Pemain ke 12

 

Pemain Ke 12

Pemain Ke 12

Gawang The Azkals,  julukan bagi kesebelasan yang dikawal penjaga gawang yang merumput di English Premiere League (EPL) Inggris Neil Etheridge bobol di menit ke-31, melalui sundulan kepala Christian  Gonzales. Tim Filipina yang diasuh oleh pelatih asal Inggris Simon McMenemy harus mengakui keunggulan anak-anak asuhan Alfred Riedl asal Austria.

Gol itu menjadi gol tunggal semata wayang yang mengukuhkan kemenangan tim Garuda dalam leg pertama Semifinal Piala AFF yang dahulu bernama Piala Tiger dan diikuti oleh negara-negara Asia Tenggara itu. Eva Siregar, sang Istri Striker Tim Nasional (Tim Nas) yang berjuluk “El Loco” atau “Si Gila”, mengatakan bahwa hal tersebut tak lepas dari berkah sholat tahajjud yang dilakukannya sekeluarga semalam sebelum pertandingan berlangsung.

 

Stadion

 

Antrian

Antrian

Pada leg kedua pun, pria kelahiran Montevideo 30 Agustus 1976 asal Uruguay dan menjadi pemain pertama sepak bola naturalisasi Indonesia bernama lengkap Alfaro Gonzales Cristian itu, kembali menyumbangkan gol tunggal bagi Indonesia melalui sepakan kaki kirinya dengan kualitas dunia, merangsek gawang kiri atas yang tak dapat dijangkau Etheridge pada menit ke 42.

Stadion GBK

Stadion GBK

Gonzales menjadi pemain naturalisasi sejak 1 Nopember dan langsung memperkuat Tim Nas setelah sebelumnya bermain di Liga Indonesia sejak tahun 2003 lalu. Sejak menikah dengan Eva yang pertama kali bertemu di Chile 1994 ketika menimba ilmu di negara latin tersebut dan menjadi Muallaf, mereka memutuskan untuk hijrah ke Indonesia. Gonzales terbukti menjadi predator yang subur bagi timnya dan menjadi top scorer selama lima musim  kala berlaga bagi  PSM Makassar, Persik Kediri, dan saat ini Persib Bandung.

 

Striker Irfan dan Gonzales

Lepas dari kepiawaian seorang Gonzales, permainan tim yang  agresif menjadi saksi kegemilangan Firman Utina dan kawan-kawan dalam laga away yang seharusnya dilaksanakan di Filipina itu. Filipina tidak diperkenankan menjadi tuan rumah pertandingan karena panitia AFF menilai mereka tidak memiliki stadion yang memenuhi syarat.

Filipina mencapai semifinal pada laga AFF saat ini,  sudahlah merupakan suatu prestasi yang luar biasa, karena sebelum diperkuat oleh sembilan orang pemain naturalisasi setiap tim akan mengincar Filipina untuk menjadi lumbung gol, ujar Simon Mcmenemy. Ia menambahkan, dukungan tim Indonesia sangat luar biasa. Saking luar biasanya sampai-sampai mengganggu koordinasi permainan timnya. Di negaranya Filipina hanya ditonton paling banyak 3000 orang penonton saja.

Salahsatu Fans Irfan Bachdim

Salahsatu Fans Irfan Bachdim

Dukungan supporter yang antusias dihadapan sebelas pemain terbaik yang mewakili Indonesia seolah menjadi kekuatan tambahan bagi mereka. Gemuruh satu stadion yang menurut Ketua PSSI Nurdin Khalid dapat diisi oleh total 88.000 penonton membahana, saat pembukaan pertandingan yang ditandai dengan dinyanyikannya lagu kebangsaan Indonesia Raya mengisi semua ruang Stadion yang dibangun pada zaman Bung Karno itu.

Saat Lagu Indonesia Raya Berkumandang

Saat Lagu Indonesia Raya Berkumandang

Saya beruntung menjadi saksi atas kemenangan tim Garuda dan ikut mendukung Tim Nas menyanyikan lagu kebangsaan bersama dengan seluruh penonton. Bulu kuduk ini merinding karena bangga dan haru. Seluruh penonton pun antusias.

Tidak sampai disitu saja, yel-yel pun diteriakkan. Lagu-lagu yang membakar semangat juga dinyanykan, seperti “Garuda Didadaku” yang dipopulerkan oleh Group Netral. Teriakan-teriakan khas pendukung sepak bola diiringi tabuhan drum dan genderang bertalu talu seantero stadion. Tidak itu saja, penonton juga memberikan gerakan tangan secara kompak bergelombang.

Dukungan Supporter

Dukungan Supporter

Tidak saja kompak dalam yel-yel dan gerakan-gerakan yang berkomando yang banyak dimotori oleh The Jackmania, secara kompak para penonton menggunakan kaos berlogo Garuda yang berwarna merah yang menjadi seragam Tim Nas, dibalut syal-syal bertuliskan Indonesia dengan padu padan warna bendera Indonesia, stiker, dan terompet, topi dan berbagai properti lain yang juga menjadi berkah bagi pedagang-pedangang kaki lima yang menjajakan berbagai pernak-pernik kesebelasan yang dicintainya.

Pernak Pernik Pemain ke 12

Pernak Pernik Pemain ke 12

 

Menonton langsung pertandingan didalam stadion memiliki atmosfernya sendiri jika dibandingkan dengan menonton di televisi. Tidak ada siaran ulangan ketika gol berhasil dilesakkan, namun 80.000 pasang mata memilih hadir dengan merogoh kocek antara Rp. 50.000 – Rp. 500.000  itu toh tidak menyurutkan antusiasme penonton.

Jual Kaos TimNas Indonesia

Jual Kaos TimNas Indonesia

Para pemain ke 12 itu rela mengantri tiket demi mendukung kesebelasannya bertanding. Mereka  mendukung Tim Nas sesuai kasta kemampuannya masing-masing, mulai tiket VVIP dijual Rp. 500.000, VIP Barat Rp. 350.000, VIP Timur Rp. 250.000, Kategori I Rp. 150.000, Kategori II Rp. 100.000 dan Kategori III Rp. 50.000.

Simbiosis

Simbiosis

 

Papan Skor

Maju terus Tim Garuda, walaupun leg kedua saya tidak hadir langsung ditribun penonton, namun dukungan dan doa kami selalu menyertaimu melaju ke Final menghadapi Malaysia sampai Juara. Bravo Tim Nas Indonesia !!!

 

My Original Ticket

My Original Ticket

Advertisements

60 Responses to “Pemain ke 12”

  1. INDONESIA……INDONESIA….INDONESIA…….
    akhirnya pertama x juga ……….ke final…..
    hihi

  2. cie cie boss ku in action tuuuuh hehehehe

    Bangga dengan TIMNAS INDONESIA!! majuuu terus.. doa kami selalu menyertaimu melaju ke Final menghadapi Malaysia sampai Juara. . Bravo Tim Nas Indonesia !!! bravooo… Aamiin YRA…

  3. gw cuma foto kepala doang dari belakang lagi kwkwkwkw, go go Indonesia, nonton lagi di final (kl dapet tiket….ngarep.com)

  4. ingat kan lagu penggugah semangat ” ..yo ayo..ayo Indonesia kuingin kita harus menang”..asalnya dari Cile, adalah Arlette istri dari Juan Manuel Rubio yang bermain untuk Arema Malang th. 90’an, judul aslinya Vamos..Vamos Chile diubah oleh Arlette yang pintar berbahasa Indonesia menjadi ” Yo …Ayo..Ayo Arema ” tetapi sampe sekarang lagu itu tidak ada judulnya…………

    • Mas Koko, terima kasih atas informasi tambahannya.
      Sangat informatif dan belum banyak orang yang tahu.
      Semoga dapat menambah khazanah pengetahuan bagi para pembaca sekalian.

  5. Selamat malam mas Adelays. Lama tidak membaca ide2 menarik melalui tulisan mas. Posting kali ini, mantap deh, kayak pengulas olahraga di tivi. Salut ya atas liputan yang ditampilkan. Anna senang membacanya.

    Selamat mas, sudah jadi saksi kemenangan tim Garuda ke atas Filipina. Pasti stadion Bung Karno yang puluhan ribu penonton itu bergetar dengan sorakan pendukungnya hingga mengetarkan pihak lawan. Tentu merinding bulu kuduk ya. Satu kelainan bila menyaksikan sendiri berbanding di tivi. Foto2nya keren-keren mas. Pas banget dalam memoto. Anna serasa dibawa menonton sama dalam ketikan lensa yang hebat bagi menyaksikan sejarah yang pastinya tidak akan berulang lagi. Bravo Tim Nas Indonesia !!! Semoga berjaya di final.

    Wassalaam.
    Anna Althafunisaa
    negeri di bawah pelangi

    • Anna, Sekali lagi terima kasih atas komentarnya.
      Foto2 itu memang sengaja saya buat untuk mengajak para pembaca seolah berada dalam ruang yang sama.

      Share ini, jadi makin terasa membawa manfaat rasanya. 🙂

  6. ahaaaiiii… adelays nonton langsung yak?
    dakuh saat itu ada kondangan dan pulang kondangan eh udah selesai dengan kemenangan indonesia.
    makasih untuk reportasenya di GBK.
    pakabar?

    • alhamdulillah kabar baiik Quin…
      iya nih.. alhamdulillah kondangan dapat berkah..
      kemenangan indonesia juga berkah, hehehe…
      terima kasih juga, tq banget main lagi kesini.

  7. waaahhh…nonton langsung yaaaa
    aku cuma bisa menyaksikan dari layar kaca sajo hehee..
    bravo Indonesia….semoga menang di final…

  8. Aha…ternyata keriuhan sepakbola ada juga di posting ini!
    Adelays, saya cuma nonton lewat televisi, tapi kebanggaan itu bisa saya rasakan. Setelah melihat semua foto dan membaca tulisan disini, waaaah…rasanya kita harus jadi juara kalo nanti main melawan Malaysia di Bukit Jalil…hidup Timnas Indonesia, kita betul-betul bangga pada ketangguhan mereka 😀
    Apa kabar, Adelays?
    Thanks buat silaturahminya…

  9. SMANGAT INDONESIA !! SMANGAT TIMNAS !!!
    http://www.thejampang.com
    -kaosnya jakarta-

  10. wah bagus banget, Adelays ini memang piawai memilih sudut2 yang pas buat dipotret…rasanya kita juga ikut hadir di lapangan hijau GBK dan merasakan atmosfer di sekitarnya. Meskipun bukan fanatik bola, tapi piala AFF 2010 betul2 memberikan ‘suasana lain dan baru’ buat Tim Garuda kita kali ini, semoga makin tajam prestasi yang ditorehkan dalam berlaga di medan juang yang akan datang… Bravo Indonesia..!!

  11. Hai Andrayani..
    Terima kasih atas comment dan dukungannya.

    Maju terus sampai juara, Timnas RI

  12. setiap ngeliat antusias penonton terutama pendukung timnas INDONESIA
    pengen nangis haru 🙂
    ngeliat semangat penonton, ngeliat dukungan mereka buat Indonesia, semoga bukan cuma bola yg mempersatukan kita 🙂

  13. aq ga suka bal2an de.. tapi kalo indo menang ya seneng juga…

  14. Ulasan yg mantab…, bisa ngebayangin suasana GBK saat itu 🙂
    Jadi pengen bandingin ama suasana Bukit Jalil minggu besok…

    Bravo Tim Nas Indonesia !!!!
    *(kacang) Garuda di dadaku 😀

  15. waaaaah…
    kalo nonton di stadion…
    auranya beda ya mas Ade…

    Tapi yang jadi masalah adalah…
    Kalo di stadion..
    si Irfan Bachdim nya kagak keliatan jelas…hihihi..
    Di TV aja deeeeh 🙂

  16. siap-siap untuk besok..
    menyambut juara pertama kali tim Garuda,
    bisa memasukkan 2 gol saja, saya yakin tim nas bisa jadi juara

  17. memang pemain ke 12 sedikit banyak juga bisa membuat sebuah tim menjadi lebih kuat, Indonesia contohnya

  18. Saya kok di sini nggak ikut merasakan gaungnya yah…cuma ikut mendengarkan sorak soarinya para penonton, heeeee

    Sempat bingung, apaan sih kok pad aberisik di lini kanan dan kiri, ternyata…nonton bola :mrgreen:

    Syukurlah Indonesia menang 🙂

  19. wah wah, pasti Bung Adelay sekarang sudah ada dibukit jalil yya…
    selamat menjadi pemain ke-12 ..
    jayalah selalu Indonesiaku.hidup Adelays Blog.

    salam .

  20. Wah, seru bgt kalo nonton lgsg gt ya, mas ade…
    Terlihat dr foto2nya…
    Merah meriah euy…hihihi
    Dari dulu slh satu impian saia yaitu bisa ntn prtndingan bola gt di stadion…
    Tapi, seringnya gak dibolehin sama pa2…
    Pdhl pgn bgt merasakan suasananya….hehehe

    Btw, ntar final nonton lg, mas? 😉

    • Izin sama papa untuk nonton bareng sama temen2. Mudah2an boleh ya, cuma sayangnya untuk beli tiket susahnya minta ampun, hehehe….

      Insya Allah kalau dapat tiket nonton langusng lagi.

  21. seru ya kalo bisa langsung nonton di stadion, memang benar terasa beda 🙂

  22. duh final pertama kita kalah 3 0
    salam hangat dari blue
    p cabr

  23. bener-bener gelar yang tepat buat para suporter …..

  24. Anna Althafunnisaa Reply December 27, 2010 at 9:57 pm

    Selamat malam mas adelays
    Bravo Tim Nas Indonesia
    walau kalah 0-3, tetapi semangat kalian tetap tinggi.
    buktikan di gbk, kalian pasti menang. percayalah.

    semangat mas Adelay, jangan lupa nonton langsung lagi.
    biar ada reportnya untuk posting mendatang.
    ditunggu ya mas. trims sudah sharing. 😀

    Wassalaam.
    Anna Althafunnisaa
    negeri di bawah pelangi

  25. Wah, jd ntn final ya, mas?
    Pasti seru bgt suasananya nanti..
    Jd ngiri nih.. 😦
    Ditunggu liputannya… 🙂

    Saia jg berharap indonesia bisa menang, mas ade…
    Berharap ada keajaiban di stadion GBK..hehehe

  26. kembali berdo’a untuk kejayaan Garuda, ..
    salam hangat.

  27. pengen nonton langsung disana tapi ndak kesampaian..wah..ternyata malam ini indonesia menang tapi tidak juara…tapi tetap optimis

  28. Selamat pagi Mas Adelay…

    Semangat ya pagi ini mas, kerana Tim Garuda Nas Indonesia menang di leg 2 dengan 2-1 walau terikat kepada 2-4. Tidak apa hanya kalah agregat saja. Salut juga buat Harimau Malaya yang menang.

    Anna bangga kerana prediksi Anna di komentar lalu ternyata benar . Jika pemain itu sungguh2, pasti menang. Kagum dengan permainan Tim Nas Indonesia yang bersemangat dan selalu dalam posisi menyerang. Bagi Anna perlawanan semalam sangat sengit antara dua pihak lawan.

    Bener ya mas, ada postingan baru di gbk akan datang. Ini artinya, mas nonton langsung lagi ya. 😀
    Ditunggu reportasenya yach. Semangat buat tim nas Indonesia dan semangat juga buat mas Adelays yang mau jadi reporter gratis… hehehe.

    Selamat Tim Garuda sudah jadi runner up for AFF 2010.

    Wassalaam
    Anna Althafunisaa
    negeri di bawah bayu

    • Alhamdulillah postingan telah launching… Terima kasih atas ucapannya Mbak Anna.

      Silakan dinikmati reportase “Hanya” Kemenangan yang Tertunda-nya. 🙂

  29. Hallagh… nggak nyangka ternyata bener ada gambar gw… thank you ya Broh…
    Tapi memang nyanyi ‘Indonesia Raya’ di GBK bikin mengharu biru…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: