Your Brain Is Like A Sleeping Giant

Mungkin tidak semua orang menghadapi masalah, jika harus mengingat sebuah daftar panjang, dalam waktu yang singkat, Dibawah 5 (lima) menit saja, tidak lebih !  Bukan sulap ataupun magic, bukan pula pekerjaan paranormal apalagi  sihir.  Saya, adalah orang yang tidak punya kelebihan itu.

Bagaimana dengan anda ?

Kala itu belum genap pukul empat sore,  hiruk pikuk tepuk tangan bagi seorang presenter seolah tak perduli oleh hari yang tertutup awan mendung diluar sana. Aku mendapati diriku sedang tercengang oleh riuh rendah banyak orang yang duduk, pula yang berdiri, diantara jajaran rapi rak-rak buku, manakala menembus cahaya hangat lampu dalam dinginnya AC di sebuah toko buku, di sebuah mall megah di Lippo Karawaci.


Presentasi itu tak jua meredup pamornya, lantaran sang presenter benar-benar mampu merebut hati melalui kekuatan fikirannya, walaupun pengeras suara yang menggema di seluruh sudut ruangan sekali-sekali terhenti karena gangguan teknis. Presenter itu mengundang decak kagum dalam menghafal sederetan angka dalam matrix 10 X 5. Walaupun penonton dapat melihat tampilan tersebut pada layar, sementara ia membelakanginya, nyatanya ia menyebutkan angka-angka itu dengan tepat, bahkan ia  pun mampu menyebutkan posisi dimana saja angka itu berada.

Otak  ini seakan membeku, karena takjub akan kesanggupannya menyebutkan sejumlah daftar benda yang yang dihimpun dari para hadirin. Sebuah pertanda bahwa ia tidak mengarang, tak jua sedang memainkan sulap ataupun aksi bak seorang mentalist sekaliber Deddy Corbuzier . Tidak berlebihan jika seorang Tony Busan sang penemu “Mind Mapping” kelahiran London Inggris 2 Juni 1942 menyebut  “Your Brain Is Like A Sleeping Giant”  Otak anda laksana raksasa yang sedang tidur. Dikatakan tidur lantaran belum setiap manusia  menggunakan kemampuan supernya secara maksimal .

Otak Kanan dan Kiri Gambar diambil dari Google

Simultan kerja kerja otak kanan dan kiri manusia ternyata membuat Ilmu Mind Mapping yang dikembangkan oleh Buzan dipercaya sebagai kekuatan baru manusia dalam memaksimalkan potensi otak manusia yang diperkenalkan sejak tahun 1974. Apa yang dilakukan oleh presenter ini -yang tentunya bukan presenter dadakan- menunjukkan betapa dahsyat sesungguhnya potensi otak manusia itu.

Tanpa memaksimalkan potensi 100.000.000.000 sel otak kanan dan kiri, mampukah kita secara cepat memahami dan menyerap informasi ?  Jawabannya mungkin bisa saja, tapi pertanyaan selanjutnya yang akan muncul adalah, berapa lama kita mengingatnya ?  Mungkin tidak lama.  Karena itu proses How to Learn, kemudian menjadi demikian penting untuk dipelajari.

Melalui gambar otak kanan dan kiri manusia, ia kemudian melanjutkan penjelasannya dengan bersemangat. Rasa ingin tahu ini semakin menjadi saat seorang peserta mencecar, bagaimana ia dapat menghafal begitu cepat, namun dengan sabar ia menerangkan bahwa diakhir session akan ia buka rahasia itu.

Detik demi detik penjelasannya yang lugas membuat waktu berjalan terasa begitu cepat sampai tiba di akhir sessi. Tulisan yang tertera pada layar hanyalah dua baris saja, seolah tak membuat rasa ingin tahu ini menjadi tuntas tanpa penjelasannya. Bagaimana mungkin :

  1. Asosiasi
  2. Imajinasi

dapat membuat ia membuktikan bahwa kita semua sanggup menjadi demikian hebat menghapal?  Audience terdiam seribu bahasa, menunggu gerakan bibir yang tak kunjung berucap.

Asosiasi diterjemahkannya sebagai: sistem mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi satu dan informasi lainnya, dengan suatu aksi yang mengikatnya. Seberapa kuat seseorang menghafal, tidak lepas dari proses peng-asosiasi-an ini.Keseimbangan otak kanan dan kiri menjadikan kerja otak optimal, dan akan menjadikan  daya ingat lebih lama.

Saat saya mendengar kata “Buah Apel”, otak langsung meng-asosiasikan sebagai buah yang berwarna merah atau hijau, rasanya mungkin manis, mungkin juga asam, bentuknya bulat dan biasanya besarnya segenggaman tangan, begitulah otak manusia menggambarkannya di otak kanan. Berbeda dengan urutan huruf-huruf : A + P + E + L yang diterjemahkan oleh otak kiri. Bagaimana dengan anda mengasosiasikannya, l buah apel ataukan A + P + E + L ?

Untuk membuktikan How to Learn dalam menghapal cepat, saat itu Sutanto Windura sang presenter yang memegang sertifikasi Buzan Licence Institute itu,  mengajak para peserta untuk menghapal secara bersama-sama sebuah List / daftar, lalu kemudian bersama-sama pula  mengasosiasikan nya. :

  1. Kepala
  2. Mata
  3. Hidung
  4. Mulut
  5. Telinga
  6. Leher
  7. Dada
  8. Perut
  9. Kaki
  10. Tangan
  11. Pintu
  12. Papan Nama
  13. Spanduk
  14. White board
  15. Atap
  16. ….
  17. ….
  18. ….
  19. ….
  20. ….

Ia kemudian mengajak peserta termasuk saya untuk meng-imajinasikannya seperti ini :

Ada APEL di atas 1.kepala,

Ada KUACI masuk ke 2. mata ,

Bulu 3.hidung berupa RUMPUT,

makan CABE di 4. mulut ,

Anting-anting di 5.telinga berbentuk CANGKIR,

Ada PENGGARIS  menjadi kalung di 6. leher,

Hati didalam 7.Dada ber BUNGA,

8.Perut gendut karena BOLA,

9.Kaki ke SEMUT an, KANGKUNG di 10.tangan,

Dihadang KURA-KURA di 11.Pintu,

Ada TOPI tersangkut di 12.Papan nama,

Ada SEPEDA bersandar di 13. spanduk,

Gambar KACAMATA  di 14.whiteboard,

COCA-COLA tumpah dari 15.atap

Nyatanya, daya serap otak telah mengalami revolusi  how to learn. Ketika diuji,  saya mendapati diri ini cepat dan mudah menghapalkan sederetan list yang tertera di papan karena asosiasi dan imajinasi. Lebih dari itu, daya tahan terhadap ingatan itu pun lebih  kuat, sebagai tanda-tanda bangkitnya sang  Sleeping Giant.

Tidak percaya ?  Boleh uji kalau ketemu dengan saya !

Advertisements

58 Responses to “Your Brain Is Like A Sleeping Giant”

  1. Assalaamu’alaikum

    Pertama di pagi yang ceria ini, saya amat bahagia dapat membaca ide-ide berkesan yang terhasil hebat dari tulisan mas Adelays berhubung komposisi dua otak yang mengkagumkan.

    Hmmm.. your brain is like a sleeping giant.. saya harap gergasi saya sedang bangun untuk membawa saya meneroka dunia otak dengan lebih pantas.

    Nanti saya kembali semula mas kerana waktu ini tidak bersahabat dengan saya untuk berlama.

    Semoga bahagia. Wassalaam.

  2. Yup, otak manusia memang sangat dahsyat bila kita bisa memaksimalkannya. Dan salah satu caranya seperti yang diceritakan oleh mas Adelays ini. Menurut presenter itu rahasianya adalah “asosiasi dan imajinasi”. Artinya kita harus sering berlatih membuat asosiasi dan mengimajinasikannya dalam otak kita. Karena saya fikir asosiasi yg kita buat juga harus yang familiar dengan kehidupan kita sehari-hari yah…Wah Jadi pengen nyoba nih. Thanks sharing nya mas Ade.

    • Halo Mbak Rita Susanti..Apa kabar ??
      Yep.. Rita bnar… kita harus membuat asosiasi yang familiar dengan kehidupan sehari2.

      Silakan mencoba dan insya allah sukses

  3. makasih ilustrasi nya
    smoga aku juga bisa menghafal dgn cepat hehehe

    😀

  4. tentang mengaktifkan otak kanan, bunda pernah baca bukunya Donald.H.Pink.
    disini baru tau ,kalau latihannya malah dgn imajinasi dan asosiasi.
    tentunya utk memudahkan imajinasinya diasosiasikan dgn hal2 yg kita temui sehari2 dan akrab dgn kita ya De’
    terimakasih utk info yg bermanfaat ini.
    salam

  5. Ilmu yang luar biasa, betapa otak yang ‘sekecil’ iyu ternyata mempunyai kekuatan menghafal dan mengingat yang sangat besar!
    Adelays, makasih udah berbagi ilmu, kalo ada yang cerita masalah ini, saya makin nyambung deh ; )
    Asosiasi dan imajinasi…sip, akan saya ingat dengan baik…

  6. Hmm… Aku termasuk yang lamban dalam mengingat 🙂
    Mungkin perlu latihan sperti ini juga ya 🙂

  7. jadi pengen ketemuan dengan mas adelay nih hehe..biar nanti ajarin anak anak saya…gratiskan..
    salam hangat.

  8. gagal pertamax deh…..:)

  9. wah, jd ingat kuliahkuw, mas…
    ttg otak kiri dan otak kanan…
    eh, bsk pagi aku jg ktm mata kuliah ini lg siyh…hihihi

    ide menghafalnya boleh juga, pak guru…
    mau nyoba ah… 😀

    btw, ym-muw apa, mas?
    kalo kita chat kyknya seru jg nih… 😉

  10. Pengelolaan otak yg baik akan menghasilkan esuatu yg luar biasa.Yuk, memanfaatkan fungsi otak dgn maksimal?

  11. wahhhh nice post nih mas, nyoba ah nerapin.

  12. malam!
    wah kalao blue ada otaknya tidak y….hehehe lari sebelum kena bolgem dari om
    salam hangat dari blue

    mantab

  13. Hah??gimana maksudnya y mas cara menghapal kata-katanya *bloon mode on…
    apakah kata-kata “your brain is like a sleeping giant” berlaku juga buat manusia yang otaknya udah korslet atau hang ya??hehehe

    • Hi Tiwi…
      Your brain is like a sleeping giant kayaknya masih berlaku buat yang koslet kali yaa… sepanjang kerusakannya masih dalam taraf wajar-wajar aja.

  14. hohoho.. boleehhh! kapan mau diuji *ketemu maksudnya* huahahaha…

    btw, kalo sayah dulu waktu sma, diajarin menghafal pake jembatan keledai *entah kenapa dinamain itu*, waktu sma sih apal tuh tabel unsur periodik dengan cara itu. xixixixi…

    btw lagi, kalo ngeblog itu kerjaannya otak mana ya?
    trus kalo pikun berarti ada pengurangan kinerja otak atau gimana? ayyooo disharreeee… sayah tunggu jawabannya.
    nanti sayah balik lagi ya

    • Boleh aja diuji.. kapan maunya 😀 Quinie…
      Kalo ngeblog, … hmmm..

      Coba lihat deh digambar diatas yang judulnya “Otak kanan Otak kiri” sepanjanng masuk jajaran stories.., dan picture , masuknya ke otak kanan. Nulisnya sendiri masuk ke otak kiri.

      Itulah makanya adelays blog ini, sebisa mungkin memasukkan unsur2 yang mengundang otak kanan dengan banyak gambar dan bercerita se’mengalir’ mungkin dengan harapan pembacanya senang dan betah…

      Itu harapannya lho..
      Amiien..

      • btw, tentang pikunnya blom dishare… ditunggu…

      • btw, ngeblog bukannya masuk left ya? write, logic, verbal?

      • Apa yang adelay maksud diatas adalah, saat pembaca melihat blog ini yang banyak gambar dan ilustrasinya, saya mengajak pembaca menggunakan otak kanannya untuk mendapatkan ilustrasi dan imajinasinya. Walaupun sebenernya ngeblog masuk otak kiri.

        Saya tambahkan editing comment diatas untuk memperjelas maksudnya, quin.. Thanks atas masukannya.

  15. de.. kamu tiba2 berubah jadi psikiater kek gini….
    aq pingin nyapa saja, semoga kamu baik2 selalu yaa’.. maap lama ga kontak… 😦

  16. benar juga, daya ingat bagi otak terbantu karena asosiasi dan imaji, seperti contoh diatas… ini sharing ilmu yang benar-benar menarik untuk dikaji…kekuatan pikiran bisa diasah juga kalo kita terus mencoba

  17. beberapa waktu yang lalu saya tiba-tiba banyak lupa..dari lupa simpan kunci, sampai-sampai waktu parkir kendaraan diparkiran sebuah mall saya lupa memarkirkan dimana,,, haha..^_^

    sapertinya saya harus terus melatih sinkronisasi otak kanan dan kiri saya nih… 😀

    terimakasih mas adelay,, tulisannya selalu menginspirasi…

    (jejak yang sempat tertunda kemarin, ga jadi komentator pertamax deh.. ;p)

    • Yusfa… terima kasih atas commentnya..
      Semoga inspirasinya bisa jadi manfaat buat singkronisasi otak kanan dan kiri.

      Gapapa.. next time pertamax deh ya…

  18. bagus ya ilustrasinya. pengen belajar juga 🙂

  19. Assalaamualaikum

    Apa khabar Mas Adelays ?
    Kembali untuk bergabung semula bersama mas Adelays dalam membicarakan “A sleeping Giant” yaitu otak sebagai sang raksasa yang sedang tidur, belum dibangun dan disadarkan. Saya mengagumi otak sebagai alat berfikir karunia Allah yang kapasitasnya tidak terbatas.

    Kita perlu melatih pikiran kita untuk berfikir secara kreatif dan inovatif. Kreatifitas dan inovasi tersebut telah diulas dengan baik oleh mas melalui tulisan atas keahlian dan kepakaran presenter dalam menerangkan potensi hebat otak manusia dalam teknik menghafal melalui proses gabungan antara asosiasi dan imaginasi.

    Ternyata otak jika tidak dibangun dan digunakan semaksimal mungkin cukup merugikan. Kita banyak memanjakan otak daripada memaksimalkan manfaatnya.

    Menurut saya mas, melalui proses pemikiran kita akan menjadi manusia yang dapat mencerna ide dengan lebih berkesan. Saya setuju bahwa manusia suka mencari jawaban bagi suatu persoalan yang tidak jelas. Melalui pemikiran yang tidak jelas ini, kita dapat merangsang daya imajinasi untuk mencari penafsiran-penafsiran dan ide-ide baru.

    Tuhan menganugerahkan manusia dengan akal serta kekuatan mengingat secara berbeda-beda. Manusia yang lahir dengan daya ingat yang kuat memiliki salah satu kekuatan mental yang sangat berharga. Ingatan adalah suatu perbuatan mujarad atau tidak dapat dilihat, tidak bisa dirasakan tetapi diketahui kewujudannya.

    Namun begitu mas Adelays, saya berpendapat dan menegaskan : adalah lebih baik kita memahami sesuatu pelajaran dibandingkan jika menghapalnya karena proses memahami akan lebih kekal lama daripada menghapal. Walau bagaimanapun jika keduanya digabungkan akan lebih banyak memanfaatkan kerja otak.

    Terima kasih mas atas sharing yang amat berguna. Saya kagum dengan usaha penulisan yang semakin mantap dan berkhasiat serta banyak nutrimennya. Wah… saya kenyang sekali dihidang dengan ilmu sebegini mas. Mudahan Allah selalu melindungimu dan merahmatimu.

    Semoga bahagia di hujung pekan dengan aktivitas yang bermanfaat buat diri dan keluarga di sana.

    Wassalam.
    Sri Dewi Malam

    • Waalaikum Sri Dewi,
      Terima kasih atas komentarnya. Memang dalam menghapalkan juga perlu proses mengerti, walaupun tingkat mengerti yang diharapkan mungkin bisa saja berbeda dengan yang diharapkan.

      Tidak mungkin kalau hafal tanpa proses mengerti setidaknya apa yang dihapalkan.

      Terima kasih sekali lagi…

      Wassalam.

  20. – 16 may –
    Artikel yg bagus buat menggugah otak biar lebih hidup & balance.
    thanks for sharing Om Adelay

  21. interesting article! wajib dicoba!! hehehe biar balance otak kiri and kanan harus sering dipergunakan ooops kayak F1- adelay aja (klo ga balance, ga bakalan close) hehehe
    thanks mas buat share great article.. love it!

  22. liat gambar otak kiri&kanan jadi inget kata dosen, katanya klo banyak menggerakkan tangan kiri maka yang berkerja otak kanan dan begitu jga sebaliknya 😀 ternyata emang bener lho (buat saya xixixixi…)

  23. Assalamu’alaikum, Mas Adelys, maaf, baru bisa berkunjung sekarang. Subhanallah… tulisannya bagus sekali, cobalah sekali2 menulis buku, InsyaAllah, akan bagus jadinya. Ilustrasi yang bagus, patut dicoba (Dewi Yana)

    • Iya Mas Adelys, seorang yang saya kenal baik, memuat salah satu tulisan saya di blog ini, diganti judulnya dan dimuat di facebook sebagai tulisan dia, tanpa ijin, tanpa menyebutkan sumbernya dan minta maaf pun tidak. (Dewi Yana)

  24. luar biasa bang
    keren pisan
    tapi saya masih bingung yang dihubunghubungkan sehingga membentuk imajinasi
    berarti imajinasi kita harus jalan
    hehehe

  25. ini yg sellau blue banggakan dari om
    hebat
    berpengetahuan yg bijak
    salam hangat dari blue

  26. semangat semangat om
    salam hangat dari lue

  27. luar biasa!
    semoga, suatu hari nanti saya bisa menguji anda…
    hehe, salam hangat.

  28. mana semangatnya
    salam hangat dari blue

    • Tetap semangat juga blue…!
      Masalah waktu aja blue.. ide dan sebagian posting sudah masuk. Finishingnya yang butuh ‘sentuhan’, hehehe..

      THanks blue.. sudah memotivasi!

  29. nice post… btw, yg 11 itu kura-kura ato pintunya ya? 😀

  30. salam kenal mas ..
    terimakasih infonya. berguna sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: