful, respectful comments.
  4. Gunakanlah akal sehat ketika menyampaikan pesan.
  5. Stick to your area of expertise & do feel free to provide.
  6. Jika tidak senada / tidak sejalan dengan opini lainnya, keep it appropriate dan be polite.
  7. Jika berbicara dengan kompetitor, gunakanlah data yang dapat dipertanggung jawabkan.
  8. Berhati-hatilah terhadap posting yang bersifat legal/ hukum, karena dapat dikutip untuk dijadikan materi hukum / persidangan.
  9. Hindari berbicara yang tidak benar terutama pada saat crisis management.
  10. Be smart about confidential information, karena apa yang kita pernah tulis akan tersimpan dalam waktu yang lama.  Apa yang kita pernah tulis dapat menjadi “Malaikat Raqib dan Atid” yang mencatat setiap posting baik dan buruk yang pernah kita kerjakan.

Advertisements

58 Responses to “Social Media for Everyone”

  1. meski tidak ikut seminarnya … sudah dapat infonya dari sini.

    Benar … kita harus berhati-hati dengan kemudahan yang ada dan menjaga kebebasan yang terbuka. Karena kemudahan dapat membuat kita abai dan lalai, begitu juga dengan kebebasan yang terbuka.

  2. Siti Fatimah Ahmad Reply December 11, 2009 at 8:50 am

    Assalaamu’alaikum

    Membaca artikel ini, cukup menggambarkan betapa media mempunyai impak yang amat besar dalam mengubah hidup sesiapa sahaja. Dengan banyaknya pilihan di hujung jari dan pilihan di peta minda, menjadikan media suatu ruang terbaik untuk mencurahkan hati, meluahkan rasa juga berkongsi idea dalam banyak perkara.

    Saya setuju.. setiap penulisan kita merupakan satu hal yang wajib dipertanggungjawabkan sebagai satu sifat profesional dan gagasan intelektual yang benar. Setiap penulisan yang sudah dipublishkan seumpama “public figure” yang menjadikan kita sebagaimana yang difikirkan oleh khalayak pembaca.

    Ketelusan dan keluwesan dalam memperagakan hasil fikiran kita harus diutarakan dengan jujur dan saksama. Setiap pandangan dan ktirikan yang datang harus diterima sebagai satu risiko yang sudah diduga akan muncul dan hendaklah ditangani secara rasional jika terjadi hal-hal yang tidak disangkakan.

    Terima kasih Adelays atas kongsian bersama ilmu dan info yang bermanfaat hasil seminar tersebut. Saya cukup seronok membaca hal yang berhubung dengan media dan sesuatu yang baik untuk membuka minda bersama berhubung perkara yang boleh memberi manfaat dan memudharatkan kita sendiri.

    Oleh itu, menulislah dengan hati dan berhati-hatilah dalam menulis kerana semuanya akan menjadi arkib dan khazanah masa depan yang boleh mengubah sempadan hidup.

    Salam mesra dan manis selalu dari Kuala Lumpur buat sahabat baik di Jakarta.

    SERAUT SIRIH SEUMBAI PINANG
    SELAUT KASIH SEPANTAI SAYANG

    • Waalaikumsalam Mbak Siti,
      Mengenai menulislah dengan hati saya pernah membaca tulisan di blog mbak tentang itu. Tulisan diatas seakan menguatkan dukungan bahwasanya menulis dengan bertanggung jawab adalah keharusan.
      Terima kasih Mbak.

  3. Juga jangan mengumbar data rahasia pribadi pada akun jejaring sosial 🙂

  4. yup…jadi ingat pelajaran PPKn wkt di SMP, manusia tuh punya kebebasan, namun kebebasannya kudulah bertanggung jawab… kalo ga btanggungjawab…yaa…bakalan kena getahnya dech…
    (semoga Allah beri kelancaran dan kemudahan dalam urusan2 ade yaa, jadi…ade bisa rutin apdet n…berkunjung ke blogku……aamiiin..^^)

    • amiiin.. mbak sunflo..
      terima kasih doanya, aku termasuk yang didoakan di tanah suci nggak ?

      • inshaAllah dech, doa khusus buat ade kalo aq ke sono lagi buat umrah….i’ll keep my promise inshaAllah n keep u in my mind…^^

      • Alhamdulillah, requestnya untuk didoakan di tanah suci di approved. Thanks Sunflo…

      • inshaAllah de, i’ll keep ur name in my mind n will pray for u there, inshaAllah… semoga baik2 n sehat2 selalu yaa
        mmm..sunflo punya hadiah buat ade, ga seberapa siih, mohon dijemput di blog sunflo yaak…^^

      • Terima kasih buat Sunflo yang telah memberikan award kepada rekan2 sunflo dan aku adalah salahsatu diantaranya.

        Ini adalah merupakan penghargaan buat saya. Semoga persahabatan tetap terjalin dengan baik dimasa-masa yang akan datang.

        Amiin

  5. Beruntung banget ikut seminar tersebut ya… Jadi tahu banyak tentang seluk beluk social media… Terima kasih sudah share tentang isi seminarnya… Sukses selalu… Salam kenal….

    • Walaupun nggak hadir dalam seminar, mudah2an sharing tulisan diatas bisa mewakili sebagian seluk beluk social media.
      Salam kenal juga buat “desainlansekap.com”

  6. makasih atas sharingnya ya bro ..

    met weekend 🙂

  7. vb,twitter dan blog.saya berpendapat ketiga fasilitas online tersebut adalah mencerminkan diri kita.maka berhati-hatilah dalam menulis sesuatu.bisa-bisa beraakibat fatal seperti yang uda ada dipost…

    salam hangat selalu mas

  8. fasilitas online tersebut bagaikan mata pisau, bisa bermanfaat tapi di saat yang bersamaan pun bisa mencelakakan. tergantung bagaimana masing2 pribadi menggunakannya.

    Cara Membuat Web

  9. Setuju banget sama 10 standar policy tersebut.
    sekarang belajar untuk menerapkannya 🙂

  10. kalo aku sih yang penting sosial networking itu digunakan untuk mencari kesenangan dan teman sebanyak mungkin.

    • Positif untuk hubungan pertemanan, yang mengeratkan tali silaturahmi.
      Temen2 yang nggak tau entah dimana hutan rimbanya, bisa ketemu lagi.
      Tapi hati-hati terhadap sisi negatifnya juga wajib, sebagai bagian dari kewaspadaan.

  11. “Zaman Beralih, Musim Bertukar”
    dulunya maen congklak, sekarang maen fesbuk, heheh

  12. setuju 100%! saya juga baca di blog luar, lupa apa linknya. dia bilang gini “65% perusahaan di dunia akan ningkatin anggarannya untuk online campaign.”

    dan coba dipikir deh.. penonton televisi itu cuma nonton acara yg mereka suka. begitu iklan pasti diganti. setuju banget mas!

    salam kenal yah! :mrgreen:

  13. Yah bagi siapapun yang tergabung dalam jejaring sosial ini tentunya agar bisa menahan diri untuk tidak mengumbar semua hal…Tentu saja kita harus pandai memilah-milah mana yang pantas dan mana yg tidak untuk dipublikasikan…

    Yah setiap kemajuan teknologi pasti memiliki dampak positif dan negatif…

  14. ada satu lagi pak keuntungan social media, terutama bagi perusahaan yang memproduksi suatu produk, yaitu keberhasilan memetakan kebutuhan konsumen pada suatu waktu dengan melihat pola / informasi yg diberikan penduduk di seluruh dunia melalui jejaring online, sehingga meningkatkan efisiensi produksi. Hmm, seandainya saja keuntungan seperti ini sudah dapt merambah industri UKM di tanah air.. 🙂

    • Mbak Pipiew,
      Artinya segmentasi produk dari hasil sosial media juga akan meningkatkan efisiensi produsi.
      Thanks sharingnya, mudah2an industri UKM segera menyusul, yach..

  15. Saya sedang mencoba menerapkan nomer 5 di blog saya, tapi susah ya…

  16. Begitulah teknologi tidak sepenuhnya berdampak positif namun jua sering kali negatif, tergantung si penggunanya.. terima kasih atas postingannya, Insya Allah bermanfaat 🙂

  17. Assalaamu’alaikum

    SAHABAT
    Walau…
    Langkah tak bertemu
    Tangan tak berjabat (perempuan sahaja ya)
    Ucapan tak terdengar
    Izinkan hati ini memohon maaf
    Atas segala…..
    Sikap dan lisan yang tak terjaga
    Janji yang terkota
    Hati yang kerap berprasangka (insya Allah tiada)
    Sepanjang setahun perkenalan kita
    Selama persahabatan kita terjalin di dunia maya
    Terima kasih atas kasih sayang dalam ukhuwwah yang dicerna
    Semoga kita selalu di dalam perlindungan-Nya

    SELAMAT MENYAMBUT MA’AL HIJRAH 1431
    Salam Awal Muharam dan salam manis dari saya di Bangi, Selangor, MALAYSIA.

    SITI FATIMAH AHMAD

  18. dapat seminar gratis nih.. makasih ya sob..
    plurk jga sekarang udah banyak peminatnya..

    social media emang ada sisi possitif dan negatifnya.. tergantung pribadi masing2..
    kasus luna maya tuh bisa dijadikan pelajaran hehehe

    • Thanks sobat, kebetulan di seminar itu , selain tiga yang paling berpengaruh, disebut-sebut juga wordpress, blogspot, plurk dan beberapa social media buatan lokal.

      Selain manfaat dari seminar yang sangat positif, gratisnya menambah manfaat karena nggak perlu keluar duit dari kantong pribadi, hehee..

  19. Siti Fatimah Ahmad Reply December 23, 2009 at 2:00 am

    Assalaamu’alaikum

    SELAMAT HARI IBU ini ku tujukan buat:

    1. SAHABATKU ….SEORANG IBU
    2. IBU KALIAN
    3. ISTERI KALIAN

    SAHABAT,
    MENGERTILAH BAHAWA…..

    Hati IBU bagaikan jurang yang didasarnya selalu ada maaf
    Di sisi IBU adalah tempat yang paling aman
    Cinta IBU tidak pernah lapuk
    Cinta IBU adalah yang laing baik daripada segalanya.

    # KEPADA SAHABAT DAN PEMBACA YANG BERADA DI LAMAN SAHABATKU INI… Semua anda dijemput ke LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI untuk menerima HADIAH AWARD –AWARD ISTIMEWA dari saya sempena menyambut SELAMAT HARI IBU di Indonesia.

    Dengan segala hormatnya saya mempersilakan anda sekelian menerimanya sebagai tanda ketulusan hati SEORANG SAHABAT yang mencintai kalian.

    Selamat Tahu Baru Hijriyyah 1431 dan Selamat Tahun Baru 2010
    Salam mesra dari BANGI, MALAYSIA.

    -SITI FATIMAH AHMAD –
    22 Disember 2009/RABU

    • Waalaikumsalam Wr. Wb.
      Terimakasih Mbak Siti atas kepedulian mbak terhadap Hari Ibu, yang merupakan hari untuk mengenang dan menghargai peran ibu di Indonesia.
      Sungguh merupakan suatu kehormatan atas dikenangnya hari ini dan diperingatinya hari ini oleh seorang dari luar Indonesia.
      Terima kasih sekali lagi mbak atas perhatiannya.
      Wassalam.

  20. salam adelay,

    just read ur post thoroughly, yeah, I agree menulis itu harus jika untuk kebaikan bersama 🙂 but, if menulis untuk mengeruhkan keadaan, mengutuk atau menghina atau membuat fitnah semata2 maka lebih baik jgn… ok slamat berkarya yg positif ya! 🙂

  21. informasi yang sangat perlu…tulisan yang bagus
    Ke hati hatian dalam penggunaan media sosial ini memang sangat penting…karena terbukanya informasi untuk semua,bisa mengundang hal hal yang tidak kita inginkan.
    jadi…kalau ragu2,,jangan memberi informasi ,bisa bisa jadi masalah ya…??

    • Thanks Ibu Dyah. Memang selayaknya kita berhati-hati. Kasus Luna Maya dengan Twitternya seakan mengedepankan perhatian bahwa sesaat setelah sesuatu terucap/tertulis, dapat digugat balik karena ucapan kita sendiri.

      Kejadian-kejadian ini sudah selayaknya menjadi pelajaran berarti.

  22. Dan diriku memakain wordpress.com
    salam hangat…

    Blognya bagus… 😉

  23. Setuju sekali infonya mas adelay,
    tapi saya ada yang kurang setuju tentang postingan kali ini, …tidak ada fotonya.

    Salam,

  24. Assalaamu’alaikum

    Apa khabar Adelays ? Didoakan sihat dan bahagia selalu dalam lindungan Allah swt.

    Lama tidak bertanya khabar? Sibuk banget ya Adelays. Alhamdulillah, saya sudah mulai bertugas dan masa sibuk saya juga sudah tiba. Cuma sekarang, malam tu ada masa sedikit kerana sedang menyiapkan beberapa penulisan untuk menghasilkan buku dan membuat persiapan slaid untuk pembentangan kertas kerja bagi wakil jabatan ke beberapa seminar penyelidikan dalam tahun 2010 sebagai persediaan viva.

    Mudahan kita akan ada peluang untuk berinteraksi lagi. Kangen lho sama Adelays. Ingat ya… saya tidak pernah lupa akan Laskar Pelangi 2, Ketika Cinta Bertasbih 2 nya dan syair itu… hmm.

    Hadir juga untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru 2010 buat Adelays yang sudah sepi di laman saya. Mudahan tahun baru ini akan memberi semangat untuk lebih maju dalam kerjaya dan kehidupan.Juga selalu mendoakan kesejateraan dan kebahagiaan buat Adelays sepanjang kehidupan di dunia dan di akhirat.

    Salam mesra selalu dari saya, sahabatmu di Sarikei, Sarawak.

    SERAUT SIRIH SEUMBAI PINANG
    SELAUT KASIH SEPANTAI SAYANG.

    • Waalaikumsalam Mbak Siti Fatimah,
      Alhamdulillah Adelays dalam keadaan baik-baik saja. Memang menjelang akhir tahun ini saya tidak dapat menulis banyak di blog ini karena kesibukan yang sangat padat. Kesibukan yang sangat membutuhkan konsentrasi dan kesinambungan.

      Saya sempatkan berkunjung disela-sela kesibukan saya di kantor ketika tengah malam sedang ‘beristirahat’ sejenak dari kepenatan pekerjaan kantor. Mudah-mudah di tahun 2010 ini blog ini saya bisa banyak menulis lagi.

      Dan begitu juga dengan Mbak Siti dengan kesibukan mengajar di Serikei … semoga tetap dapat tetap mengisi blognya yang semakin ramai saja… Amiin…
      Wassalamualaikum…

  25. hmm…memang dunia sekarang dipimpin 4 lembaga besar: legislatif, eksekutif, yudikatif, dan tentu: MEDIA!!!

  26. Thanks buat infonya mas…ternyata social networking du dunia maya itu sangat amat ampuh ya 😀

    • Botul ria. Kekuatan Social Networking memang luar biasa. Bibit Chandra bisa bebas, karena dukungan social media. Koin peduli prita yang berhasil meraih simpati masyarakat, Koin Bilqis yang menyebabkan orangtuanya mendapatkan dukungan koin layaknya koin prita kini mendapatkan dukungan untuk membiayai operasinya yang mencapai Miliaran rupiah.

      Luar biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: