日本へのビザ (Visa Jepang)

Kedutaan Jepang RI, di Jakarta (Adelays.com)

Kedutaan Jepang RI, di Jakarta (Adelays.com)

Yang pernah mengurus Visa di Kedutaan Jepang pasti merasakan, mengurus visa Jepang tidak sesulit mengurus visa di Kedutaan Amerika Serikat. Asal data yang diminta sudah lengkap, datang, tunjukkan dan serahkan urusan selesai dalam tiga atau empat hari. Namun demikian, persiapan demi persiapan  juga dibutuhkan agar sejak penyerahan dokumen sampai dengan penyerahan visa berjalan dengan sukses.

Kalau kita memiliki waktu yang cukup, rasanya mengurus visa Jepang sendiri lebih saya sarankan jika dibandingkan dengan melalui agen. Syarat yang diajukan oleh Kedutaan Besar Jepang di Jakarta melalui webnya cukup jelas dan tidak sulit. Untuk yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya, pengajuan dapat datang langsung ke :

Bagian Konsuler Kedutaan Besar Jepang di Jakarta

Jl. M.H. Thamrin No. 24, Jakarta 10350, INDONESIA
Telephone: (021) 3192-4308
FAX : (021) 315-7156

Jika tidak di Jakarta dan sekitarnya, Kedutaan Jepang memiliki empat perwakilannya di Indonesia dan masing-masing memiliki wilayah kerjanya sendiri-sendiri sesuai KTP pemohon, yaitu :

  1. Medan (061) 457-5193
  2. Surabaya (031) 503-0008
  3. Denpasar (0361) 227-628
  4. Makassar (0411) 871-030, 872-323
Visa Jepang (Adelays.com)

Visa Jepang (Adelays.com)

Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi siapa saja yang akan mengajukan visa Jepang, yaitu:

I. Sebelum datang ke Kedutaan:

  1. Keep update informasi pengurusan visa diweb http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html. Saya pernah mengisi form aplikasi dengan format lama, padahal belum lama berselang, form tersebut digunakan oleh orang tua saya untuk tujuan yang sama (kunjungan keluarga) ke Jepang. Dengan tetap update ke web tersebut, akhirnya saya bisa melengkapi dokumen dengan form terbaru dengan baik tanpa harus tertunda lebih lama lagi. Selain form aplikasi, ada form iterenary yang dapat di download dialamat tersebut, sebagai salah satu syarat kelengkapan dokumen.
  2. Pastikan mempersiapkan dokumen asli, in case diminta oleh petugas yang memeriksa dokumen, kita dapat menunjukkan kebenaran dan kejelasan dokumen fotokopi yang diserahkan.
  3. Cetak Foto yang dibutuhkan untuk ditempel di form aplikasi sebenarnya hanya satu lembar, tetapi persiapkan foto tersebut lebih dari satu. Kalaupun foto ukuran 4,5 x 4,5 cm itu berlebih, pasti pihak kedutaan akan mengembalikannya.

II. Ketika Datang ke Kedutaan Jepang

  1. Datang lebih awal dari waktu layanan . Untuk sessi permohonan visa dibuka pukul 08.30 – 12.00 , sedangkan pengambilan visa dan paspor dibuka pukul 13.30 – 15.00. Waktu tersebut adalah waktu layanan, pemohon dapat datang lebih awal untuk mengambil nomor antrian. Makin cepat nomor antrian diperoleh, maka lebih dahulu anda akan memperoleh pelayanan.
  2. Penjagaan Kedutaan cukup ketat, security di pos utama akan menanyakan keperluan pemohon saat datang. Sebenarnya inti jawaban berupa “Permohonan” atau “Pengambilan Visa” lah yang sangat diharapkan oleh petugas. Pengantar tidak diperkenankan mendampingi. Pemohon akan memasuki sedikitnya tiga pintu, yaitu :
    – Pos security pertama, pemohon diminta untuk menyerahkan ID Card, berupa KTP.
    – Pintu kedua yaitu pemeriksaan barang bawaan, benda tajam dan berbahaya tidak diperkenankan dibawa masuk.
    – Pintu ketiga merupakan pintu ruangan visa yang dijaga oleh 1 orang petugas.
  3. Ambil nomor antrian . Untuk permohonan visa, antrian dapat diambil di mesin yang berada di sebelah kiri (mesin A) dari dua mesin antrian. Untuk memperpendek akses menuju loket Pelayanan Antrian A berada di sebelah kiri yaitu loket 1 – loket 3, duduk lah menunggu ditempat duduk tunggu sebelah kiri, atau tengah didepan loket 2 atau loket 3. Loket 1 adalah loket khusus agen pelayanan.
  4. Selama berada di lingkungan ruangan pelayanan: Dilarang untuk menerima/ melakukan panggilan telpon dan melakukan pengambilan gambar (memotret).
  5. Setelah dokumen diserahkan, simpan tanda bukti pengambilan paspor dengan baik. Tanda bukti itu akan menjadi dokumen yang sah pengambilan paspor dalam waktu 3 atau 4 hari. Siap-siap dihubungi petugas pelayanan visa apabila ada dokumen yang masih perlu dilengkapi.
Tanda Terima dan Pengambilan Dokumen (adelays.com)

Tanda Terima dan Pengambilan Dokumen (adelays.com)

III. Saat pengambilan Paspor / Visa.

  1. Pastikan membawa dokumen tanda bukti pengambilan paspor yang diserahkan oleh petugas paspor
  2. Siapkan uang sesuai ketentuan pengurusan paspor, saat saya mengurus @ Rp. 325.000 untuk satu lembar visa.
  3. Ambillah visa / pasport sesuai waktu yang ditentukan, tidak terlambat lebih dari satu hari kerja, karena visa dapat saja dibatalkan diluar waktu pengambilan yang ditetapkan.
  4. Izin visa tertera pada sudut kanan atas, dan hanya berlaku pada waktu yang telah ditentukan. Pastikan waktu  rencana keberangkatan telah sesuai dengan rencana dan berada dalam range izin yang diberikan.
Advertisements

162 Responses to “日本へのビザ (Visa Jepang)”

  1. Wah bagus mas info nya…slama ini yg ada di fikiran orang2 (termasuk aku jg si..hehe) kan pengurusan visa it ribet bgt ne mas..nah dg adanya informasi dr mas adelays setidaknya kita punya pandangan bagaimana cara pengurusan visa di kedutaan Jepang.. Oiyah tadi mas adelays menginformasikan bahwa pengurusan visa di kedutaan Amerika itu lebih sulit dibanding di kedutaan Jepang..perbedaannya apa ya mas? Terus apa yg membuat pengurusan visa di Amerika lebih sulit? hehe.. Maaf ya mas jadi banyak tanya nich..oke deh aku tunggu oleh2 foto dan tulisannya ttg pengalaman yg menarik selama di Jepang nanti yah.. 🙂

    • Banyak kisah sedih dari ditolaknya visa Amerika. Teman saya yang mengurus visa harus dua kali gagal dalam wawancara manakala berusaha mengajukan permohonan visa di Kedutaan Amerika.

      “Hukum” yang berlaku terhadap penolakan itu adalah, bahwa petugas berhak tidak mengumumkan atas dasar apa visa itu ditolak. Alasan personal sampai alasan Politik luar negeri kedua negara berada dibalik alasan ditolaknya permohonan aplikasi visa.

      Gagal menghadapi wawancara bagi petugas konselor mengindikasikan bahwa pemohon adalah calon “pendatang haram” tanpa alasan sekalipun.

      Sementara menghadapi permohonan di kedubas Jepang ? Saya tidak perlu wawancara dan alhamdulillah lolos.

      • “Hukum” yang berlaku terhadap penolakan itu adalah, bahwa petugas berhak tidak mengumumkan atas dasar apa visa itu ditolak.. 😦

        Hukum seperti yg dijelaskan diatas aku rasa dilandasi dengan asas kesewenang-wenangan yah mas..hehe.. 🙂

        Tapi kalau begitu caranya mungkin tidak yah ada faktor “dewi fortune” dalam pembuatan visa dikedutaan Amerika?

        Terima kasih yah mas..ini info yang sangat menarik mengenai perbedaan pembuatan visa di kedutaan Jepang dan Amerika.. two thumbs up for you mas.. 🙂

  2. .. diajak dong ke kyoto

  3. Hmm… sepertinya saya mesti bikin pasport deh. sapa tau nanti bisa ngurus visa ke jepang 😀

  4. Assalamualaikum Mass, mautanya dong seputar Visa
    apakah jadwal perjalanan selama di Jepang harus ditulis smua dan bgmn klo ada salah satu ada yg g kita jalanin, atau perjalanan kita ga sesuai dengan yg kita tulis,.
    trimkasih

    • Waalaikumsalam….

      Jadwal perjalanan selama di Jepang sebaliknya ditulis semua dari hari kedatangan sampai kepulangan. Tetapi penulisannya hanya secara garis besar saja sudah cukup. Misalnya:
      23/10 Kyoto
      24/10 Osaka
      25/10 Kobe
      26/10 Tokyo
      27/10 back to Jakarta
      Jangan kuatir apabila jadwal perjalanan tidak terlalu mirip dengan kenyataan nantinya. Intinya sebenarnya,Pihak kedutaan hanya ingin tahu perencanaan pemohon secara garis besar.

  5. Goodluck and have a nice trip, Adelays…

  6. daftaarr nomer satu 🙂

  7. Ass.Wr.Wb…
    Mas, saya mau tanya, kalo kaya kasus saya ini, masih bisa masuk jepang lagi kah? atau apakah saya sdh black list? saya di tolak visa ke jpg sudah 2X.. 😦
    Sedikit cerita, Maret lalu saya maried di KBRI Jpg, menikah di sana karena suami kerja di sana sudah 18 thn dan sdh mendapatkan PR di sana, sebelum sy plg ke indo krn visa habis bulan April, saya mengajukan Certificate of Aligibility, lalu hasilnya 3 bulan kemudian dan di tolak.. maka, saya coba apply visa kunjungan sementara sept kemarin, sampai 1,5bln loh prosesnya, saya bolak balik embassy, wawancara.. akhirnya jawabannya tdk di kabulkan oleh Konsulat Jepang. Sangat kecewa sekali, padahal semua dok yg mereka minta sdh di penuhi, dan mereka tidak memberikan penjelasan penolakannya, sempet terjadi argument di sana, krn saya tanya alasannya.. mereka tidak memberitahukannya, mereka hanya bilang, baru bisa mengajukan lagi 6 bulan yg akan datang. tapi apakah jaminan 6bln lagi saya apply akan di setujui kalo saat ini saya tahu alasannya, kan saya akan memperbaikinya agar di setujui nantinya.
    Saya merasa di diskriminasikan, saya hanya ingin mengunjungi suami kok.. bukan mau kerja, saya sampai terpikirkan ingin mengadukan kasus saya ini ke LSM Pemberdayaan Wanita, hanya ingin mengadu saja dan di carikan solusi. Hanya ingin tau, kenapa di tolak..

    Sekian mas, semoga bisa ada saran buat saya yang sedang galau.. hehehe…
    Maaf kalo kepanjangan… terima kasih banyak atas perhatiannya.

    Wassalam,
    Nila

    • Wassalamu alaikum.
      Memang demikian suka duka mengurus paspor..di negara manapun. Teman saya dua kali ditolak tanpa argumen yang jelas ketika mengurus paspor Amerika, apalagi kalau punya nama yang mirip-mirip dengan nama tersangka teroris, misalnya. Kegagalan / ditolaknya visa mbak memang menyakitkan ya.. karena sekedar ingin ketemu dengan alasan apapun tidak diberi tahu.

      Kita memang dalam posisi meminta, tanpa punya hak untuk menuntut karena posisi mereka yang sangat kuat sehingga melaporkannya ke pihak manapun akan menemui jalan buntu. Kasus mbak ini menunjukkan hal tersebut. Terkadang ditolaknya visa tersebut bisa dikarenakan adanya kasus yang terjadi di negara suami mbak di Jepang.Wallahu a’lam.

      Dengan demikian, coba cari tahu dulu dari suami mbak yang jauh di Jepang, siapa tahu bisa mendapat informasi kenapa mbak tidak mendapatkan visa.

      • Trimakasih banyak Mas utk replynya.. Semoga ini bisa menjadi masukan dan pemikiran saya selanjutnya utk melangkah ya.
        Saya akan diskusikan lagi dgn suami. Semoga dengan niat baik ini, Insya Allah ada jalannya ya.. Aamiin Ya Rabb..

        Wassalam,

      • Mudah-mudahan mbak masih monitoring blog ini saat saya menambahkan informasi ini. Ketika saat reply saya lakukan saya berada di Jepang.

        Dari satu – dua informasi yang saya peroleh, kedutaan bisa saja tidak mengizinkan keluarga atau istri atau suami ybs, justru karena masalah pekerjaan tersebut.

        Saya ambil satu contoh saja, kalau seseorang dapat bepergian ke Jepang mudah saja , itu karena adanya jaminan misalnya dari pihak pengundang. Saat jaminan itu tidak ada , atau tidak meyakinkan, maka visa keluarganya bisa saja ditolak.

        Contoh lain adalah ketika pekerjaan suami yang berada di Jepang tidak dapat memberi jaminan finansial, atau hanya cukup untuk satu orang saja menurut standar Jepang yang nota bene sangat tinggi untuk satu orang maka kedutaan bisa saja menolak karena alasan tersebut tanpa disebutkan .

        Itu hanya satu dua alasan dari sisi pihak yang berada di Jepang. Mbak bisa saja ditolak karena alasan tersebut atau karena alasan yang berada pada sisi yang sama (sisi suami lantaran pekerjaan, atau hal2 lain dari Jepang)

  8. Iya Mas, Insya Allah sy akan terus monitor blog ini, krn saya pikir mungkin akan ada informasi2 yang bisa jadi masukan utk saya..
    Seperti yg mas sampaikan ini, saya juga punya pemikiran yang sama sih, mungkin masalah financial bs saja jadi salah satu faktor penolakan ya..
    Jadi dr sekarang saya akan mencoba menabung dan nanti akan saya lampirkan utk tambahan dokumen pengajuan visa.
    Tapi Mas, yg ingin sy tau, saya masih aman kan utk mengajukan visa lagi, secara sdh ada penolakan 2x ( COE n visa kunjungan).. Dan di dlm paspor saya sdh ada tandanya “C”..
    Terima kasih.

  9. Mau tanya donk, kalau bikin visa jepang apakah semua pemohon harus hadir? Apakah cukup di wakilkan 1 orang saja? Soalnya awal bulan Nop, saya beserta rombongan 10 dewasa + 2 anak-anak mau apply visa Jepang. Thanks

  10. mau tanya mas,misalnya mo ngisi formulir visa jepang permohonan visa apakah di download formulirnya dan jadwal keberadaan di jepang di web http://www.id.emb-japan.go.jp ?trus isi formulirnya itu di ketik trus di print or pke tulisan tangan sendiri ?dan 1 lagi,apa pas ngurus mau di wawancarai oleh petugas?

    terima kasih.

    • Mas Leon, silakan download saja formulirnya dari website itu. Pengisian bisa dilakukan dengan tulis tangan.

      Ketika melengkapi, ada sedikit wawancara di loket saat menyerahkan berkas / dokumen.

      Terima kasih kembali.

  11. Assalamualaikum, MasAdel
    saya mautanya kira-kira apa pertanyaan yang diajukan setelah kita sampai di bandara oleh Imigrasi jepang, apa saja yang harus kita siapkan sebelumnya.
    trimkasih Mass

    • Waalaikumsalam, Mas Amir.
      Yang pertama harus dilengkapi, pastikan bahwa dokumen yang kita bawa sudah lengkap.

      Kedua, pastikan juga kita menuliskan arrival card dengan baik.
      Arrival card biasanya diberikan didalam pesawat sebelum kita mendarat ditempat tujuan kita di Jepang. Isikan dokumen dengan baik sesuai dengan kolom-kolom yang sesuai termasuk nama, tanggal lahir, tempat diterbitkannya paspor dan tempat kita menginap selama di Jepang.Sepanjang pengalaman saya, mereka bukanlah orang imigrasi yang ‘rese’ dan sok galak seperti dinegara tertentu. Mereka cukup welcome sepanjang semua yang dituliskan sesuai. Mereka cukup teliti untuk meminta kita menyebutkan domisili kita di Jepang.

      Tidak banyak pertanyaan yang diajukan, hanya saja domisili kita disana mesti lengkap. Kalau di Hotel, bukan tidak mungkin mereka menanyakan Nama Hotel dan Alamat lengkapnya untuk dituliskan di arrival card. Demikian sharing saya, Mas Amir.

  12. Permisi..mas maaf mau tanya, kalau saya menulis “menginap di bandara” di itinerary visa itu apakah boleh? apa sebaiknya bilang menginap di hostel dsb? karena landing pesawat nya tengah malam.. thanks before 🙂

  13. Permisi mas maaf mau nanya, kalau di itinerary visa kita menulis “menginap di bandara” apakah boleh? karena landing pesawatnya tengah malam..atau tulis tetap menginap di hotel/hostel? mohon pencerahan 🙂 terima kasih sebelumnya.

    • Hi.. Mbak Ayu, itenarary yang kita tulis sifatnya tidak mengikat. Tidak harus kita sebutkan hari per hari kita akan menginap di hotel apa. Saran saya, kalau menginap di bandara, tuliskan aja nama kotanya, misalnya “Osaka” kalau kita baru aja mendarat di
      Kansai, atau “Tokyo”kalau kita mendarat di Haneda atau Narita.

  14. gimana mas setelah tiba di bandara jepang trus di tanya2 oleh petugas imigrasi,misalnya tidak tau berbahasa inggris dan jepang?apa yang harus kita jawab?

    terima kasih.

  15. Assallamualaikum, aku dan suami ada rencana mau travelling ke Jepang nih mas…diperlukan dokumen mengenai rekening koran gak sih mas? Kalo iya berapa saldo minimum yg harus kita miliki di rekening kita…kebetulan ada saudara di Yokohama yg bersedia kasih sponsor…kira2 kesempatan utk ku berapa persen nih mas :-):-)

    Aku dan suami 2-2 nya bekerja, apa dibutuhkan juga surat keterangan dari perusahaan kami? Ditunggu saran dan informasinya ya mas..thanks in advance…

    • Waalaikumsalam mbak Deevee,
      Waah senangnya yang mau pergi ke Jepang. Dokumen rekening korang memang ada dalam sebagian syaratnya, tetapi sebenarnya pemerintah Jepang ingin memastikan apakah kita mampu bertahan disana dengan uang yang kita miliki dengan latarbelakang yang cukup atau tidak.
      Kalau kita melampirkan dokumen bahwa kita bekerja, seperti yang saya lakukan mereka tidak membutuhkan slip gaji atau fotokopi buku tabungan.
      Surat sponsor dan undangan tetap dibutuhkan, dan mereka mungkin akan bertanya apa hubungan mbak Deevee dengan pemberi sponsor yang ada di Yokohama.
      Surat jaminan bahwa saudara tersebut yang akan menjamin juga perlu dilampirkan.

      Mudah-mudahan mbak Deevee dan suami sukses mendapatkan visa dan pergi travelling ke Jepang dengan selamat.

      Amiin ya robbal alamin….

      • devidamayanti2929 January 8, 2013 at 7:14 pm

        Wwaahhh thanks bgt utk pencerahaannya ya mas :-)…waktu mas apply visa, dokumen apa aja dr kntr yg dipersiapkan mas? Cukup surat yg menerangkan menerangkan kita karyawan beserta masa kerja atau surat lengkap dengan detailnya mas? Kalo gak ngerepotin boleh donk mas sample yg mas punya dari kntr mas di attach ke aku..jadi ku bisa mintakan ke HR 🙂 🙂 sorry bgt ya mas jd nanya2 terus…jadi makin semangat nih 🙂 🙂

      • Boleh Mbak Devi.. nanti akan saya coba cari file nya . Saya lupa filenya dimana. Kalau ketemu nanti saya kirim. Kalo boleh tau, informasi , kapan Mbak Devi akan berangkat.. ?

  16. aslkm..
    mau tanya nih mas, abg saya berniat utk bekerja di jepang, disana ada temannya yg kebetulan warga negara jepang yg akan menjemput dan memberi tempat penginapan.
    Apakah sebaiknya abg saya it mengurus visa kunjungan keluarga atau visa bekerja?
    kemudian abg saya tersebut sama sekali tidak bisa berbahasa jepang maupun inggris, apakah itu merupakan kendala dalam mengurus visa?
    kemudian bagaimana format pengurusan surat jaminan bahwa ada keluarga di jepang yg sbg pengundang/yg menjamin kita selama di jepang?
    terima kasih sebelumnya mas 🙂

    • Waalaikumsalam Mbak Shandra.
      Izin bekerja tentunya membutuhkan visa yang berbeda dengan visa kunjungan. Tentunya izin tinggal yang diberikan juga terbatas, yakni hanya 3 bulan saja.

      Mengurus visa tidak harus bisa berbahasa jepang ataupun inggris, karena pengurusan visa diurus oleh orang Indonesia di kedutaan Jepang.

      Syarat dan ketenuannya mbak Shandra bisa melihat di website http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html.

  17. mas mau juga dong contoh surat keterangan bekerja nya
    keterangan apa aja yang dibutuh kan di surat tsb?
    insyaallah saya mau ke jepang bulan April ini.
    terimakasih sebelum nya

  18. oh, begitu, terima kasih ya mas utk jwbannya 🙂

  19. assalamu’alaikum

    Insya Allah saya sama anak ada rencana mau menyusul suami yang sedang belajar di Jepang sekitar 4 bulan lagi. Bisa gak mas klo visa dibuat jauh-jauh hari sebelum keberangkatan? Terima kasih atas jawabannya 🙂

    • Masa berlaku visa biasa hanya 3 bulan, dan sejauh yg saya tahu tidak dapat diatur masa berlakunya. Saran saya… Sesuaikan menjelang keberangkatan tapi jaga ‘jarak aman’ , tidak terlaku dekat juga tidak terlalu jauh dengan hari H nya.

      Seandainya ibu Icha akan berangkat 4 bulan lagi, saya menyarankan 3 bulan lagi ibu Icha mengajukan Visa ke kedutaan Jepang. Persiapkan dokumen pendukungnya mulai sekarang, sehingga saat pengajuan tidak lagi kebingungan bila masih urgent dikengkapi.

      Mudah2an sukses mengurus visanya dan berangkat dengan selamat sampai ditujuan dan kembali di tanah air dengan selamat, Ibu Icha.

  20. Assalamualaikum
    Saya udah baca dari atas sampai comment2nya sangat membantu manambah informasi. Diatas ada yang bertnya dukumen dan persyaratan bila mau traveling ke Jepang, tetapi misalnya kita tidak punya saudara di Jepang dan ingin traveling ke Jepang, dokumen ataupersyaratan apa yan diperlukan mas..? Maksih

  21. mas saya mau minta link formulir yg harus kita isi untuk visa (;
    dan gimana caranya untuk mendapatkan supporter dari jepang?

  22. Assalamualaikum
    Mas mau nanya2 boleh yah,,
    Istri sy kan mau ke jepang selama 1 bln 3 mingguan insyaAllah,,
    Nah kebetulan sy dah di jepang,,cm sy pake visa training,,yg sy tau klo pake visa training blm bisa ngundang keluarga..
    Menurut mas klo gtu,,mening sy spekulasi sy ngundang atw pake visa wisata aja yah,,mohon pencerahannya mas,,makasih.. 🙂

    • Waalaikumsalam mas Ferdy,

      Sebagaimana diketahui bahwa visa kunjungan wisata Jepang valid sampai dengan 3 bulan di Jepang.

      Saya pernah mengalami seperti yang mas Ferdy alami dimana saya masih menggunakan visa training di Luar Negeri untuk keperluan on the job training dengan visa training, namun saya ingin ada keluarga yang saya ajak tinggal bersama saya.

      Memang saat itu training saya bukan di Jepang, melainkan di Hong Kong.

      Saran saya, visa kunjungan wisata biasa untuk istri Atau keluarga mas Ferdy yang rencananya akan tinggal bersama, (selama masih dibawah 3 bulan), lebih saya rekomendasikan.

      Demikian masukan dari saya.

  23. Assalamualaikum ..
    perkenalkan saya Atika,Setelah membaca artikel dari mas adelays, sangat membantu menjawab pertanyaan2 dalam hati saya 🙂 .
    btw ada satu lagi pertanyaan mengganjal, yaitu ketika di imigrasi nanti kan ada custom deklaration berapa yen yang kita bawa untuk masuk ke jepang , nah rencana nya bapak, ibu , dan adik saya akan berkunjung ke osaka (saya tinggal di osaka) kira2 berapa yang harus disiapkan ya mas untuk di declare di custom tersebut, krn nanti mereka akan tinggal di tempat saya untuk 37 hari , namun living & expense cost , suami dan saya yang menanggungnya…

    terima kasih banyak sebelumnya

    • Waalaikumsalam Wr. Wb. Mbak Atika

      Custom Declaration ini biasanya tidak terlalu ketat dipertanyakan, sepanjang mereka yakin betul bahwa mereka yakin ada anggota keluarga di Jepang yang akan menanggung atau menjadi sponsor.

      Sebagai jaga-jaga terkadang mereka bisa saja menanyakan apakah kita memiliki kartu kredit yang masih aktif,nketika melakukan wawancara dengan imigrasi.

      Ini pernah saya alami ketika terkena random check di bandara lain bukan di Jepang, Tepatnya ketika saya harus berhadapan dengan ICA-nya Singapura. ICA atau Immigration and Customs Authorization ingin meyakinkan bahwa saya memiliki kemampuan yang cukup untuk hidup sementara disana.

      Untuk menjamin bahwa keluarga mbak Atika dijamin oleh mbak, silakan mbak mengeluarkan surat yang mbak tanda tangani dengan pernyataan yang bunyinya akan menanggung dan menjamin anggota keluarga yg berkunjung.

      Untuk cepatnya biasanya surat itu dibuat sendiri oleh keluarga di jakarta. Saya tidak menyarankan mbak untuk memalsukan tanda tangan mbak langsung walaupun sering kali surat dengan tanda tangan palsu bisa saja lolos.

      Demikian yg bisa saya share ke mbak Atika, mohon maaf atas keterlambatan reply karena kesibukan dll.

  24. lumayan ribet juga buat ngurus visa nya :\

  25. assalamu’alaikum wr.wb
    bg, pke wawancara ato ga untuk buat visa?

  26. assalamu’alaikum wr.wb
    bg saya pngen nnya
    ngurus visa k jpang ini, nnti pke di wawancara ga?

  27. kak, punya agen perjalanan yang recommended ga buat apply visa?

  28. Halo mas adelays, mau nanya.
    Apakah pengambilan visanya harus jadwal yg ditentukan (3-4 hari)?
    Soalnya saya tidak dijakarta pas di hari ke 4nya

  29. Saya pernah punya visa trainee ke jepang 4 tahun yang lalu,Apakah saya bisa mengajukan visa study sekarang, saya baca di perbagai forum katanya tdk bisa ngajuin visa study klo sdh pernah punya visa trainee, trimakasih sebelumnya.

    • Mas Mulyaji… saya juga pernah pengalaman punya visa trainee ke negara lain… beberapa kasus memang ada yang kesulitan mengajukan karena setelah visa training diselesaikan tidak ditandai atau dinyatakan selesai oleh petugas imigrasi saat terakhir mengajukan selesai training.

  30. halo mas adelays
    saya mw tanya ni,bulan nov ini sy akan menikah dgn wna jpg,tp pengurusan pndaftarannya kami akan urus setelah sy datang ke jepang dgn visa turis yg biaya dtnggung pihak pngundang,yg saya ingin tanyakan apakah akan ada masalah jika di surat undangan dr wna jpgnya menuliskan untk mendaftrkan pernkahan?terima kasih

    • Hi Reshi, saya sarankan tidak usah menuliskan mendaftar pernikahan. Karena hal tersebut tidak tertutup kemungkinan akan banyak mengundang pertanyaan dari pihak imigrasi padahal sebenarnya kita akan mengatur perencanaan semudah mungkin tanpa halangan.
      Demikian menurut hemat saya

  31. asslmalkm mas adelays, mau tanya nich, ngurus visa jenis apa untuk bsa tinggal di jepang slma 3bln, saya ke jepang atas undangan orang jepang asli. kira2 visa turis bisa ga ya, dan stlh 3 bln tinggal di jepang, pulang di indo sebulan, bisa ga urus visa utk tinggal 3 bln lg di jepang? mksh sblmnya mas.

  32. hallow mas..mau nanya donk…kalau saya sebagai istri ingin ke jepang tapi tanpa suami dan saya tidak bekerja, surat apa yang dilampirkan dan bagaimana formatnya…Mohon bantuan informasinya, terima kasih…

    Bingung nih soalnya..

  33. permisi mas,,,saya mau tanya..sblumnya saya pernah kerja di jepang sebagai tenaga magang…trus apakah saya bisa untuk mengajukan visa bekerja kembali di jepang…mohon infonya pak..terimakasih

    • Bisa saja. Saya memiliki saudara yang sebenarnya izin tinggal di Jepang untuk sekolah belum habis, namun dengan menyatakan bahwa visanya sudah closed alias selesai sekolah, ia kemudian mengajukan lagi untuk kunjungan seminggu setelahnya, Bisa dan kembali ke Jakarta dengan selamat.

  34. Kira2 berapa minimum tabungan supaya bisa lolos pak?

  35. Sebetulnya sih enakan ngurus visa USA, karena 2 hari jadi dan langsung dapet Multiple Visa yg 5 tahun, Kalau visa Jepang cuma 15 hari.

  36. terima kasih mas informasinya,, padahal saya dalam bulan ini mau buat visa jepang,,oh iya mau tanya klu urus visa jepang itu bisa 2 orang yach .thx

  37. Permisi Mas Adelays,
    saya mau nanya, saya baru saja menikah bulan des kemarin. Tapi saya belum punya kartu keluarga yang baru, demikian juga dengan KTP (status di KTP masih belum menikah).
    pertanyaan saya, apakah pada saat apply visa, saya harus mengajukan rekening koran masing2 secara terpisah?
    atau bisakah saya menggunakan 1 rekening koran saja (rekening suami saya), dengan disertai akta nikah?
    terima kasih mas

    • Tentunya data dan kelengkapan dokumen masih dengan status mbak Dewi yg lama.

    • Mbak Dewi
      Saya melihat sebenarnya posisi dokumen sebenarnya belum menikah. Jadi kelengkapannya dikategorikan belum menikah. Namun demikian, saat berhadapan dengan petugas visa bisa saja hal itu dijelaskan kepada peng-interviewnya dengan harapan dapat mengajukan dengan satu rekening koran saja.
      Pada intinya pihak imigrasi sangat menjaga kondisi orang yang mengajukan agar memiliki cukup dana dan ada penjaminnya (dalam hal ini suami mbak Dewi).

  38. Selamat malam mas,
    wah blognya sangat bermanfaat mas , mantaap . Sy dan istri berencana pergi ke jepang tgl 29 maret -4 april( bulan madu hehehe) dengan viisa kunjungan teman , disana saya menginap di rumah teman semasa kuliah di indonesia , rencana mau apply visa akhir februari ini ( mepet ga ya? hehe) yang ingin saya tanyakan
    1. 3 hari saya di osaka dan 3 hari terakhir di nagoya, apakah surat undangan di perlukan dari kedua teman saya tersebut atau cukup dari satu orang saja?
    2. Untuk surat undangan apakah harus asli dilampirkan atau cukup dikirm lewat email sajakah?
    3. Maaf, di form visa ada isian ttg invitor dan guarantor ( sori kalo salah eja hehehe..) bedanya apa sih mas dan waktu pengisian apakah harus diisi dua-duanya .
    4 . Misal karena menginap di dua tempat berbeda dan diharuskan bawa surat undangan dari masing2 teman , unutk pengisian di form visanya , bagian pengundang/ penjamin juga harus dituliskan 2 nama teman tersebut?
    5. Kami berdua sudah bekerja apakah memang di perlukan melampirkan surat keterangan bekerja atau tidak , karena di websitenya tidak di wajibkan kecuali kondisi tertentu?

    maaf ya mas banyak tanya , supaya jels aja hehehe..maaf juga ya kalo tar tanya lagi kalo ada yng kurang

    DMA

    • Selamat Malam Mas Dhani,
      Terima kasih telah berkunjung kesini, saya berharap bulan madu kalian sangat berkesan disana nantinya. Amiin….
      1. Surat undangan pada dasarnya diperlukan hanya satu saja juga sudah cukup.
      2. Saat saya mengajukan surat undangan adalah surat asli.
      3. Invitor itu murni yang mengundang saja. Bisa saja invitor sama dengan guarantor,tetapi bisa juga berbeda. Sementara Guarantor sendiri adalah orang yang menjamin selama berada di Jepang dapat menjamin kita selaku yang diundang dalam bentuk finansial, menyampaikan governance secara baik dll. seperti yang disebutkan dalam surat jaminannya.
      4. Saya cenderung memakai satu undangan saja.Jadi satu undangan sebenarnya cukup. Saat kita sudah masuk dan berada disanapun asalkan sudah memastikan dimana menginap dan memiliki tiket pulang biasanya pihak imigrasi sudah merasa cukup.
      5. Melampirkan surat bekerja itu akan memperkuat saat pihak Kedutaan memerlukan keyakinan bahwa kita adalah orang yang punya kekuatan financial untuk berangkat dan kembali ke Indonesia.

      Silakan mas Dhani kalau mau bertanya lagi, selama saya bisa bantu insya allah.

      Adelays.

  39. Mas adelays, saya ingin bertanya tentang visa jepang, jika nama saya dipaspor hanya 1 kata, nanti di visa saya menuliskannya bagaimana ? Biasanya kan ada kolom untuk first name dan last namenya.

    • Mas Ryan,
      Saya sendiri belum punya pengalaman terkait nama yang hanya satu suku kata untuk urusan pergi ke Jepang, namun kalau dihubungkan dengan syarat ketika kita mau ke luar negeri (dhi. arab saudi misalnya untuk keperluan umroh) nama tersebut dapat diisikan dengan nama orang tua.
      Misalnya kalau nama tertera hanya “Joko”, orang tua “Supriadi” . Tambahan nama orang tua misalnya Supriadi dapat ditammbahkan menjadi seperti contoh First Name: “Joko” dan Last Name “Supriadi”.

  40. tks mas ade,infonya dicopy nih.oh iya ,mo tny lagi,saya kan berdua denga istri ,surat undangannya harus atas nama masing2(baik saya atau istri pegang satu2)atau cukup a/n saya dan dibuat lampiran semacam data istri,coz sy lihat di surat und itu ad tulisan”bersama….orang lainnya”?

  41. Hallo mas saya mau nanya,
    1. apakah bs bila kita menginap di apartemen teman, visa yg diajukan visa kunjungan wisata atas biaya sendiri?
    2. Apakah surat undangan harus asli? Bs tidak klo hanya dikirim via email?
    Terima kasih

  42. halo mas adelays, aku mau tanya, klo penulisan nama di visa itu apakah memang dibalik ya? mohon pencerahan.

  43. Hi kak, saya mau tanya. Insya allah bulan mei saya mau ke jepang dan rencananya bareng sama teman. Nah saya bakalan nginep di rumah tante teman saya itu, barengan. Itu ngurus visanya gimana ya kak? Apa harus bareng ngurusnya sama teman saya juga? Dan untuk masalah juminhyo nya gimana ya? Saya kan tidak kenal sama tante teman saya. Terimaksh sebelumnya

    • Mengurusnya tidak harus berbarengan, tapi mengurus berbarengan akan lebih baik.
      Kalau tante teman itu bersedia menjadi penjamin juga tidak masalah.

  44. salam kenal ,
    tanya2 ya mas
    saya,adik saya,bude dan keluarga tante rencana akan ke jepang mengunjungi keluarga di sana bulan mei dr tgl 22-31,kita k sna ber 6, sudah ada surat undangan,jaminan dari kakak sepupu saya di sana
    rencana baru mau buat visa tgl awl2 april ini mngkn stlh pileg nanti, msh aman ka ya buat visa tgl segitu?
    trus ini kan berarti ada 3 keluarga saya dan adik punya KK yg sama,sedangkan bude dan tante saya punya KK yg beda,apa saat pengajuan visa hrs masing2 orang?bisa ga klo diwakilin ke saya?
    oh ya rencana kakak sepupu saya akan memberikan fc buku tabungannya dan nanti bakal kita lampirin jg buku tabungan kita masing2,aman kan ya?klo saya dan adik mngkn akan pake buku tabungan ayah sekaligus buku tabungan kaka saya itu^^
    terimakasih
    *ditunggu balasannya 😀

    • Hi Dita,
      Pengajuan visa Jepang dengan jangka waktu 1 bulan menurut hemat saya masih aman. Pengurusan berkisar 3 – 4 hari kalau lancar. Hanya saja kalau ada dokumen yang blm lengkap memang membutuhkan waktu untuk memprosesnya lagi.
      Bisa diwakilkan. Banyak juga pengurusan visa tersebut diwakilkan keorang lain / jasa.
      Saya optimis masih aman, yang mereka inginkan adalah keyakinan bahwa para pengaju visa itu memiliki cukup waktu dan tempat serta jaminan bahwa mereka tidak akan terlantar di jepang.

  45. saya bahkan ke malaysia saja belum pernah kak,hehe

  46. Hi mas Ade,
    sedikit mau minta masukan dan info nya, kemarin saya baru apply visa jepang namun di tolak dan katanya harus apply lg 6 bln kedepan. tanggal visa saya di tolak adalah 9 Mei 2014, Apakah tanggal 9-10 November sudah bisa apply visa lagi? saya takut di tolak lagi mas tolong pencerahannyaa :)) saya takut jika di tolak lagi berarti harus nunggu 6 bulan lg, sedangkan tiket sudah di reschedule (biaya lagi dan mahal hahaha) 🙂 terima kasih sebelumnyaa

    Art^^

    • Iya memang demikian peraturan yang disyaratkan oleh Imigrasi Jepang. Terkadang mereka tidak memberi tahukan alasan-alasannya.
      Biasanya hal-hal yang membuat visa tidak diberikan adalah karena pengapply visa tidak dapat memenuhi persyaratan yang diberikan
      atau tidak dapat meyakinkan otoritas akan hal-hal yang berbau finansial.

      Saya sih menyarankan,lain kali tiket sebaiknya di issued setelah visa diperoleh .

      Demikian artrievzan.

  47. Hi mas Ade,
    sedikit mau minta masukan dan info nya, kemarin saya baru apply visa jepang namun di tolak dan katanya harus apply lg 6 bln kedepan. tanggal visa saya di tolak adalah 9 Mei 2014, Apakah tanggal 9-10 November sudah bisa apply visa lagi? saya takut di tolak lagi mas tolong pencerahannyaa :)) saya takut jika di tolak lagi berarti harus nunggu 6 bulan lg, sedangkan tiket sudah di reschedule (biaya lagi dan mahal hahaha) 🙂 terima kasih sebelumnyaa

    • Iya memang demikian peraturan yang disyaratkan oleh Imigrasi Jepang. Terkadang mereka tidak memberi tahukan alasan-alasannya.
      Biasanya hal-hal yang membuat visa tidak diberikan adalah karena pengapply visa tidak dapat memenuhi persyaratan yang diberikan
      atau tidak dapat meyakinkan otoritas akan hal-hal yang berbau finansial.

      Saya sih menyarankan,lain kali tiket sebaiknya di issued setelah visa diperoleh .

      Demikian artrievzan.

  48. Mas Ade, apakah ada aturan penulisan nama di paspor untuk pengurusan visa ke jepang, mesti 2 suku kata atau 3 suku kata, seperti halnya kalau kita mau pergi ke arab saudi wajib mengurus paspor dengan nama menggunakan 3 suku katan ?

  49. thank you mas ade untuk infonya nih.

  50. mas adelays, saudara saya dapat visa pertukaran mahasiswa di jepang ada surat undangan dan scedule dari university tersebut yang jadi masalah , dia pernah blacklist di imgrasi jepang (overstay) tapi masa blasclist itu cuma 5 tahun sekarang sudah berjalan 9 tahun kira kira saat pengisian pengajuan visa perlu di tulis pernah ke jepang atau tidak yang jadi masalah kalau menulis dia sudah lupa tanggal berangkat dan passport bukti berangkatnnya juga sudah tidak ada. nanti bermasalah tidak ya mas kalau menuliskan tidak pernah berkunjung? atau ada saran lain ya mas? terimakasih sebelumnnya

    • Mbak Nadira,
      Saya menyarankan agar pengisian visa pernah ke Jepang tetap diisi dengan jujur,baik dan benar. Karena apabila data tersebut ternyata diselewengkan mereka dapat saja mengecek database keimigrasian mereka secara lebih seksama.

      Saya pernah mendapati saudara saya ragu2 ketika menjawab pertanyaan sejenis, dan akhirnya harus dibawa ke kantor Imigration, Custom and Aut. untuk mencocokkan data lebih lanjut, ketika memasuki Singapura melalui kereta api di Woodland.

      Blacklist overstay sudah tidak berlaku lagi, sehingga boleh-boleh saja dicantumkan seingatnya.

      • Mas, saya rencana november mau ke jepang, tapi dag dig dug nih takut gak ngerti pas di interview di imigrasi bandara jepang, kalo boleh tau pertanyaan nya apa aja ya? Tolong uraikan pertanyaan nya,agar saya bisa belajar menjawab dalam bahasa jepang / inggris. Terimakasih

      • Mbak Lissa,
        Pertanyaannya lebih banyak diseputar rencana / iterenary kita di Jepang. Contoh pertanyaan yang sering dilontarkan adalah :
        1. Berapa hari kita berada di Jepang. Jawabannya mudah saja, tentunya kita sebutkan kota2 yang akan dikunjungi sudah cukup.
        2. Dimana akan tinggal selama xx hari di Jepang. Ini juga mudah, misalnya di daerah mana letak Hotel xxxxxxx, atau tempat domisili kita.
        3. Detil alamat boleh jadi disiapkan. Karena saya pernah ditanya tempat tinggal domisili selama di Jepang sampai dengan nama apartemen dan nomornya.
        4. Apakah punya saudara / teman yang akan dikunjungi di Jepang.
        5. Apa tujuan kunjungan ke Jepang .

        Tidak semua pertanyaan diajukan oleh petugas Imigrasi. Disesuaikan dengan situasi dan kondisi disana, petugas Imigrasi dll.
        Tapi kira2 itulah pertanyaan yang sering muncul ketika di Imigrasi.

        Mudah2an mbak mendapat pencerahan ya..
        Selamat bertandang ke Jepang Mbak Lissa.

      • Thx mas buat info nya, saya sudah pergi ke jepang dan sekarang sudah di indonesia lg, kalo boleh tau sekarang mas tinggal di jepang atau indonesia, karna saya butuh info banyak tentang jepang, karna rencana saya mau nikah dgn org jepang dan tinggal di jepang setelah nikah.

      • Mbak Rissa, Alhamdulilah telah kembali. Semoga segala urusannya lancar. Saya sekarang tinggal di Indonesia.

      • Mas, mau tanya jika saya mau tinggal di jepang ikut suami di sana, saya harus perlukan document apa saja, dan proses imigrasinya gimana ya? Butuh waktu berapa lama ya ?

  51. Assalamualaikum Mas..
    saya mau tanya soal visa jepang yg menurut saya cukup membingunggkan. Saya berencana akan ke osaka untuk menikah. Saya sudah beli tiket untuk bulan januari tapi hanya tiket perginya saja karena saya pikir saya akan tinggal di jepang nantinya dengan suami setelah menikah. Yg bikin saya bingung visa jenis apa yg saya harus dibuat? Karena menurut travel agent yg saya datengin, kalau ingin buat visa wisata salah satu syaratnya harus ada bukti tiket PP. Mohon infonya mas☺
    Thx

  52. mas, sya tahun 2004 pulang dari jepang dengan kondisi overstay 3 tahun dari 2001 sampai 204. saat ini justru pekerjaan saya berhibungan dengan jepang dan bulan 7 saya dapat undangan untuk datang ke jepang selama 3 bulan di sekolah di jepang . apa kira2 akan jadi masalah ya karana 11 tahun yang lalu saya pernah over stay disana
    mohon pencerahannya
    thx

  53. assalamualaikum mas ade..sangat membantu sekali informasi yang di sampaikan, tp setelah baca komentar jadi grogi :). saat ini saya masih mahasiswa…punya rencana ke jepang dalam 5-6 bulan lagi.. saya mau bertanya beberapa hal, :
    1. berdasarkan pengalaman mas ade, untuk stay selama 2 minggu berapa kira2 yang saya butuhkan ? (perkiraan saya 10 jt)
    2. saya mempunyai teman dekat warga jepang yang tinggal di yokohama, dan bersedia menjadi penjamin, bagaimana mengurus surat jaminan untuk hal tersebut ?
    3. saya mempunyai paspor, namun masih kosong alias saya belum pernah ke luar negeri sebelumnya, dari info yang saya dapat sepertinya agak sulit bagi orang seperti saya mendapat visa…apa ada saran dari mas ade agar saya dapat mendapat visa meskipun baru pertama kali ke luar negeri ?
    terima kasih atas jawabannya mas ade 🙂

    • Waalaikumsalam Pram,
      Hehehe… tidak perlu grogi menghadapi hal-hal itu, keep calm aja sambil mempersiapkan diri menghadapi masa dimana perjalanan itu akan menjadi kenyataan (insya allah). Pertanyaan ini akan saya coba jawab dari perspektif saya ya…
      1. Spend money dari stay 2 minggu itu bisa sangat bervariasi, tergantung cara hidup yang kita ambil, ala koper atau ala ransel. Tempat yang kita tuju sangat mempengaruhi keuangan kita. Transportasi di Jepang sudah sangat rigid memperhitungkan berbagai alternatif yang akan kita jalani.
      Satu alternatif memang tidak bisa terlalu berbeda jauh dengan lainnya sehingga perancanaan yang baik disana memegang peranan penting. Kalupun mau mengambil “margin” yang besar, misalnya mengambil free pass tiket kereta untuk 14 hari, haruslah menyiapkan tenaga yang prima, karena kita memang terpacu untuk terus berjalan dari satu tempat ke tempat lainnya.
      Kalau hendak mengirit, strategi bawa kudapan dari tanah air yang siap saji dan tahan lama sangat patut diperhitungkan (misal: abon, rendang dll.). Sepuluh juta rp. bisa jadi angka yang akrab dengan perkiraan kita, tapi kalau kita memang ingin berhemat dibawah 2 digit (kurang dari 10 Juta) alternatif bawa kudapan, dan beras sendiri bisa juga dipilih, tapi lagi-lagi ada extra tenaga untuk membawa makanan itu dalam tas kita, belum lagi baju-bajunya.
      Strategi bawa baju, juga membutuhkan siasat tersendiri agar tidak terlalu banyak dan memberatkan bawaan dipunggung / bagasi pesawat. Secara singkat bawalah pakaian setengah dari jumlah hari kita disana sebagiannya waktu kita siapkan untuk mencucinya ketika kita stay sementara untuk beristirahat. Membawa baju terlalu sedikit juga akan membuat kita membeli/ banyak meluangkan waktu untuk mencuci dan tinggal ketika berada di suatu tempat. Terlalu banyak membuat beban bagasi yang dibayar juga mahal.

      2. Surat tersebut dikirimkan kepada kita untuk kemudian dilampirkan didalam permohonan pengajuan visa Jepang.

      3. Terkadang paspor yang sudah ada isinya, memang memudahkan pihak imigrasi untuk mengecek catatan sebelumnya. Tapi jangan khawatir, toh paspor kosong itu bukan berarti bahwa semua traveller baru pertama kali ke luar negeri. Paspor baru menggantikan paspor lama yang sudah expired, juga mulai dari kosong lagi, hehehe..

      • terima kasih banyak mas atas jawabannya, dan doanya hehe..amin insyallah mas 🙂

        yups…setelah baca komen mas ade saya jadi dapat gambaran lebih banyak, ternyata bener bener harus detail dan teknis, dan bisa mulai nyicil buat prepare, even though just a list :).

        hehe, bener juga nih…yg paspor lama juga mulai dari nol lagi ya,
        makasih banyak atas saran dan informasinya mas ade..sangat membantu dan mencerahkan 🙂
        sukses slalu and keep posting mas 🙂

  54. Salam kenal mas,saya rencana mau aply visa jepang untuk dua orang,saya dan calon istri saya,yg saya ingin tanyakan mengenai dokumen finansial buku tabungan apakah boleh hanya menggunakan buku tabungan saya?soalnya biaya di jepang sepenuhnya saya yg menanggung.jadi calon istri saya tidak perlu menyertakan fotokopi buku tabungan.Terim kasih mas.

    • Mas Hendy Gunawan.. kok namanya seperti rekan saya dulu yang bekerja di sebuah perusahaan software house ya…

      Kalau memang di tanggung.. mas Hendy coba sertakan tambahan surat yang menyatakan bahwa calon istrinya berada dalam tanggungan, mudah2an bisa.

      Sebenarnya Pemerintah Jepang agak worried dengan kondisi dimana calon visitor tidak bersama2 didalam satu lokasi sementara kalian tidak berdomisili asli di Jepang sehingga apabila ada apa2 (mudah2an tidak ada apa-apa) mereka tidak dapat meminta penjelasan.

      Demikian. Mudah2an berhasil. Maaf banget late reply karena banyaknya kesibukan saya akhir2 ini.

  55. Dear Mas Adel

    Saya berencana mau ke jepang bulan oktober ini bareng temen2 sekitar 7 orang, rencana kita mau buat visanya, apakah bisa diwakilkan oleh satu orang saja atau harus semuanya datang ke kedutaan? Thx..

    • Cukup bisa diwakilkan dengan dokumen yang lengkap. Karena disana mbak cynthia juga akan melihat banyak calo-calo yg mengurus dokumen orang lain

  56. Asllkm WrWb

    Dear Mas Adel

    Mohon infonya saya berencana ke jepang akhir oktober 2015. Rencana saya bulan depan baru akan mengurus visa jepang. Yang ingin saya tanyakan pasport saya baru belum ada capnya sama sekali karena pasport perpanjangan. Kemungkinan besar apakah permohonan visa saya di tolak? Pasport lama saya lumayan sudah ada capnya visa china & visa saudi arabia…Apakah perlu saya lampirkan pasport lama saya yang sudah expired mas sebagai bahan pertimbangan pihak kedutaan jepang? Dag dig dug juga kalau tidak di approve visanya. Harus apply 6 bulan lagi sedangkan tiket sudah di tangan. Terimakasih atas infonya Mas.

    • Paspor lama boleh saja dibawa, tetapi paspor baru yang belum ada cap nya sama sekali itu bukan jaminan bahwa izin untuk visa itu pasti ditolak atau cenderung di tolak. Selama dokumen resmi yang diminta dipenuhi insya allah urusannya akan lancar.
      Lain halnya kalau kita pernah kesana dan pernah ada catatan deportasi atau melampaui izin tinggal, barulah kita pantas untuk khawatir.

  57. saya mantan kenshusei japan visa saya dulu visa traine apakah bisa unk kembali ke japan unk bekerja mohon pencerahan nya..onegaishimasu

    • Visa yang sudah pernah dinyatakan closed untuk suatu urusan misalnya training akan mendapatkan tanda dari pihak imigrasi bahwa trainee sudah selesai. Biasanya pihak imigrasi bertanya saat kita meninggalkan Jepang, baik itu akan kembali ke Indonesia atau ke negara lain.

      Kalau imigrasi sudah menutup visa trainee kita maka selanjutnya harus menggunakan visa yang baru untuk datang.

  58. bahriddinabapihi@yahoo.com Reply October 3, 2015 at 11:08 am

    Mas Adelay

    Apakah masalah kalau ketika apply visa ditulis port of entry: Kansai, tapi datang ke jepang turun di Komatsu via Narita. Terima kasih..

  59. bahriddinabapihi@yahoo.com Reply October 3, 2015 at 11:31 am

    Mas Adelay

    Apakah masalah kalau ketika apply visa ditulis port of entry: Kansai, tapi datang ke jepang turun di Komatsu via Narita. Terima kasih..

    Bahriddin

  60. Hai Mas Adel,

    saya dan calon suami akan berangkat ke jepang seminggu ketelah hari pernikahan kami (untuk honeymoon hehe). pertanyaanku adalah, saat pengurusan visa kami belum mempunyai surat nikah dan ktp nya masi single, sedangkan jika pemohon lebih dari 2 orang harus ada dokumen pendukung hubungan kedua pemohon kan? Bagaimana yah Mas, apa bisa kalau kita mengajukan visa nya sendiri2, sedangkan semua bookingan hotel, tiket pesawat pakai nama berdua?

    • Mbak Sella. Mengajukan visa sendiri-sendiri tidak masalah. Copy booking hotel dapat dilampirkan walaupun bukan atas nama kita sendiri. Kan satu kamar hotel berdua biasanya ada nama kita juga sebagai penginap. Dan nama kita sebagai nama kedua juga ada dalam daftar nama di tiket pesawat.

      Tidak pun tidak apa2 karena nama penginap yg kedua tidak bersifat mandatory.

  61. Assalamualaikum mas ade,suaminya saya kembali dari jepang 6 bulan yg lalu dan mau berangkat lagi tapi masih bingung apa masih bisa karna waktu pulang tidak mengisi formulir kembalinya,paspor dan KTP jepang nya sih masih dipegang sama suami saya tapi takutnya nanti dibandara sana malah ada masalah,gimana solusinya mas ade?

    • Waalaikumsalam Mbak,

      Saya tidak mengetahui apa kewarganegaraan suami mbak . Ada baiknya mbak mendatangi kedutaan Jepang apabila ingin menuntaskan keraguan.

      Menurut hemat saya, kalau ia adalah WN Jepang, maka tidak ada masalah kalau hanya tidak mengisi formulir kembalinya paspor.
      Saya sendiri pernah mengalami hal tersebut di Singapura. Memang saya sempat masuk kedalam keimigrasian dan menunggu antrian untuk di wawancara. Tapi setelah pemeriksaan dilakukan akhirnya dilepas .

  62. Assalamualaikum mas ade,suami saya pulang dar jepang 6 bulan yg lalu Dan Sekarang mau kembali lagi tapi apa masih bisa karna waktu itu dia tidak mengisi formulir kembalinya,paspor Dan KTP jepangnya sih masih berlaku tapi takutnya nanti dibandara sana malah ada masalah,gimana solusinya nih?

  63. Hallo adelays!

    Terimakasih sudah sharing perihal visa ke jepang. saya sendiri berencana untuk pergi ke jepang tahun ini perkiraan agustus. Saya lihat kebanyakan orang pergi selama 15 hari maksimum, sedangkan saya sendiri ingin tinggal selama 1 bulan. Apakah visa biasa itu memperbolehkan ijin wisata hingga 1 bulan? (29 harian). Kemudian apakah adelays bisa sharing tips supaya visa tidak ditolak? karena saya takut sekali ditolak setelah saya sudah keluar uang untuk tinggal disana (hotel dan tiket pesawat).

    Terimakasih adelays!

    • Hi Adrian, kebanyakan orang pergi dengan jangka waktu 15 harian, karena mereka merencanakan paket perjalanan free pass yang ada.
      Jadi, saya melihat hal ini dilakukan atas dasar efisiensi.
      Kalau Mas Adrian berencana 29 hari juga bisa dan tidak masalah. Bapak dan ibu saya juga pernah menyambangi adik saya di Kyoto selama 29 hari.
      Selamat bepergian. Semoga lancar, mas Adrian.

  64. Assalamualaikum,,,
    Mas mau nanya ,,kenapa iya saya liburan ke jepang bersama pimpinan saya 10 orang di tolak masuk,,,padahal kami membawa itinerary dan smua dokumen holiday ,,,?
    Trus yg kedua kali pun di tolak ,,,dan sempat kita adu argument tentang apa alasan kami masuk jepang di tolak ,,padahal kan itu sdah jelas kita mau liburannn

    • Waalaikumsalam Yuki,
      Penolakan imigrasi Jepang memang memiliki alasan yang tidak akan disebutkan atas penolakannya.
      Ke Jepang tentu beda dengan ke negara-negara lain.
      Mereka sangat rigid dengan aturan, terkadang urusan saldo buku tabungan saja bisa menjadi alasan mereka untuk
      menolak kedatangan kita walaupun mendatangkan devisa bagi mereka.

  65. halo mas adelays,

    tiket ke jepang udah di tangan untuk keberangkatan awal mei tahun ini via narita bersama teman kantor saya. masalah nya sy pernah overstay dan di deport 7 tahun yg lalu. kemungkinan nya apakah pengajuan visa kunungan wisata dengan biaya sendiri saya akan berhasil atow ngak ya… pesimis bisa lolos meskipun udah melebihi masa black list.
    sementara teman saya kelihatanya tidak akan bermasalah karena paspost nya udah penuh dengan cap bbrp negara kecuali jepang
    kami berencana mau apply visa nya awal feb ini dengan melampirkan keterangan dr fihak perusahan skrng

    mohon pencerahan nya
    terimakasih

    • Dika,
      Saya tidak bermaksud mengatakan bahwa alasan overstay akan menggagalkan Dika pergi ke Jepang.
      Yang sudah pasti adalah Keimigrasian Jepang pasti memiliki data yang record yang lengkap atas kunjungan kita berapa tahun lalu ke belakang.
      Betapapun lama urusan keimigrasian pernah dilakukan, selalu ada record pada database mereka.

      Untuk teman Dika pernah ke luar negeri mungkin saja menjadi salah satu pertimbangan walaupun Jepang belum pernah.
      Namun visa Jepang diberikan bukan karena pernah keluar negeri atau tidak, tetapi urusan prosedur dan dokumen yang lengkap
      sudah dipenuhi atau belum.

      Saran saya tetap saja dicoba, walaupun ada record tersebut. Selamat apply visa, semoga sukses.

  66. halo mas adelays,

    tiket ke jepang udah di tangan untuk keberangkatan awal mei tahun ini via narita bersama teman kantor saya. masalah nya sy pernah overstay dan di deport 7 tahun yg lalu. kemungkinan nya apakah pengajuan visa kunungan wisata dengan biaya sendiri saya akan berhasil atow ngak ya… pesimis bisa lolos meskipun 5 tahun black list udah lewat. ktnya kita bisa balik ke jpn setelah 5 tahun
    sementara teman saya kelihatanya tidak akan bermasalah karena paspost nya udah penuh dengan cap bbrp negara kecuali jepang
    kami berencana mau apply visa nya awal feb ini dengan melampirkan keterangan dr fihak perusahan skrng

    apakah sebaiknya pake waiver visa aja ya…

    mohon pencerahan nya
    terimakasih

    • Dika,
      Saya tidak bermaksud mengatakan bahwa alasan overstay akan menggagalkan Dika pergi ke Jepang.
      Yang sudah pasti adalah Keimigrasian Jepang pasti memiliki data yang record yang lengkap atas kunjungan kita berapa tahun lalu ke belakang.
      Betapapun lama urusan keimigrasian pernah dilakukan, selalu ada record pada database mereka.

      Untuk teman Dika pernah ke luar negeri mungkin saja menjadi salah satu pertimbangan walaupun Jepang belum pernah.
      Namun visa Jepang diberikan bukan karena pernah keluar negeri atau tidak, tetapi urusan prosedur dan dokumen yang lengkap
      sudah dipenuhi atau belum.

      Saran saya tetap saja dicoba, walaupun ada record tersebut. Selamat apply visa, semoga sukses.

  67. desy.niati@gmail.com Reply April 12, 2016 at 10:32 pm

    Hay mas adelay
    Aku mau nanya nih, aku mau ke japan rencana bulan ini brgkt pake visa wisata 15 hari. Di japan ada org japan asli yg mau aku temui, di mau menjamin aku selama 90 hari.Proses pembuatan visa yg 90 hari itu kira kira lama ngg? sempet ngg selama 15 hari itu aku mengurusnya?klo waktu nya lebih dari 15 hari, brti aku ilegal/ada surat keterngan dalam pergantian visa?

    • Hai Desy,
      Lama izin tinggal kita terletak pada berapa lama kita yang tertulis dalam izin di visa yang diterbitkan. Bukan pada berapa lama yang penjamin sanggup.
      Untuk waktu pembuatan visa, rata2 sejauh ini standarnya kurang lebih dibawah seminggu (hari kerja).

  68. Assalamualaikum,,
    Mas saya mau tanya, saya ingin melakukan perjalanan selama 60 hari di jepang, saya akan tinggal di rumah teman, dan mengurus visa kunjungan teman. Tapi masih ada beberapa hal yang masih kurang saya mengerti.
    1. Untuk Jadwal perjalanan selama 60 hari apakah harus saya tulis perhari atau cukup perminggu saja?
    2. Untuk persyaratan harus ada surat keterangan dari tempat kerja, sedangkan saya tidak bekerja tetap, hanya freelancer tour guide, apakah tidak masalah di kedutaan nanti apabila saya melampirkan surat keterangan kerja sebagai freelancer? kantor saya pun tidak keberatan untuk membuatkannya.
    3. surat undangan, apakah harus berbahasa jepang atau bahasa inggris?
    saya sudah googling contoh surat undangan berbahasa jepang, tapi masih bingung untuk mengisi nya.

    mohon pencerahan nya
    terimakasih

    • Waalaikumsalam Elytta,
      1. Perminggu saja boleh.
      2. Tidak ada masalah walaupun sebagai freelancer, asalkan kantornya bersedia membuatkan mbak. Malahan sebaliknya hal itu malah timbal balik yang menguntungkan.
      3. Berbahasa Inggris tidak menjadi masalah.

  69. Hai mas. Sangat bermanfaat infonya. Saya ingin bertanya, saya kemarin sudah mengajukan visa pelajar dan berdasarkan website kedubes jepang saya sudah membawa formulir, paspor, ktp dan CoE. Tapi setelah saya baca2 ttg penolakan visa, ada yang harus mencantumkan keuangan. Sedangkan saya tidak mencantumkan finansial saya. Apakah visa pelajar saya bisa ditolak? Terimakasih

    • Hai Aprillia,
      Sebenarnya.. imigrasi atau pemerintah Jepang meminta kita untuk melampirkan finansial, bukan tanpa alasan. Hal itu disyaratkan karena mereka ingin meyakinkan bahwa kita terjamin selama tinggal disana. Ada baiknya juga disertakan siapa penjamin dan surat jaminan selama berada disana..

  70. Siang mas adelays..
    Saya mau nanya.. kalo untuk urusan wisuda saudara visa yg dibutukan visa teman atau keluarga mas? Thanks

  71. Siang mas adelays..
    Saya mau nanya.. kalo untuk urusan wisuda saudara visa yg dibutukan visa teman atau keluarga mas? Thanks

  72. Salam kenal Mas Adelays,
    maaf mau nanya nih, untuk apply visa yang baru saja menikah harus diupdate data dulu gak Mas (KK,KTP,pasport)? soalnya yang nanggung biayanya kan suami, jadi harus menyertakan dokumen yang berhubungan antar pemohon seperti buku nikah.
    Atau bisa pakai data lama tapi ditambah buku nikah saja?
    Terima kasih sebelumnya. 🙂

    • Salam kenal juga mbak aishicnxru,
      tidak harus diupdate mbak asal masih berlaku. Dilampirkan sebaiknya dokumen buku nikahnya untuk menjelaskan jika nanti dilakukan wawancara.

  73. Halo mas adelays,
    saya ingin bertanya mengenai visa kunjungan teman. Apakah bisa saya mendapatkan visa kunjungan jika teman saya adalah warga negara Indonesia yang sedang menjalankan kuliah di Jepang. Mohon pencerahannya mas karena saya searching di internet dan tidak menemukan jawabannya hehehe..
    terimakasih mas

  74. Malam Mas, sy mau tanya apakah utk tinggal bersama di jepang dgn suami hrs menggunakan KK yg sama alias jadi satu, masalahnya saya dgn anak2 berbeda KK dgn suami (masih misah), solusinya bgmn mksh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: