Auf Wiedersehn Berlin

image

Perpisahan dengan kota yg tidak mudah dilupakan ini, saya tandai dengan menapaki setiap langkah di pertokoan yang berjajar di sepanjang Freidrichstraße.

Saya memang sengaja turun di pemberhentian Freidrichstraße dan merelakan kaki ini melangkah lagi di daerah yang ramai dikunjungi orang-orang daei mancanegara ini.

Selain jajaran pertokoan, ada pedagang kaki lima yang bertahan untuk menjajakan Sajian Khas Ibu kota.

Siapapun yang bertandang ke Berlin mengenalkawasan ini, demikian juga saya. Karena ada pendapat: belum ke Berlin kalo belum datang ke Malioboronya kota Berlin ini.

Tidak perlu wine buat menghangatkan tubuh yang sedang kedinginan ini, sampai saya berhenti dan menikmati keramaian kota yang dinginnya malam yang mencapai suhu titik beku ini.

Seduhan Chai Tea Latte di sebuah warung kopi menemani malam saya yang tersisa di Freidrichstraße, sebelum keesokan harinya menatap Republik Chezh yg dulunya bernama ChekoSlovakia.

image
image

Rail Europe.

Tidak seperti perjalanan saya dari Amsterdam ke Berlin dengan pesawat, Berlin ke Praha Czech Republic saya tempuh dengan menggunakan kereta. Kalau di tanah air biasa disebut AKAP (Antar Kota Antar Propinsi), disini lebih tepat dikatakan AKAN atau Antar Kota Antar Negara.

Harga tiket perjalanan dengan kereta memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan apabila kita menggunakan bis. Tidak itu saja sebenarnya perjalanan dengan bis bisa juga lebih cepat sampai.

Berlin menuju Praha diawali dari salah satu stasiun kota terbesar di Eropa, yaitu Berlin Hauptbahnhof di kota Berlin. Struktur bangunannya yang bertingkat-tingkat membuat kemegahan stasiun kereta bertaraf internasional ini dapat dikatakan sebagai stasiun terbaik di Eropa.

image

Berbagai fasilitas menemani fungsinya yang tidak saja melulu stasiun kereta, tetapi ada juga pusat perbelanjaan dan restoran. Kalau lelah dan hendak sightseeing dalam perjalananan, para pengguna kereta baik itu antar titik transportasi “Bahn” yang merupakan mass rapid transportation dapat sejenak cuci mata atau makan di foodcourt yang tersedia.

Yang hendak buang air juga tersedia fasilitas WC umum yang dikelola sangat apik. Tak pelak biayanya pun menjadi toilet termahal yang pernah saya rasakan, yaitu 1 Euro atau sekitar 15.300 rupiah sekali buang air kecil. Suatu jumlah angka yang mahal jika dibandingkan dengan di tanah air.
image

Perjalanan menuju Praha, ada pengalaman tersendiri mengapa saya menggunakan kereta. Yang pertama karena pengalaman perjalannan dengan kereta di Eropa belum pernah saya rasakan. Inilah pertama kalinya saya menggunakan kereta antar Negara di Eropa.

Perjalanan pertama saya dengan kereta pernah saya lakukan beberapa tahun  yang lalu ketika melintasi Kuala Lumpur menuju Singapore . Saat itu saya sengaja menggunakan Kereta Malam, lebih tepatnya adalah Senandung Malam. Berangkat dari Kuala Lumpur jam 10 malam dan sampai di stasiun Tanjung Pagar jam 6 pagi, berhenti di stasiun Woodland. Woodland merupakan stasiun yang berfungsi sebagai checkpoint.

Di Woodland checkpoint ini bila kita terhambat dengan masalah keimigrasian, kita bisa berhenti disini dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bis atau kereta selanjutnya bila akhirnya urusan beres dan sudah ditinggal kereta.

Rail Europe yang telah saya pesan tiketnya saat masih berada di Jakarta ini, akhirnya meninggalkan Germany . Petugas imigrasi dari kedua negara menanyakan saya ketika saya berada di atas perjalanan dikota Dresdren .

image

Kalau pesawat kita tidak bisa menyaksikan keindahan alam darat yang merupakan ciri kota yang dilewatinya , tidak demikian dengan kereta ini. Kota Dressden yang dilalui boleh jadi menjadi pemandangan yang memanjakan mata kita.

Saya lantas teringat dengan sequel film Twilite yang walaupun bukan diambil di kota ini, tetapi banyak kesamaannya. Sungai luas yang menemani perjalanan kereta sepanjang kota menjadi pemandangan yang tidak boleh dilepaskan begitu saja. Pohon-pohon tinggi yang seolah terpasang diperbukitan yang menjulang.

Kesan sejuk kemudian menjalar saat menyaksikannya, seolah merasakan air sungai yang sejuk saat membasuh muka. Inilah alasan yang tidak dapat ditukar jika kita mwlakukan perjalanan perjalanan Berlin – Praha dengan kereta.

Tidak lama kereta ini akan memasuki perbatasan dengan Checz Republik dengan skedul kedatangan di Stasiun Hlavni Nadr pukul 13.27. Stasiun kereta kedua di kota yang merupakan salah satu gerbang Eropa timur disamping stasiun lainnya yaitu Helosevice.

Selamat datang Prha, Auf Wiedersehen Berlin.

Www.adelays.com

Advertisements

11 Responses to “Auf Wiedersehn Berlin”

  1. Jadi Adelays, berapa jam perjalanan yang ditempuh dari Berlin ke Praha naik Euro Rail? Cantiknya pemandangan sepanjang jalan menuju Praha pasti bikin kepingin mengulangnya lagi..heheheheh. Belum lagi ditambah dengan stasiun nya yang bersih, teratur, dan punya fasilitas lengkap buat belanja, makan, dan lainnya. And again, Berlin membuat saya terkagum-kagum…

  2. Lumayan yaa untuk antar kota antar negara 🙂 menyenangkan sekali

  3. Wwwuuuiiiihhhhh hebat stasiun kereta apinya bersih dan modern. Dan yg lebih uniknya lg aku pikir hanya di indonesia saja kalo ke toilet hrs byr ternyata digermany juga sama yah hrs byr setelah menggunakan toilet tsb, hanya saja tdk ada penjaga kebersihan yg menunggu kotak pembayaran setelah menggunakan toilet tsbt.
    Suasana pedesaannya memang aku suka banget digermany ini masih bersih dan asri mudah” aku juga bisa ke germany sprt mas adelays… Aamiin YRA…
    Mudah”an sukses&menyenangkan perjalanannya s’lama dieropa yah mas adelays… :))

  4. Perjalanan yang panjang, Adelays…tapi kemudahan transportasi pasti nggak menjadikan perjalanan-perjalanan itu ribet dan bikin bete.
    🙂

  5. Dresden bagus Mas, lain kali kalo ke Eropa lagi dan waktunya sempit, bisa coba ke Dresden soalnya kotanya kecil jadi bisa dikelilingin 1 hari 🙂

  6. Hmmm… ternyata, seorang “nekad traveller” yang saya kenali selama ini, selalu mempunyai ide yang menakjubkan dalam ketikan fotonya . Saya terasa seperti diajak ikut mengembara walaupun tidak berada di sana.

    Bahasa mas juga bagus dan bisa dipahami dengan mudah. Posting yang dipaparkan tentu menjadi khazanah yang bisa bermanfaat bagi siapapun yang ingin melancong kesana.

    Cerita republik Czech itu, ada juga kan, mas. ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: