Poster Raksasa Porong

Poster Porong (Adelays.com)

Poster Porong (Adelays.com)

Siapa sangka ternyata tragedi lumpur Porong, Sidoarjo Jawa Timur  yang menorehkan duka bagi penduduk disekitar tragedi Lumpur  kini menjadi lokasi bertenggernya poster raksasa dengan anak-anak poster yang menemaninya. Diatas dam / bendungan darurat lumpur dengan asap membumbung putih ke langit, mewakili hawa panas diatas hamparan lumpur, terpampang tulisan sebagai wujud keprihatinan atas politisasi bencana yang menenggelamkan ribuan rumah beberapa tahun lalu.

Bukan rahasia, bencana banjir lumpur panas Sidoarjo yang dikenal sebagai “Lumpur Lapindo” adalah peristiwa semburan lumpur sejak Mei 2006 pada lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc. di Kecamatan Porong , Sidoarjo Jawa Timur. Ada juga yang mengaitkannya sebagai akibat gempa yang terjadi di Jogja. Semburan panas lumpur dari perut bumi ini kemudian menggenani tiga kecamatan disekitarnya yang mengakibatkan tergenangnya kawasan dan mempengaruhi aktivitas pertanian, perindustrian serta pemukiman di Jawa Timur.

Beberapa kali saya melewati lokasi ini baik sebelum 2006 ketika mudik pulang kampung, jalan tol yang menghubungkan beberapa kota di Jawa Timur ini masih bisa dinikmati aksesnya. Selang beberapa tahun saya masih sempat melalui Jalan Tol Surabaya – Gempol dalam kondisi yang sudah memprihatinkan kalau tidak salah di pertengahan 2008. Sampai kemudian pertengahan Agustus lalu saat mudik lebaran 2012 jalan penghubung Surabaya Malang saya lewati.

Akses jalan yang terputus di beberapa titik ini menjadikan badan dam / bendungan tersebut menjadi sangat strategis dan ‘eye catching‘ bagi pengguna jalan. Tidak heran ketika saya melintas, banyak poster yang memanfaatkan lokasi strategis tersebut menjadi ajang promosi. Poster-poster yang bernafaskan ucapan selamat berpuasa ramadhan, himbauan untuk berhati-hati dijalan dari kepolisian, ucapan lebaran sampai promosi produk rokok, ataupun promosi obat maag menghiasi badan bendungan.

Keprihatinan masyarakat atas berbagai permasalahan yang timbul karena tergenangnya daerah mereka menyebabkan keprihatinan karena musibah ini menjadi ajang politisasi. Tanpa basa-basi poster besar tersebut to the point pada masalah pelunasan pihak terkait. Maraknya pemberitaan diberbagai media rupanya membuat mereka gerah lantaran dibawa ke arah politisasi dan eksploitasi pihak lain.

Siapapunya yang melewati jalan itu menjadi tahu bahwa masyarakat korban lumpur tidak saja ‘panas’ tetapi juga jenuh. Saya saja, yang hanya melewatinya sekali sekali, merasakan hawa panas dan keprihatinan yang melanda, apalagi mereka yang kehilangan lahan tinggal, area pertanian, usaha kecil, industri tempat bekerja dan berbagai kepentingan yang berada diatasnya.

Poster itu seolah mengajak saya ikut merasakan keperihatinan yang dirasakan, sekaligus mengajak belajar bersyukur atas nikmat yang diberikan ketika tidak merasakan secara langsung musibah saudara-saudara kita yang berada disana. Mungkin saja pembaca poster yang lain dapat ikut merasakan hal itu, bahkan dapat menemukan hikmah besar lainnya yang seolah berteriak atas kepedihan musibah yang entah kapan akan berhasil bisa dihentikan, Wallahu ‘alam bissawab

Advertisements

7 Responses to “Poster Raksasa Porong”

  1. ikut prihatin untuk warga Porong yang terkena dampak lumpur lapindo, kenapa ya persoalan ini ngga bisa diselesaikan dengan bijaksana, semoga segera ada jalan keluar terbaik untuk semua pihak, tulisan ini juga membuat kita selalu bersyukur atas nikmat Allah Swt yang tak ada hentinya dillimpahkan kepada kita semua…amiin – trimakasih Adelays buat oleh2 ceritanya

  2. Liking the recent changes you’ve made mate!!

  3. Tekanan lumpur yang tinggi tersebut berada di beberapa titik sehingga menghasilkan lokasi semburan di berbagai lokasi. Lokasi semburan yang tersebar dan debit semburan yang cukup tinggi menyebabkan penggenangan lokasi sekitar pemboran menjadi lebih cepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: