Tips: Travel Photography

image

Yang suka jalan-jalan, pasti tidak akan melewatkan satu hal yang wajib dibawa selama melancong, yaitu Kamera. Apapun jenis kamera mulai dari jenis yang paling berat sekelas DSLR sampai yang paling ringan yaitu kamera telepon selular tetap saja merupakan syarat yang sudah menjadi wajib hukumnya bagi seorang traveler, utamanya bagi seorang Travel Photographer.

Siapapun saat ini dengan keragaman jenis kamera tentu mengambil gambar “saja” adalah perkara yang mudah. Jepret sana jepret sini sudah cukup menjadi saksi selfie bagi kalangan umum traveler. Namun kalau kita hendak mengabadikan momen perjalanan dengan sedikit lebih berkualitas, tentu ada syarat-syarat dan persiapannya.

Apa-apa saja sih sebenarnya yang dapat menjadi pedoman bagi seorang traveler yang hendak mengambil gambar dengan lebih berkualitas itu ? Saya punya jawabannya. Ada sedikitnya tujuh syarat yang harus dipersiapkan dalam mendokumentasikan dengan baik kenangan berharga dari setiap tempat yang dikunjungi.

Tujuh syarat yang saya kutip dari Get Lost Magazine edisi April-Mei 2014 itu adalah :

  1. Lakukan riset tentang tempat yang akan dikunjungi untuk mengetahui objek beserta angle-angle terbaiknya. Bisa dengan browsing internet, membaca brosur wisata, pergi ke toko buku atau perpusatakaan atau mengobrol dengan orang yang pernah ke tempat yang akan didatangi.
  2. Ketahui juga adat dan tradisi setempat. Misalnya jika ingin mendatangi sebuah kuil atau kelenteng, pastikan berpakaian sopan agar diperbolehkan masuk. Hormati juga larangan memotret atau penggunaan flash di area-area tertentu.
  3. Ketika tiba di tujuan, catat impresi pertama yang didapat. Entah itu aroma, suhu, pakaian warga, pemandangan sekitar dan sebagainya. Kesan pertama dapat memberikan ide memotret.
  4. Kenali tempat yang dikunjungi. Tempat-tempat yang bersuhu panas, misalnya masyarakatnya aktif sejak dini hari, melambat di tengah hari dan akan aktif lagi menjelang malam. Bangun sebelum matahari terbituntuk merekam aktivitas warga setempat. Duduk di kafe atau restoran yang didatangi warga lokal, menjauhlah dari spot turis, kemudian buka mata dan telinga lebar-lebar.
  5. Jangan pernah meninggalkan kamera di kamar, sekalipun hanya ingin membeli air minum kemasan di toko kelontong di sebelah hotel. Momen-momen tak terduga dapat terjadi kapan saja!
  6. Bersiaplah untuk menemukan banyak situasi dan objek, sehingga dituntut untuk menguasai teknik-teknik dasar memotret potrait, landscape, macro dan apapun.
  7. Sekali jepret jangan pernah puas. Coba angle lain atau gunakan jenis lensa yang berbeda. Bisa juga memotret objek dalam kondisi perncahayaan yang berbeda-beda. Taj Mahal yang difoto di pagi hari tentu berbeda mood-nya ketika difoto dengan latar langit senja.

Bagaimana, siap memotret ??? Lets Do It….

Advertisements

15 Responses to “Tips: Travel Photography”

  1. Pertamax dulu yaa, mari belajar memotret, jepretan pertama pasti belum maksimal, jepretan kedua biasanya lebih berkesan, hehehe, itu yg sering saya alami meskipun cuma pakai kamera dari HP

  2. Ooo sprt begitu yah mas adelays cara pengambilan gambar melalui camera terima kasih atas infomasi & tipsnya. Wah…. patut dicoba neh :))

  3. Wah, ini tips buat traveler yang seneng motret-motret, Adelays…saya juga suka amat kagum dengan foto-foto yang diambil dari sebuah obyek tidak biasa, atau justru memotret hal-hal unik yang jarang dipotret orang.
    Tapi sebatas kekaguman aja kayaknya, Adelays..hehe, prakteknya mah Risa aja…*dilimpahkan pada yang lebih ahli
    😀

    • Silakan Mbak Irma. Ini hanya sekedar tips untuk membedakan mana jeprat-jepret biasa dan mana yang tidak biasa. Untuk ahlinya Risa ya? Tapi ahlinya nulis tetaplan mamanya, kan? hehehe…

  4. Oyaaa, trima kasih informasinya ya, nanti Risa saya suruh baca ini deh…
    Bermanfaat banget soalnya 🙂

  5. aku moto bisanya asal aja 🙂

  6. Huhu.. saya belum punya kamera (kecuali kamera hp)… *nangis di pojokan

  7. kalau saya asal aja kalau mengambil gambar jadi kesannya tidak disengaja alaias spontan he he

  8. wah ni dia tips yang saya cari-cari selama ini. Sudah beberapa kali melakukan perjalanan tapi koq ya fotonya gak bisa membuat hati puas. Semoga tips kali ini bisa menjadi pertimbangan di perjalanan berikutnya. Thanks infonya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: