In Memoriam “Sie”

Gajah mati meninggalkan gading,  harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama“.   Apa yang dilakukan seseorang dalam perjalanan hidupnya dimuka bumi yang tergolong singkat ini , tergantung kiprahnya semasa ia hidup. Jasad manusia fana oleh usia, tapi karya dan fikirannya boleh jadi terjaga dalam sebuah situsnya sepanjang masa.

Rasa ingin tahu terhadap sebuah blog yang sudah ditinggalkan pemiliknya, bermula ketika saya membaca sebuah tulisan “Dan Kamu pun Pergi, Sas…. ”  manakala blogwalking ke blog sahabat bluethunderheart di http://bluethunderheart.wordpress.com yang singkat dan padat, namun menimbulkan rasa penasaran yang tinggi.  Posting Bluethunderheart mengisahkan tentang kepergian seorang blogger yang sebelumnya belum pernah saya kenal, baik baik didunia nyata maupun di dunia maya. Adalah Sassie Kirana seorang blogger IBSN yang telah dipanggil keharibaan Allah SWT tepat setahun yang lewat.

Tiada kata terlambat mengenalnya dari tulisan sang  “Ilalang” yang memulai menorehkan tulisannya di WordPress sejak 28 April 2008. Tulisan dan kata-katanya yang ringan dan ceria tidak membuat pembacanya menjadi cepat bosan. Umur yang demikian relatif singkat jika dibandingkan dengan rekan-rekan seusianya baginya adalah ramad dari Allah SWT untuk mengisi hidup dan kehidupannya dengan penuh semangat ditengah-tengah berbagai cobaan hidup yang menderanya.

Ditinggal orang-orang tercinta

Disamping keceriaannya, ada duka “Sie”, begitu ia menyebut dirinya,   kala bercerita abang-nya meninggal akibat kecelakaan sepeda motor pada bulan Ramadhan tahun 2003 oleh orang tak dikenal.

Ya Tuhan. Sungguh perasaan ini menyiksa. Sassie ingin tertawa tapi justru air mata yang tiba-tiba mengalir deras. Dan gak seorangpun tau betapa sakitnya menyembunyikan ini semua dari orang-orang yang mengenal sassie sebagai sosok yang ceria. Sassie udah gak tahan lagi, sie harus mengeluarkan kegelisahan ini.”

Abang Sie adalah seorang yang menjadi panutan dalam hidupnya bersama sang Ibunda tercinta, karena ayah yang didambakannya meninggalkan keluarganya.

“Sepeninggal ayah hidup yang sie lalui sangat sulit dan jauh dari kata bahagia..disaat anak anak sebaya sie bermain dengan ceria, sie justru bekerja keras membantu ibu.
Bahkan diusia sie yang masih sangat belia sie sudah bekerja menjadi pengasuh anak..
Dengan imbalan uang sekolah sie dibayarin..

Kekuatan dan cobaan hidup Sie yang ceria, kembali diuji pada saat sang Ibunda tercintanya meninggalkannya untuk selama-lamanya. Tulisannya yang berjudul “Bintang Hati Bintang Kehidupan” lebih banyak membawa pesan moral kepada Sie, agar tetap tegar seperti ibundanya belajar dari penderitaan hidup yang ibu lewati tanpa ayah..  Sedangkan kepergian ibunda tercintanya dituangkan dalam tulisannya “Good bye Mom.. Sie love.. u Sie miss u…”  deeply touched.

“Tak bisa sie tahan air mata ini..
Saat sie sentuh wajahnya yang dingin..
Meraba kerut kerut diwajahnya..
Mengusap bibirnya yang tersenyum pucat..
Memeluk tubuh kakunya yang dingin..
Kembali semua menjadi gelap..”

Berusaha tegar

Sassie berat menerima kenyataan bahwa dirinya mengidap cancer stadium 3.

Sewaktu denger vonis itupun sie udah merasa sebagian jiwa sie mati..

Sie menangis dan marah..

Sie marah kenapa Tuhan memberi ujian yang gak habis buat sie..

Sassie tidak jua berhenti menulis dan berusaha tanpa beban walaupun penderitaannya semakin berat. Hasil pemeriksaan kesehatan lanjutan di Lahat Datu Hospital mengatakan bahwa cancer statium 3 nya telah berkembang menjadi stadium 4B. Paru-parunya berisi cairan dan harus dikeluarkan.

Mau tau rasanya??

“Uugh..seruuuu bangeet..bayangin ajah gimana rasanya

punggung belakang sie dilubangi,di masukkin jarum dan

selang kedalam paru paru..dan sie melakukan itu tanpa

dibius he he.. seruuu bangeeett kaaann..”

Sebelum beberapa posting terakhir, Sie bermimpi didatangi oleh sang Ibu yang telah meninggalkannya, dan Sie juga merasa rindu akan pelukan ibunya yang ia tau tak bakal datang kesisinya lagi didunia . Seolah Sie ingin menyelesaikan beberapa pikiran dan postingnya, Sie seolah-olah ingin menutup seluruh postingannya di dunia yang fana dengan tulisan yang berjudul “Catatan Tertinggal”.

Sie benar… seolah catatan tertinggal menjadi pamungkas  kekuatan Sie . Sebuah posting yang ditulis  dua minggu sebelum Sie benar-benar meninggalkan kita semua untuk selama-lamanya tepat setahun lalu 19 April 2009. Sebuah tulisan ditengah penderitaan Sie sambil berjuang hidup . Selamat Jalan Sassie.. Semoga arwahmu diterima disisi Allah SWT, diterima amal baktimu dan diampunkan segala dosa-dosamu… Amiin ya robbal Alamiin..

Sie yang tegar sempat mengirimkan email sebelum ia menutup mata selamanya, kepada ‘daddy’nya Pak Nugroho, bapak asuhnya. Berikut email terakhir Sie yang saya kutip dari http://tulisannugroho.wordpress.com/2009/04/21/ibsn-surat-terakhir/

Assalammualaikum wr wb..

    Dear daddy n mommy…
    Sengaja sie tulis ini untuk daddy dan mommy karena sie takut sie udah gak punya kesempatan lagi untuk bertemu langsung dengan dad n mom..

    Maafkan sie ya dad,jika pada akhirnya sie gak bisa memenuhi perjanjian kita..

    Mengenal daddy adalah anugerah terindah yang sie rasakan di sisa waktu yang sie miliki..
    Sie gak pernah menyangka sebelumnya kalau pada akhirnya sie punya ‘ayah’..
    Sebutan yang dulu sangat sie harapkan sekaligus sie benci..

    Sekian lama sie menanam kebencian dan rasa tak percaya akan sosok yang disebut ayah..dulu sie berfikir semua ayah pastilah sama seperti ayah sie..

    Tapi perkenalan dengan daddy perlahan tapi pasti mengubah pandangan itu,sosok dad yang lembut,perhatian dan penuh cinta kasih terhadap keluarga tercermin dari betapa bahagia dan semangatnya jika dad menceritakan anak anaknya juga wanita yang dicintainya yaitu mommy..

    Daddy juga yang pada akhirnya meluluhkan hati sie untuk berdamai dengan ‘ayah’ sie sendiri..( Dad ingat kan ketika sie didera keraguan utk bicara pada ‘ayah’ ?)

    Daddy benar,setelah memutuskan bicara pada ‘ayah’,perasaan sie jauh lebih tenang dan damai..gak ada lagi ketakutan dalam diri sie jika tiba saatnya sie pergi nanti..karena sie sudah membebaskan perasaan benci,dendam dan sakit hati yang dulu ditinggalkan ‘ayah’

    Sejak itu fikiran sie benar benar tenang..sie seperti memiliki kekuatan untuk terus bertahan demi semua yang mencintai sie..demi memenuhi keinginan sie suatu saat untuk bertemu daddy dan mengucapkan betapa sie berterima kasih untuk semua yang sudah daddy lakukan..

    … membawa sie mengenal mom lebih dekat lagi..

    Daddy tau gak, mom adalah wanita hebat,wanita yang memiliki hati seluas samudera dan kasih sayang yang tak terbatas untuk anak anaknya
    (termasuk) sie..yang bersyukur di izinkan memanggil beliau dengan panggilan mommy..

    Thanks ya mom..
    Andai mom tau,dengan panggilan itu sie merasa memiliki ‘ibu’ lagi..

    Lengkap sudah rasanya kebahagiaan sassie..
    Memiliki mom and dad juga adik adik yang sie sayangi

    Sie sudah gak takut lagi jika memang harus pergi..

    Karena sie gak sendiri,sie pergi dengan membawa seluruh cinta dari ‘keluarga’ baru sie..

    Daddy dan mommy tersayang…
    Sie juga ingin mengakui sesuatu,kalau sebenarnya sie telah ”berbohong” sama mom juga daddy..
    Sie bohong dengan bilang kalau sie baik baik saja,maaf ya mom..dad..
    Sejujurnya sie udah gak kuat menahan rasa sakit yang terus menerus menggerogoti tubuh sie ini..
    Rasanya sangat menyiksa sekali ..tapi sie gak boleh terlihat lemah..
    Sie gak mau semakin menambah fikiran dan beban keluarga juga semua yang mencintai sie..

    Sie tau harapan mereka untuk melihat sie sembuh sangat besar..
    Sie juga sangat ingin sembuh..tapi semangat aja gak akan cukup..

    Masih banyak yang harus dikorbankan,termasuk waktu dan biaya yang gak sedikit..dan sie sangat memahami kondisi financial keluarga sie..

    Meski mereka sama sekali gak pernah mengeluh dan ikhlas demi kesembuhan sie…
    Sie lah yang harus mengerti..
    Sie bisa merasakan kondisi sie tak pernah berubah dan semakin melemah dari waktu ke waktu..

    Jadi sie putuskan ini adalah pengobatan terakhir yang akan sie jalani…

    Sie sudah ikhlas dan menyerahkan hidup dan mati sie pada Allah yang Maha Kuasa..
    Jika memang sie ditakdirkan berumur panjang maka jadikanlah pengobatan nanti sebagai jalan kesembuhan..

    Tapi jika memang Allah menghendaki Sie harus pergi dengan cara seperti ini sie ikhlas dan siap lahir bathin..

    Maafkan sie ya dad..
    Maafkan sie ya mom..
    Mungkin sie memang bodoh dan terlalu keras kepala..
    Mungkin daddy dan mom kecewa dengan keputusan sie.. Mungkin juga mom dan dad menyesal telah membantu dan mengenal sie..jika pada akhirnya sie harus menyerah kalah..

    Sungguh sie sudah gak kuat lagi..rasanya lelah sekali

    Jika hidup ibarat menonton sebuah film..saat ini sie hanya ingin duduk dibarisan bangku penonton dan menyaksikan episode terakhir perjalanan hidup sie sendirian…

    Seandainya kematian juga bisa dikontrol,sie ingin denyut jantung sie berhenti secara perlahan,lalu sie lelap seperti pingsan dan gak bangun lagi untuk melihat matahari besok..

    Tapi bagaimanapun juga sie faham hidup dan mati itu mutlak milik Allah..

    Sie akan berjuang sekali lagi dan jika ini adalah perjuangan terakhir..sie cuma ingin minta maaf sama dad dan mom,jika belum bisa jadi kuat seperti yang diharapkan…
    Sie tak sehebat yang dad n mom bayangkan..
    Tolong maafkan..
    Tolong ikhlaskan juga apa apa yang sudah mom n dad lakukan..
    Sie juga ingin bilang betapa sie sangat mencintai mom, dad dan adik2 sie meski kita tak pernah bertemu..
    Sie bahagia mengenal daddy..

    Terima kasih ya dad,mom sudah membuat sie merasakan indahnya cinta sebuah keluarga

    Cukup kirim doa buat sie aja..
    Cuma itu yang akan mengiringi kepergian sie nanti..
    Insya Allah sie pergi dengan damai dan senyuman

    Selamat tinggal mom..selamat tinggal daddy sayang..
    Semoga kelak Allah mempertemukan kita dipintu SurgaNYA..Amin..

    Wassallam..
    Anakmu
    Sassie Kirana

Advertisements

82 Responses to “In Memoriam “Sie””

  1. setahun sudah saudara kita di pangil yang kuasa , semoga sasie di tempatkan di tempat yang terindah.Amien.

    mas blue memang banyak menginsirasi banyak orang aku juga sering terinspirasi dari blognya.

    Salam ya sama mas blue di tunggu kedatangannya di blog kami

    • Hi rumahsehatafiat,
      Pertama berkunjung ke blog Adelays… Semoga betah2 ….
      Amanat salam kepada blue sudah saya sampaikan.. semoga beliau berkenan berkunjung kesana…

  2. aq juga pernah membacanya de… semoga Allah mengampuni khilaf dan salahnya dan menempatkannya pada kedudukan yang baik… aamiiin

  3. thanks mas, udah ngenalin sosok sassie..
    dari tadi jd sibuk berkunjung ke blog n baca postingan2nya yang simple, apa adanya, lucu, ceria & banyak kasih pelajaran.
    smoga sassie bisa ketemu ibu dan abangnya lagi dan mendapatkan kebahagiaan disana. amin..

  4. Dia adalah bagian dalam perjalanan bloger untuk kita semua terutama buat keakrabannya bersama blue
    dan blue berharap Sie selalu mendapat tempat yang paling indah disana
    semoga kita selalu bnisa mengakraban persahabatan dari kita untuk kita semua
    salam hangat dari blue

  5. Turut berduka cita bro,aku juga barusan kehilangan tetangga saya semalem.Semoga sie mendapat tempat yang layak di sisinya amin.sungguh masih mudah sekali untuk kembali ke pangkuannya.Namun begitulah kehendak Tuhan.

    • Hi Aisha… Giliran saya yang mengucap turut berduka sis…
      Semoga mendapat tempat yang layak juga disisi Allah… Amiin…
      Begitulah takdir kalau sudah dituliskan, Allah maha berkehendak.

  6. Assalamu’alaikum, saya pernah membacanya, semoga Allah Swt mengampuni segala dosa dan menerima segala amal serta memberikan tempat yg baik disisi-Nya, amin (Dewi Yana)

  7. Assalamu’alaikum

    Semoga Sassie sentiasa aman dan mendapat yang terbaik di sisi Allah setelah melalui banyak ranjau kehidupan yang memilukan. Tidak terbayang beratnya derita yang ditanggung kalau saya berada di tempatnya. Dia cukup tabah menerima takdir Ilahi. Saya sangat kagum.

    Sangat sulit (jarang) menemukan orang2 seperti Mas Adelays atau Blue yang mempunyai kedamaian pada setiap tulisannya terhadap orang lain. Saat membaca postingan mas ini, hati menjadi terharu malah menitiskan air mata. Bahasanya mengalun tenang seakan menenggelamkan pembacanya (saking tenangnya nggak kerasa kalau tenggelam dengan air mata).

    Terima kasih mas, karena sudah berbagi rasa dan jiwa dalam mengisahkan kehidupan lampau Sassie yang belum saya kenal dalam kehidupan di dunia ini sesudah tutup usianya.

    Yah…menurut saya, orang yang ingin berbuat baik saja bisa punya keyakinan untuk menulis yang cenderung mengajak orang untuk berbagi dalam kebaikan. Dengan menulis kita membelajarkan diri untuk melakukan hal baik yang telah kita tuliskan.

    Saya banyak mendapat pencerahan dari tulisan Mas Adelays. Semoga kita selalu dalam petunjukNya. Amiin

    Wassalaam.

    • Waalaikumsalam Sri Dewi Malam,
      Kisah yang sangat menginspirasi kita untuk selalu ingat pada Yang Maha Kuasa. Keep sharing Sri Dewi Malam….

      Wassalam.

  8. pagi, mas adelays….
    hmm, pagi2 udah baca cerita yg sedih…hihihi
    *terharu dan ngelap tisu*
    sayang bgt ya sie hrs pergi secepat itu…
    pdhl sie msh muda, mungkin seumuran vany kali ya…
    semoga sie bahagia disana dan mendapat tempat yg layak di sisi-Nya…
    amin….

    • Hi Vany.. pagi juga.. (tapi udah siang denk jawabnya..)
      Kisah ini menginspirasi Vany dan kita semua untuk menghargai hidup yang singkat.
      Amiin. untuk doanya…

  9. Kaka… thanks for share… so touching!!…

  10. membaca tulisan ini membuat saya ikut merasakan perjuangan sie dalam memperjuangkan hidupnya.. tulisan-tulisan dia menjadi inspirasi banyak orang melalui review adelay yang tersusun apik..
    salam kenal adelay ^^

  11. saya juga turut mendoakan
    smoga sahabat diterima disisina
    amienn

  12. semoga ia bisa kembali bertemu dengan orang-orang yang ia cintai di sana.

  13. bunda pernah membacanya De’,walaupun bunda jg gak pernah tau siapa Sie sebenarnya,baru tau jg kalau ternyaat Sie sudah setahun yg lalu meninggal dr blognya Septarius (http://septarius.wordpress.com).
    Semoga Allah swt menerima segala amal ibadahnya Sie, dan menempatkan Sie di surgaNYA,amin.
    salam

    • Bunda…
      Walaupun tidak pernah mengenalinya secara langsung, namun tulisan dari blognya sangat informatif. Kita bisa mengenal almarhumah dari kedekatan tulisannya di blog itu.

      Amiin bunda atas doanya…

  14. Sebelumnya aq pernah sempat dengar ada seorang blogger yg meninggal… dan smpe sekarang aq blm pernah baca. tapi dr cuplikan kata-katanya, Sassie ini orangnya cerdas, pantas di sebut seorang Blogger,
    Semoga sekarang Sassie bahagia di sana dan berkumpul dengan orang-orang yang dicintainya…

  15. Baru tau nih…
    Semoga penyakit yang pernah dialami Sie menjadi penghapus bagi dosa2nya, karena dari tulisannya (insya Allah) Sie ikhlas menerima ketetapan Allah pada dirinya…
    Semoga almarhumah mendapatkan tempat yang terindah di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala…
    😥 😥

  16. Saya tahu tentang Sie dari artikel Septarius… menyentuh sekali . jujur kagum dengan sosok tegar almarhumah ini, semoga amal ibadah Sie diterima di sisi Allah SWT

  17. Setuju dengan Mamah Aline..
    Dan saya mengaminkan doa Mamah Aline

  18. *ngapus air mata* setahun yang lalu teman blog (hejis) mengirim pesan duka tentang sassiekirana ke fesbukku, baru tau dari blognya mas adelays tentang penderitaan sie melawan penyakitnya semasa hidupnya, gak kerasa ya udah setahun.
    mas linknya aku borgol ya, hehehe

  19. T_T, saat ini pasti sie tengah bahagia di dunia yang lebih abadi, kita yg masih hidup, bukankah gi nunggu dipanggil?

  20. turut berduka cita sobat…semoga amal ibadahnya diterima disisih Allah amin…..

    • Hi Farus…
      Apa kabar ? Duka ini menjadi pelajaran kepada kita semua untuk Ingat, bahwa usia kita bisa sewaktu2 dapat diambil oleh Pemiliknya….

      Amiin atas doanya.

  21. Terharu baca posting ini, Adelays…
    Betapa luar biasa ketegaran yang dilalui Sie dalam menapaki garis hidupnya. Betapa kuat hati Sie untuk menerima apapun yang menjadi takdirnya.
    Semoga Sie mendapat tempat terbaik disisi-Nya dan dapat berkumpul kembali bersama ibu dan kakaknya di surga…
    Amin.

    • Kisah Sie benar-benar menginspirasi, ketegaran dan perjuangan hidupnya patut dicontoh. Mas adelay menguraikannya dengan sangat apik dan pesan yg terkandung dpt diterima dg baik.
      semoga sie dapat diterima disisiNya dan goresan kisah yang dia tinggalkan dapat menginspirasi byk orang. amin…

    • Hai Mbak,
      Selain tegar, ia juga seorang yang tidak gampang mengeluh walaupun apa yang dirasakannya begitu menyiksa dirinya.
      Kita doakan ya mbak…
      Amiin….

  22. sedih banget bang
    hiks hiks
    luar biasa
    saya malu dengan diri saya sendiri

  23. Sebuah nama yang tak terlupakan bagi aku ,sebuah pengalaman hidup yang tak terlupakan dalam kehidupan mayaku. Kisah seorang sahabat kita yang sama sekali aku tak lupakan . Sebuah komentarpun pernah nyakut di blog kawanlama95 sebuah kata yang sangat spontan dan saling menguatkan tentang persahabatan.

    inilah koment yang pernah nyangkut di blog kami waktu masih di blogspot

    “Ya ampun..kok bisa mirip yaaa..
    Sie barusan hari ini mau posting tentang sahabat he he..ntar lagi mau dipublish kalo sempet mampir lagi ya he he he

    Btw puisinya bagus,memang gak akan habis kata jika bicara tentang seorang sahabat..
    Gud luck ya..
    Keep good writing”

    komentar ini bagiku tak terlupakan.Ternyata sahabat kita ini di pangil lebih dulu .

    Aku membaca postingan ini , air mataku keluar tanpa bisa dihindari(maaf terlalu cengeng rupanya aku) Semoga ini mengingatkat kita semua dan saling mengingatkan .Bahwa kehidupan hanya sementara. dan dimasa inilah kita sama-sama berkarya untuk kebaikan . Berbagi ilmu yang bermanfaat dan saling menguatkan satu sama lain.

    Terima kasih atas postingannya
    informasi saja , tadi pagi aku sedang dilapangan ke beberapa tempat . Tiba-tiba kendaraan yang kubawa terhenti persis di depan sebuah perumahan di daerah gandul cinere , bernama sasie kirana. Ternyata ada juga perumahan namanya persis dengan sahabat kita . hmm aku langsung jadi teringat sahabat kita ini.

    Selamat malam , maaf kepanjangan

    • Hi Kawanlama,
      Beruntung telah mengenalnya terlebih dahulu semasa ybs. masih hidup. Saya hanya mengenal Sie saat ia sudah tiada. Tapi saya tidak menyesal karena tulisan-tulisan yang ditinggalkannya membuat saya tetap merasa dekat. Suatu hal yang luar biasa mengingat blog tersebut telah ditinggal oleh pemiliknya untuk selama-lamanya.

      Kawanlama pastilah bukan orang pertama yang sangat terharu dengan Sie, apalagi pernah berinteraksi langsung dengannya, sehingga bukanlah hal yang cengeng namun sangat menyentuh sekali…

      Hmm.. saya sendiri baru tau di daerah Gandul, Cinere ada Rumah dengan nama almarhum.. jangan2 Rumah itu didirikan karena mengenang beliau…

      Tidak apa mas… saya cukup senang karena antusias menulis disini sampai kepanjangan… Saya senang karena keberadaan Sie ternyata bisa menginspirasi banyak orang….

      Selamat Malam Kawanlama….

  24. Hai mas Adelay,,

    Akhirnya,,jd juga komen ini.. Tulisan mas Adelay ini membuat saya penasaran untuk membaca blog nya Sie..dan blog nya itu lucu, sedih dan bikin campur aduk perasaan,,apalagi pas membaca catatan tertinggal,,biasanya aku tau adanya catatan tertinggal itu kl nonton film..tp ternyata itu betul2 ada di blog nya Sie..
    Dari sini aku mengambil pelajaran bahwa so many things happened on this earth at the same time…jd selalu buka mata dengan kejadian apa pun di sekitar kita.. (hehe hikmahnya kejauhan ya..tp itulah yg aku dapat…)
    Thanks ya mas sudah mengingatkan hal itu lewat tulisan ini..nice post.. =)

    • Hai.. Pratiwi….
      Alhamdulilah.. akhirnya jadi juga commentnya.. Speechless kah… dirimu…
      Hehehe… nggak papa Tiwi, walaupun kejauhan yang penting hikmah itu bisa sampai dan menginspirasi untuk melakukan hal-hal yang lebih baik….

      Thanks juga ya.. buat Tiwi atas commentnya…

  25. begitu harum namanya, dan ayo ambil pelajaran darinya.

    salam hangat.

  26. malam minggu,om
    semangat y
    salam hangat dari blue

  27. Salam manis di hujung pekan mas Adelays. Belum punya posting baru lagi mas. Ditunggu nih.

    Semoga bahagia dan dirahmati Allah selalu. 😀

    • Hi Sri Dewi..
      Masih belum.. karena waktunya digunakan untuk kegiatan yang lebih menyita waktu…
      Insya allah secepatnya akan menulis Kembali.

      Amiin atas doanya..

  28. Hai Adelays…. belum ada postingan baru ya….
    masih berduka aja…
    Btw aku sudah baca-baca blognya Sasie ini menyentuh banget…

    • Hi Yuniarinukti..
      Masih berduka nih.., tapi bukan karena tulisan terakhir…
      kebetulan karena ada rekan kantor yang meninggalkan kita untuk selama2nya…

      Hehehe.. Menyentuh apa nangis..???? 🙂

  29. coment postingan baru aku yahhh…..thanxs

  30. malam kawan bergejolak hati nan sahdu mewarnai bumi. saat hati terpekur memangil sukmamu yang hilang

  31. membaca ini, membuat dada ku sesak, merinding dan tangisku pun pecah. orang baik dan kuat seperti sie, akan mendapat tempat terindah di sisi Allah.

  32. Saya mengikuti cerita Sas ini dari awal ketika ia berpulang… agak merinding juga betapa ternyata power of blog bisa sedemikian kuat menarik orang-orang untuk bersimpati atas kepergiannya.

  33. …. SubhanaAlloh.. i cannot say anything, just let the tears drop down…

  34. kematian, sungguh, begitu dekat. kita upacarai, kita kenangkan di hati.
    allahummaghfirlaha, allahummaghfirlaha warhamha…

  35. tetap menanti postingan om
    salam hangat dari blue

  36. hiks…kenapa jadi sararedih gini ya…

  37. cuma ingin nyapa ade saja, semoga baik2 selalu, sehat dan dimudahkan urusan2nya oleh Allah… aamiin

  38. sama seperti flo, semoga mas ade baik2 aja oke, oya mas ini rumah baru saya, mampir ya, izin nacep link juga, kl gak kberatan mohon di backlink. tq mas

  39. Knock….knock….knock
    Mas adelay kemana ya?
    Koq gak da yg bukain siyh?
    Pulang lagi ah…. 😀

  40. Iya, saya baru tahu Sasie di akhir tahun kemaren.
    waktu itu saya baca di hampir semua postingannya 😥

  41. nama yang tidak asing … semoga damai menyertainya dan mendapatkan tempat yang indah di sisi Pemilik Hidup

  42. saya belum sempat kenal ama sasie karena saya newbie banget..tapi setelah baca postingannya tadi..saya terharu banget..gadis yang kuat…semoga Sie mendapat tempat yang layak disana Amin…

  43. Air mata ini berderai…Sungguh mengarukan….Cobaan demi cobaan dilaluinya, semoga Sie mendapat naungan syurga-Nya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: