Córdoba, Keren Abis

www.adelays.com

Selain Mezquita, di Cordoba Masih Banyak Peninggalan Budaya Lain dari Sejarah Islam dan Kristen

 

Córdoba, tentu tidak hanya berisi tentang Mezquita yang terkenal itu. Sejarah peradabannya menjadi maju, telah melalui jalan panjang. Kekaisaran Romawi pun pernah berkuasa sampai disini sejak abad pertama. Namun setelahnya, Cordoba boleh saya katakan ‘baru’ memulai kebangkitannya ada kebudayaan Islam masuk. Abdurrahman Addakhil atau Khalifah Abdurrahman I Memimpin Cordoba mulai tahun 756 H.

Sebelumnya, Cordoba dikuasai sekte-sekte kecil kaum barbar yang menguasai daerah yang terpecah belah. Kepemimpinan khalifah demi khalifah akhirnya tergantikan kaum Kristen sejak abad ke 15 sampai sekarang. Tak heran, peninggalan budaya Islam dan Kristen menghiasi kekayaan budaya di Córdoba.

Walaupun kota ini ‘hanya’lah bagian kecil dari Andalusia, yang merupakan salah satu Spain region, tetapi warisan budayanya begitu unik karena memiliki perpaduan budaya Eropa yang diwakili oleh Spanyol dan Mediteranian hasil pengaruh Islan di timur tengah.

Masih ada 37 kota lain dibawah wilayah besar Andalusia yang serupa dengan Córdoba, antara lain: Seville, Malaga, Huelva, Almeria dan lain sebagainya. Sungguh, tak terbantahkan Córdoba memiliki begitu kaya peninggalan budayanya di Andalusia ini.

Perjalanan saya yang sederhana dalam lingkup waktu, biaya, fisik dan mental ini, tentu tidaklah dapat dikatakan mewakili sekian keragaman budaya tersebut. Tapi setidaknya para pelancong blog ini, dapat merasakan sebagian kecil jendela dunia melalui perjalanan ini.

Satu kalimat saya tentang kota kecil di Andalucia Spain buatnya adalah : “Córdoba, Keren Abis”.

www.adelays.com

Khalifah Pertama Cordoba adalah Abdurrahman I atau Abdurrahman Addakhil yang mempersatukan Cordoba yang sebelumnya terpecah belah

 

Roman Temple

Romawi Pernah Menguasai Cordoba. Peninggalan Romawi ini merupakan Peninggalan era Kaisar Claudius di abad Pertama (41 – 54) yang didedikasikan untuk kultus kekaisaran di Pusat Kekaisaran Roma.

image

image

Menjadi Traveller di Cordoba, Tidak Ada Salahnya Menggunakan Hop on Hop off. Dengan Biaya 18 Euro, keliling dengan Bis akan terasa lebih efisien. Ada dua macam bis, yaitu bis kecil dan bis tingkat. Rutenya masing-masing berbeda-beda.

 

image

adelays.com

Roman Style Bride yang berdiri diatas Sungai Guadalquivir

 

image

Menara Ini dibangun Pada Abad ke 12 untuk melindungi Jembatan Roman yang Berdiri diatas Sungai Guadalquivir. DInyatakan sebagai monumen sejarah pd tahun 1931 dan bersama Jembatan Roman mendapat Hadiah Warisan Budaya Nostra Award dari Uni Eropa tahun ini 2014

 

image

Salah Satu Gereja Tertua di Cordoba yang Dibangun Pada Abad ke 13. Menjadi Monumen Nasional sejak 1931.

 

image

Monumen yang dibangun diatas Sebuah Bangunan Islam Sebelumnya dan Berdiri di Abad 15

 

image

Advertisements

8 Responses to “Córdoba, Keren Abis”

  1. Wah… judulnya sama dgn isi blognya keren abis mas adelays. Yang mau aku tanya disini mas adelays pic paling atas itu merupakan jalan masuk kemesquita bukan?

  2. Waduuh, buat Cordoba hanya ada satu : tak jemu memandangmu… cuantiiikk nya – ditambah bonus niii dari Adelays : sejarah Islam di Spanyol, manteeebb menambah khazanah ilmu pengetahuan… makasiii yaa oleholeh yg sangat bermakna ::

  3. Saya sudah membaca posting ini sejak menit pertama diluncurkannya, malam itu. Saya ingin memberi respon sejak awal tetapi sayang koneksi sedang kurang bagus. Menurut saya, posting ini memang menarik walau singkat namun padat. Dan saya suka semua foto-fotonya.

    Foto-foto keren itu menunjukkan Cordoba memang keren abis sesuai dengan mata yang melihat dan pengalaman yang ditempuh. Sungguh membuat cemburu dan ingin kesana juga.

    Tahukah, siapakah sebenarnya penakluk Andalusia itu. Beliau adalah bernama Thariq bin Ziyad, dari bangsa Barbar, suku Nafza. Dia merupakan bekas seorang budak yang kemudian dimerdekakan oleh Musa bin Nushair, Gubernur Islam di Afrika Utara.

    Dalam kitab Tarikh Al-Andalus, disebutkan bahwa sebelum meraih kemenangan ke atas Andalusia, Thariq bermimpi melihat Rasulullah s.a.w bersama keempat Khulafa’ur Rasyidin berjalan di atas air untuk bertemu dengannya. Rasulullah s.a.w memberi kabar gembira bahawa dia akan berhasil menakluk Andalusia. Rasulullah s.a.w menyuruhnya untuk selalu bersama kaum Muslimin dan menepati janji.

    Disana ada satu bukit yang terkenal dengan nama Jabal Thariq (bukit Thariq) yang kemudian diberi nama Giblatar. Kisah beliau sangat terkenal dan sangat menarik .

    Foto-foto ketikan itu sudah menjelaskan betapa Cordoba di zaman pemerintahan Islam sangat hebat sehingga di sana tidak ada bea cukai yang dikenakan dan lampu-lampu sentiasa menyinari kegelapan malam sehingga siapa saja merasa aman berjalan di bumi Cordoba.

    • Khusnul, Terima kasih atas tambahan dan masukannya. Memang Thariq sangat kondang seantero Andalusia. Kisah singkat namun padat yang saya paparkan melengkapi sesuatu yang telah dituliskan dalam Tarikh Al Andalus itu.. karena kisah Abdurrahman Addakhil yang menyatukan Cordoba (yang merupakan bagian dari Andalusia) tidak setenar Jabal Tarik (Gibraltar).

      Terima kasih juga atas apresiasinya…

  4. Iya Adelays, saya sepakat, Cordoba memang keren abis!
    Arsitektur bangunannya yang unik dan kokoh, rupanya menjadi daya tarik utama negara-negara di belahan Eropa sana.
    Sip, sip…ditunggu cerita dari negara-negara selanjutnya ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: